DECEMBER 9, 2022
Orbit Indonesia

Ingin Mengecek Bantuan Set Top Box, Tenang Kemenkominfo Sediakan Situs Resmi Ini

image
Ilustrasi cara mengecek bantuan Set Top Box (STB) yang sudah didukung KOMINFO.

ORBITINDONESIA- Kemenkominfo menyediakan situs resmi supaya masyarakat bisa mengecek apakah mereka mendapatkan bantuan Set Top Box untuk menonton siaran televisi terestrial digital.

Direktur Penyiaran Kementerian Kominfo Geryantika Kurnia Jumat, mengatakan situs untuk mengecek bantuan Set Top Box cekbantuanstb.kominfo.go.id untuk saat ini bisa digunakan oleh masyarakat yang tinggal di wilayah yang terdampak analog switch off (ASO) 2 Desember.

Masyarakat bisa mencari namanya dalam bantuan Set Top Box dengan memasukkan nomor induk kependudukan (NIK) pada kolom pencarian di situs resmi dari Kementerian Kominfo itu.

Baca Juga: Fakta Unik Kucing Himalaya Jenis Campuran yang Terkenal Tenang dan Cantik

ASO pada Jumat dilakukan di wilayah Bandung dan sekitarnya, Yogyakarta dan Solo serta sekitarnya, Semarang dan sekitarnya dan Batam dan sekitarnya.

Jika terdaftar sebagai penerima bantuan Set Top Box, masyarakat bisa menghubungi pusat bantuan (call center) 159.

Subsidi berupa bantuan Set Top Box diberikan kepada rumah tangga miskin yang memenuhi syarat, satu rumah tangga mendapatkan satu unit set top box.

Baca Juga: Viral Teaser Naruto 17 12 22, Benarkah Naruto Selama ini dalam Mugen Tsukuyomi, Jadi Boruto itu Cuma Mimpi

Subsidi itu berasal dari lembaga penyiaran yang menjadi penyelenggara multipleksing siaran digital dan pemerintah, masing-masing memberikan sekitar 4,3 juta dan 1,3 juta unit.

Data terkini dari Kementerian Kominfo untuk distribusi set top box di wilayah yang melakukan ASO 2 Desember, realisasi distribusi di Jawa Barat sudah mencapai 99,42 persen baik bantuan dari pemerintah maupun penyelenggara multipleksing.

Distribusi set top box di Yogyakarta dan Jawa Tengah sudah 100 persen.

Baca Juga: Awas jangan Salah, Begini Cara Menyikat Gigi Kucing Bengal yang Benar dan Perlu Anda Perhatikan

Pemberian set top box di Kota Batam juga sudah 100 persen.

Indonesia mulai beralih ke siaran televisi terestrial digital tahun ini untuk memperbaiki kualitas gambar dan audio siaran televisi serta menata spektrum frekuensi radio supaya bisa digunakan untuk memperluas akses internet.***

Berita Terkait