DECEMBER 9, 2022
Orbit Indonesia

Ternyata Jabatan Deddy Corbuzier Jadi Letnan Kolonel Tituler TNI Angkatan Darat Hanya Sebentar, Kok Bisa

image
Ternyata Jabatan Deddy Corbuzier Jadi Letnan Kolonel Tituler TNI Angkatan Darat Hanya Sebentar, Kok Bisa/ Dok Twitter @corbuzer

ORBITINDONESIA- Ternyata sesuai aturan perundang-undangan, jabatan Letnan Kolonel Tituler TNI Angkatan Darat yang diterima Deddy Corbuzier hanya sementara atau sebentar.

Sebelumnya, Deddy Corbuzier mendapatkan pangkat Letnan Kolonel Tituler Angkatan Darat dari Menteri Pertahanan (Menhan) dan disahkan oleh Panglima TNI dan KASAD, Prabowo Subianto.

Pangkat yang diterima YouTuber Deddy Corbuzier ternyata hanya bersifat sementara.

Baca Juga: PBB Kecam Pelanggaran Kebebasan Pers oleh Israel Terkait Penutupan Kantor Lokal Al Jazeera di Yerusalem

Baca Juga: Tugas Baru Deddy Corbuzier Jadi Inspektur Upacara Pemakaman, Setelah Dapat Pangkat Letnan Kolonel Tituler

Pangkat Letnan Kolonel Tituler Angkatan Darat ternyata suatu penghargaan yang memiliki dasar aturan di perundang-undangan.

Aturan tentang Pangkat Letnan Kolonel Tituler Angkatan Darat tertera di Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 39 Tahun 2010 Tentang Administrasi Prajurit Tentara Nasional Indonesia (TNI) diatur soal penyematan pangkat.

Baca Juga: Klasemen Formula 1: Max Verstappen Pimpin Klasemen Usai GP Miami

Dalam aturan tersebut dijelaskan, "pangkat lokal" adalah pangkat yang diberikan kepada seorang prajurit oleh pejabat yang berwenang guna keabsahan melaksanakan suatu tugas atau jabatan yang sifatnya sementara.

Baca Juga: Pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono, Polisi Minta Maaf Harus Tutup Sejumlah Jalan Ini

Lantas apa tugas Deddy Corbuzier setelah mendapat pangkat Letnan Kolonel Tituler Angkatan Darat?

Baca Juga: Formula 1: Lando Norris Juara GP Miami

Tugas Deddy Corbuzier yakni menjadi inspektur upacara dalam pemakaman militer.

Rinciannya seperti komandan upacara dalam suatu upacara militer, pembawa lambang/pataka/duaja/pusara, oditur militer, atau hakim militer selama proses penyidangan suatu perkara di lingkungan peradilan militer.

Baca Juga: Cantiknya Erina Gudono, Istri Kaesang Pangarep, Berikut Rangkaian Acara Pernikahan Putra Bungsu Jokowi

Baca Juga: Ahmad Azzam Muhammad, Siswa SMA Labschool Jakarta Diterima di 6 Perguruan Tinggi di Amerika: Terampil Menulis Esai

Setelah tugas atau jabatan tersebut selesai, yang bersangkutan kembali ke pangkat semula.

Sebelumnya, melalui postingan Instagram @mastercorbuzier pada Jumat 9 Desember 2022, terlihat Deddy Corbuzier membagikan postingan saat menerima pangkat Letnan Kolonel Tituler Angkatan Darat.

“Kebanggaan yang luar biasa, penerimaan pangkat Letnan Kolonel Tituler Angkatan Darat,” tulisnya dalam postingan Instagram.

Baca Juga: Yang Tercecer di Era Kemerdekaan (4): 50 Tahun Kututup Rahasia Itu Rapat-rapat

"Penerimaan pangkat Letnan Kolonel Angkatan Darat oleh Menhan @prabowo yang disahkan oleh panglima TNI @jendraltniandikaperkasa dan KASAD @dudung_abdurachman,” tulis Deddy di keterangan postingan Instagram.

Atas jabatan baru itu, Deddy Corbuzier juga mengucapkan terima kasih. Bahkan ia sudah mengganti foto profil Twitternya dengan foto mengenakan seragam TNI.

"Terima kasih untuk keluarga besar TNI dan KEMENHAN atas penghargaan dan kepercayaan tertinggi ini untuk saya,” ungkap Deddy.***

Berita Terkait