DECEMBER 9, 2022
Orbit Indonesia

Renungan: Berkah Bukan Cuma Sehat, Sakit Juga Bisa Jadi Berkah

image
Ilustrasi Berkah

ORBITINDONESIA - Berkah adalah kata yang diinginkan oleh hampir semua hamba yang beriman, karenanya orang akan mendapat limpahan kebaikan dalam hidup.

Berkah bukanlah cukup dan mencukupi saja, tapi berkah ialah bertambahnya ketaatanmu kepada Alloh Ta'ala dg segala keadaan yang ada, baik berlimpah atau sebaliknya itulah berkah, "albarokatu tuziidukum fi thoah". Berkah Menambah Taatmu Kepada Alloh Ta'ala.

Hidup yang berkah bukan hanya sehat, tapi kadang sakit itu justru berkah sebagaimana nabi Ayyub. Sakitnya menambah taatnya kepada Alloh Ta'ala dan berkah itu tidak selalu panjang umur. Ada yang umurnya pendek tapi dahsyat taatnya, layaknya Mus'ab bin Umair.

Baca Juga: Inilah Inspirasi Gaya Fashion yang Bisa Kamu Tiru Ala Film Favorit Dijamin Tampil Beda dan Keren

Tanah yang berkah itu bukan karena panorama indahnya, tapi tanah yang berkah kadang tandus seperti Makkah tapi keutamaannya dihadapan Alloh Ta'ala tidak ada yang menandingi.

Makanan berkah itu bukan yang komposisi gizi lengkap, tapi makanan itu mampu mndorong pemakannya menjadi lebih taat setelah makan.

Dan ilmu yang berkah itu bukan yang banyak riwayat dan catatan kakinya, tapi yang berkah ialah yang mampu menjadikan seorang meneteskan keringat dan darahnya beramal dan berjuang untuk agama Alloh Ta'ala.

Penghasilan berkah juga bukan gaji yang ia terima banyak dan bertambah, tapi sejauh mana dia bisa jadi jalan rezeqi bagi yg lainya dan semakin banyak orang yang terbantu dengan penghasilan kita.

Baca Juga: Wow Ternyata Segini Uang Beasiswa LPDP, Pantas Banyak Peminatnya, Biaya Hidup Juga Ditanggung

Anak-anak yg berkah bukanlah ketika mereka lucu dan imut, tapi anak yang berkah ialah yang senantiasa taat kepada Rab-Nya dan kelak di antara mereka ada yang lebih soleh dan tidak henti-hentinya mendoakan kita.

Alloh Ta'ala berfirman dalam surat Shaad ayat 29: "Ini (Al-Quran) adalah sebuah kitab yang Kami turunkan kepadamu, penuh dengan berkah supaya mereka memperhatikan ayat-ayatnya dan supaya orang-orang yang mempunyai pikiran mendapatkan pelajaran.”

Allahumma Sholli 'Ala Sayyidina Muhammad, Wa 'ala Aali Sayyidina Muhammad.

Wallahu A'lam Bisshawab. ***

Berita Terkait