DECEMBER 9, 2022
Orbit Indonesia

Wakil Menteri BUMN II Kartika Wirjoatmodjo: Sirkuit Mandalika NTB Direncanakan Gelar Balap Mobil GT

image
Wakil Menteri BUMN II Kartika Wirjoatmodjo dalam Peluncuran Bangga Berwisata di Indonesia di Jakarta, Selasa 13 Desember 2022.

ORBITINDONESIA - Wakil Menteri BUMN II Kartika Wirjoatmodjo mengungkapkan rencana menggelar lomba balap mobil GT di Sirkuit Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB) setelah memperoleh sertifikasi dari Federasi otomotif internasional atau Fédération Internationale de l'Automobile (FIA).

Menurut ujar Kartika Wirjoatmodjo atau akrab disapa Tiko di Jakarta, Selasa 13 Desember 2022, balap mobil GT tersebut akan dikerjasamakan dengan Ikatan Motor Indonesia (IMI).

Baca Juga: New Year Gaza 24 B

Selain itu, Sirkuit Mandalika juga rencananya kembali menggelar lomba balap MotoGP pada tahun depan.

Baca Juga: Saat Berlibur ke Banda Neira di Maluku, 9 Destinasi Wisata Ini Wajib Kamu Kunjungi

"Mungkin nanti pada November 2023, MotoGP lagi," kata Tiko.

Baca Juga: Survei LSI Denny JA: Elektabilitas PSI yang Dipimpin Kaesang Hanya 1,5 Persen, Gerindra Salip PDI Perjuangan

Holding BUMN Pariwisata PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau InJourney mengungkapkan sirkuit Mandalika telah memperoleh sertifikasi dari Federasi Otomotif Internasional (FIA) sehingga sirkuit tersebut sudah bisa menggelar lomba kejuaraan untuk kendaraan beroda empat.

Direktur Utama InJourney Dony Oskaria mengatakan, sirkuit Mandalika sudah bisa mengadakan lomba kejuaraan untuk kendaraan roda empat di samping kejuaraan World Superbike (WSBK) dan MotoGP.

Selain itu, InJourney juga akan mulai masuk ke water sport sebagai daya tarik di Mandalika bagi wisatawan.

Baca Juga: Ditemani Erick Thohir, Prabowo Subianto Makan Siang Bersama Pelaku Usaha Muda

Baca Juga: Kunjungi Pulau Kangean di Madura, Pulau Dengan Beragam Destinasi Wisata Menarik yang Bikin Kangen

Bupati Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, H Lalu Pathul Bahri mengatakan, Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika telah siap menjadi tuan rumah event internasional selain MotoGP.

Pemerintah Provinsi NTB akan memperkuat citra KEK Mandalika sebagai destinasi wisata kelas dunia seiring wilayah itu menjadi titik ekonomi baru di luar pulau Jawa.

Baca Juga: Yasonna H Laoly Dampingi Megawati Soekarnoputri Selama Jadi Juri Jayed Award 2023 di Roma

NTB sudah memperoleh kepercayaan dari Presiden Jokowi, bahwa Lombok dengan Mandalika dan sirkuit-nya dideklarasikan menjadi epicentrum ekonomi baru pengembangan pariwisata nasional yang bisa membawa nama Indonesia di kancah internasional.

Penguatan citra Mandalika sebagai sebuah kawasan Destinasi Super Prioritas Nasional (DSPN) ini dijalankan dengan cara menjaga dan memelihara agenda yang akan digelar di kawasan tersebut, sepert World Superbike (WSBK) yang akan dilaksanakan pada Maret dan MotoGP pada Oktober 2023. ***

Berita Terkait