DECEMBER 9, 2022
Orbit Indonesia

Piala AFF 2022 : Mengintip Format dan Regulasi AFF Mitsubishi Electric Cup

image
Mengintip format dan regulasi dari Piala AFF 2022 yang berlangsung dari tanggal 20 Desember 2022 hingga 16 Januari 2023

ORBTINDONESIAPiala AFF 2022 resmi digulirkan pada Selasa 20 Desember 2022 dengan dua laga awal adalah Kamboja melawan Filipina dan Brunei Melawan Thailand dari Grup A.

Adapun Piala AFF 2022 diikuti oleh 10 negara yang dibagi dua grup yaitu Grup A dan B, juara bertahan Thailand dan runner-up edisi terakhir, Indonesia tergabung dalam Grup A bersama Kamboja, Brunei Darussalam dan Filipina.

Sedangkan Grup B Piala AFF 2022 diisi oleh Vietnam, Singapura, Myanamar, Laos dan Malaysia.

Baca Juga: Piala AFF 2022 : Laos Melawan Vietnam, Golden Star Cukur Thim Xad Setengah Lusin

Dikutip dari laman resmi Piala AFF, babak penyisihan turnamen edisi ke-14 ini gunakan format round robin yang artinya setiap tim di masing-masing grup akan mainkan empat pertandingan.

Ada perbedaan antara Piala AFF 2022 dengan edisi 2020 dan edisi sebelumnya yaitu sistem kandang-tadang pada babak penyisihan grup, dimana pada fase grup setiap tim akan mainkan dua laga kandang dan dua laga tandang.

Contohnya, dua laga kandang timnas Indonesia pada babak penyisihan grup adalah melawan Kamboja dan Thailand di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta.

Sementara itu, dua partai tandang skuad Garuda di fase grup adalah menghadapi Brunei Darussalam dan Filipina, yaitu di Stadion Bolasepak Kuala Lumpur dan Rizal Memorial Stadium.

Baca Juga: Piala AFF 2022 : Mulai Main Jumat, Timnas Indonesia Melawan Kamboja

Dua dari lima tim yang peringkat teratas yang akan lolos ke semifinal, regulasinya untuk penentuan peringkat di fase grup Piala AFF adalah jumlah poin selisih gol dari semua laga di fase grup. Keungggulan jumlah gol yang dicetak dari semua laga di fase grup.

Apabila ada dua tim atau lebih yang tetap sama setelah tiga kriteria di atas, aturan penentuan posisi dapat dilakukan

Hasil laga di antara tim yang terlibat (head-to-head hasil) adu penalti, dapat dilakukan jika ada tim seimbang dan bertemu pada pertandingan terakhir fase grup undian oleh komite penyelanggara setelah laga-laga fase rampung, dua tim teratas akan melaju ke semifinal.

Semifinal sendiri juara grup akan melawan runner up Grup B dan juara grup B akan melawan runner up Grup A.

Fase semifinal dan final Piala AFF 2022 tetap menggunakan format dua leg kandang dan tandang. ***

Berita Terkait