DECEMBER 9, 2022
Orbit Indonesia

Piala AFF 2022 : Vietnam Melawan Malaysia, Kalahkan Harimau Malaya, The Golden Star Puncaki Klasemen Grup B

image
Timnas Vietnam sukses kalahkan Malaysia dengan tiga gol tanpa balas dan puncaki klasemen Grup B Piala AFF 2022

 

ORBITINDONESIA – Tim Nasional Vietnam berhasil kalahkan Malaysia dengan tiga gol tanpa balas dan tim asuhan Park Hang seo ini puncaki klaemen sementara Grup B Piala AFF 2022.

Timnas Vietnam menjamu timnas Malaysia pada lanjutan pertandingan ketiga babak penyisihan Piala AFF 2022 di Stadion My Dinh, Hanoi pada Selasa 27 Desember 2022 malam WIB.

Bagi Vietnam, ini merupakan laga kedua mereka di Piala AFF 2022. Pada pertandingan pertama, skuad besutan Park Hang-seo tersebut sukses mengalahkan Laos dengan skor telak 6-0.

Baca Juga: Piala AFF 2022 : Laos Melawan Singapura, The Lion Raih Kemenangan Keduanya Atas Thim Xad

Sementara itu, Harimau Malaya Malaysia sudah mainkan dua pertandingan dengan hasil menang 1-0 atas Myanmar dan 5-0 dari Laos.

Vietnam menutup babak pertama dengan keunggulan 1-0 berkat gol Nguyen Tien Linh yang manfaatkan sebuah skeman sepak pojok.

Malaysia tidak bisa kembangkan permainaan dengan menghasilkan gol walau Vietnam harus bermain dengan 10 pemain sejak menit ke-32 adalah striker Vietnam, Nguyen Van Toan yang mendapatkan kartu kuning kedua.

Hingga turun minum, kedudukan 1-0 untuk The Golden Star Vietnam tidak berubah namun terjadi drama lepas turun minum tepatnya di menit ke-60 dimana Wasit memberikan penalti kepada Vietnam.

Baca Juga: Piala AFF 2022 : Mengintip Format dan Regulasi AFF Mitsubishi Electric Cup

Wasit Ryuji Sato asal Jepang menilai ada pelanggaran yang dilakukan pemain Malaysia di area kotak 16 meter namun dalam tayangan ulang televisi tidak perlihatkan secara jelas adanya pelanggaran yang terjadi.

Tidak hanya memberikan penalti kepada Vietnam, Wasit Ryuji Sato juga memberikan kartu merah kepada pemain Harimau Malaya, Azam Azmi.

Sepakan penalti mampu dimanfaatkan secara baik oleh Que Ngoc Hai pada menit ke-23 membawa Vietnam menjauh dari Malaysia, 2-0 untuk The Golden Star.

Baca Juga: Piala AFF 2022 : Media Korea Selatan Soroti Penampilan Jordi Amat Cs

Vietnam menutup pertandingan ini dengan gol Nguyen Hoang Duc pada menit ke-83 dan membawa The Golden Star menang telak 3-0 atas Harimau Malaya, Malaysia.

Dengan hasil ini membuat Vietnam berhasil ambil alih puncak klasemen sementara Grup B Piala AFF dengan raiahan 6 enam poin hasil dari dua kali kemenangan ditambah selisih gol yang mencolok yaitu 9-0.

Sedangkan bagi Malaysia, kekalahan ini membuat mereka harus turun ke peringkat kedua dengan sama-sama kumpulkan enam poin hanya beda selisih gol dan sudah mainkan tiga laga dalam Piala AFF 2022 ***

Berita Terkait