DECEMBER 9, 2022
Orbit Indonesia

Inilah Profil Al Nassr, Klub yang Dibela Ronaldo

image
Berikut ini profil dari klub asal Saudi Arabia, Al Nassr yang akan dibela Ronaldo pada sisa musim 2022/23

 

ORBITINDONESIA – Cristiano Ronaldo resmi bergabung dengan Al Nassr hingga 2025. Lewat akun media sosial Al Nassr mengumumkan perekrutan Cristiano Ronaldo.

Cristiano Ronaldo sendiri akan melakoni debut di Liga Saudi Arabia saat Al Nassr berhadapan dengan Al Shabab pada 14 Januari 2023 mendatang.

Cristiano Ronaldo diklaim sebagai atlet dengan bayaran termahal di dunia setelah mendapatkan gaji 200 juta euro atau sekitara Rp3.3 triliun per tahun.

Baca Juga: Akhirnya, Cristiano Ronaldo Main di Liga Asia

Lantas apa dan siapakah klub Saudi Arabia, Al Nassr yang mampu datangkan Cristiano Ronaldo yang berpisah dengan Manchester United karena wawancara kontroversialnya dengan Piers Morgan, berikut ulasannya.

Al Nassr adalah klub asal Saudi Arabia yang berdiri pada 24 Oktober 1955 dan merupakan klub tersukses di Saudi Arabia dengan julukan Al Aalami atau Faris Najd ini sudah sembilan kali juara Liga Saudi Arabia.

Terakhir Al Nassr menjadi juara Saudi Pro League pada musim 2018/19. Al Nassr hanya kalah sukses dari Al Hilal yang raih 18 kali juara liga.

Baca Juga: Resmi, Cristiano Ronaldo Berpisah dengan Manchester United

Selain itu Al Nassr juga koleksi enam gelar Piala Raja Saudi dan pernah menjadi juara Liga Champion Asia pada 1995.

Al Nassr bermain di Stadion King Saud University atau Mrsool Park, Riyadh dengan kapasitas 25 ribu tempat duduk yang sudah dibuka sejak musim 2015 lalu.

Stadion ini punya cerita pernah menggelar pertandingan Barcelona melawan Boca Juniors, dua mantan klub mendiang Diego Maradona, pada 2022 untuk mengenang kepergian legenda Argentina tersebut.

Baca Juga: Walau di PHK Manchester United, Ronaldo Tetap Kantongi Rp595 Miliar

Al Nassr dipimpin oleh Musalli Al Muammar yang pernah menjabat sebagai Presiden Saudi Pro League. Al Muammar dipilih sebagai Presiden Al Nassr pada April 2021 setelah klub tersebut alami kesulitan keuangan.

Al Muammar dipilih Pangeran Khalid bin Fahd bin Abdulaziz yang merupakan 'dermawan' utama Al Nassr. Kondisi itu membuat Al Nassr sering disebut sebagai klub milik Kerajaan Saudi.

Saat ini Al Nassr dilatih oleh pelatih berkebangsaan Prancis, Rudi Gracia yang pernah menangani sejumlah klub di Eropa seperi Marseille, Lille hingga AS Roma.

Karir Rudi Garcia meroket ketika membawa Lille menjadi juara Ligue 1 pada musim 2011 silam

Baca Juga: Pele Meninggal Dunia, Presiden Brazil Umumkan Berkabung Tiga Hari

Al Nassr yang musim lalu hanya finis di posisi ketiga memiliki penyerang Kamerun, Vincent Aboubakar, di skuad. Selain itu ada nama mantan kiper Arsenal David Ospina, mantan pemain timnas Brasil Luis Gustavo, hingga bek asal Spanyol Alvaro Gonzalez.

Di Al Nassr bukan hanya Cristiano Ronaldo peraih Ballon d’Or yang akan memperkuat klub ini, pada 1998 legenda Bulgaria Hristo Stoichkhov pernah dua kali memperkuat Al Nassr di ajang semifinal dan final Asian Super Cup.

Mantan pemain termahal dunia, Denilson, juga pernah bermain untuk Al Nassr selama dua bulan pada musim 2006/2007.

Untuk kursi pelatih, Al Nassr pernah ditangani pelatih tenar seperti Walter Zenga, Fabio Cannavaro, dan Artur Jorge ***

Berita Terkait