DECEMBER 9, 2022
Orbit Indonesia

Malam Tahun Baru Meriah di Banyak Kota, Tapi di Kota BANDA ACEH Tidak Ada Perayaan

image
Perayaan Malam Pergantian Tahun di Kota Yogyakarta, Minggu 1 Januari 2023.

ORBITINDONESIA – Malam tahun baru 2022/2023 meriah di banyak kota di Indonesia, hanya Kota Banda Aceh, Provinsi Aceh yang tidak merayakannya.

Menurut penjabat Wali Kota Banda Aceh Bakri Siddiq, warganya tidak merayakan malam pergantian tahun dengan pesta kembang api dan kegiatan lainnya, karena itu melanggar kearifan lokal dan syariat Islam.

"Alhamdulillah tidak ada masyarakat kota yang merayakan malam tahun baru, kita berterima kasih kepada masyarakat," katanya di Banda Aceh, Minggu 1Janurai 2023 dini hari.

Baca Juga: Inilah HARI LIBUR NASIONAL Tahun 2023, Paling Banyak Libur Bulan April

Bakri Siddiq malam itu berpatroli ke penjuru kota. Dari pengamatannya, masyarakat benar-benar menjalankan syariat Islam serta mematuhi imbauan yang telah disampaikan sebelumnya.

Forkopimda Banda Aceh mengeluarkan seruan atau imbauan kepada masyarakat agar pada malam pergantian tahun baru masehi 1 Januari 2023 tidak merayakannya di tempat terbuka maupun tempat tertutup seperti pesta kembang api, mercon/petasan, meniup terompet, balap-balapan kendaraan dan permainan/kegiatan hura-hura lainnya yang tidak bermanfaat.

Di daerah lain, di Sukabumi, Jawa Barat misalnya, warga masyarakat memadati objek wisata pantai selatan Kabupaten Sukabumi.

Mayoritas warga maupun wisatawan yang datang ke berbagai objek wisata pantai di Palabuhanratu menggunakan kendaraan sepeda motor dan banyak juga yang berjalan kaki.

Baca Juga: Inilah HARI LIBUR NASIONAL Tahun 2023, Paling Banyak Libur Bulan April

Dia mengatakan pengunjung yang datang ke objek wisata didominasi oleh warga setempat dan wisatawan dari dalam Sukabumi meskipun cukup banyak wisatawan yang datang dari berbagai daerah tetangga, seperti Kabupaten dan Kota Bogor, DKI Jakarta, Bekasi dan lainnya.

Di Yogyakarta dan Surakarta (Jawa Tengah), malam pergantian tahun dirayakan dengan meriah. Warga berkumpul di pusat kota dan berbagai lokasi lain dengan berbagai hiburan dan kembang api.

Di Kota Mamuju, Sulawesi Barat, ribuan orang memadati pantai Manakara untuk merayakan malam pergantian tahun.

"Kami datang bersama keluarga untuk menikmati Pantai Manakarra Mamuju bersama keluarga menunggu malam pergantian tahun, sambil berbelanja karena ada pasar malam," kata Fina, salah seorang warga.

Baca Juga: Jumlah Hari di Tahun 2023 Ada Berapa, 365 atau 366 Hari, Simak Penjelasannya

Di Jakarta, warga juga merayakan malam pergantian tahun dengan mendatangi pusat keramaian. Di sepanjang Jalan MH Thamrin dan Sudirman, ribuan orang duduk-duduk bercengkerama untuk menyaksikan malam pergantian tahun.

Di destinasi wisata Taman Impian Jaya Ancol dan Taman Mini Indonesia Indah juga didatangi ribuan orang yang ingin merayakan malam pergantian tahun.

Di kawasan Taman Mini Indonesia Indah yang sekarang berwajah baru, banyak pengunjung membangun tenda untuk bermalam di situ.

Warga Bandarlampung, Provinsi Lampung memadati pusat-pusat keramaian di kota setempat untuk menikmati malam pergantian tahun bersama kolega maupun sanak saudara.

Baca Juga: Liburan Tahun Baru, Tetap Perhatikan Hal Ini Menurut Pesan Dokter Agar Gula Darah Stabil

Salah satu pusat keramaian di Kota Bandarlampung yang mulai dipadati oleh seribuan warga setempat yakni di Bundaran Lungsir, di mana lokasi tersebut dijadikan tempat kawula muda menghabiskan malam bersama kawan-kawan sebaya. ***

Berita Terkait