DECEMBER 9, 2022
Orbit Indonesia

Umat Katolik Berduka, Vatikan Rilis Pembaringan Jenazah Paus Benediktus XVI

image
Vatikan merilis foto dan video pembaringan jenazah Paus Emeritus Benediktus XVI di Basilika Santo Petrus

 

ORBITINDONESIA – Vatikan merilis foto dan video pembaringan jenazah Paus Emeritus Benediktus XVI di Basilika Santo Petrus.

Tampak dalam gambar jenazah Paus Emeritus Benediktus XVI dibaringkan di pembaringan Kapel Biara Mater Ecclesiae, Vatikan tempat dirinya menghabiskan masa hidupnya pasca mengundurkan diri sebagai Paus.

Dalam foto tersebut jenazah Paus Emeritus Benediktus berbalut jubah merah dengan mahkota emas di kepalanya.

Baca Juga: Umat Katolik Berduka, Paus Emeritus Benediktus Dimakamkan 5 Januari 2023 Dipimpin Paus Fransiskus

Kedua tangan Paus Emeritus Benediktus XVi dikalungkan rosario, dibaringkan tepat di hadapan patung salib Yesus dan pohon Natal

Tidak ada jubah emas di tubuh Paus Emeritus Benediktus yang putuskan mundur dari takhta Vatikan pada 2013 tersebut, dirinya menjadi Paus pertama yang mundur sejak 600 tahun terakhir.

Rencananya Paus Emeritus Benediktus XVI akan dimakamkan di makam bawah tanah Vatikan tepat di bawah Gereja Santo Petrus pada Kamis 5 Januari 2023 mendatang.

Paus Fransiskus akan memimpin langsung misa pembaringan jenazah Paus Emeritus Benediktus XVI bahkan akan menyampaikan khotbah penghormatan terakhir Benediktus XVI.

Baca Juga: Umat Katolik Berduka, Vatikan Rilis Surat Terakhir Paus Emeritus Benediktus XVI

"Hari ini kita mempercayakan Paus emeritus Benediktus XVI kepada sang ibu suci (Bunda Maria) untuk menemaninya dalam perjalanan dari dunia menuju Tuhan," tutur Paus Fransiskus.

Saat membacakan doa-doa Angelus pada misa Minggu 1 Januari 2023 di hadapan ribuan orang yang berkumpul di alun-alun Santo Petrus, Paus Fransiskus menundukkan kepalanya mengheningkan cipta mengenang mendiang Benediktus XVI.

"Marilah kita semua bersatu dengan satu hati dan satu juga, bersyukur kepada Tuhan atas karunia Injil dan Gereja bagi hambanya yang setia ini," ujar Paus Fransiskus.

Seperti diketahui Paus Emeritus Benediktus XVI meninggal dunia di Biara Mater Ecclesiae, Vatikan, Sabtu 31 Desember 2022 pagi waktu Vatikan setelah kesehatannya terus memburuk.***

Berita Terkait