DECEMBER 9, 2022
Orbit Indonesia

Taslim Syahlan: Dalam Relasi Antarumat Beragama, Ada Beberapa Perilaku yang Jadi Pemicu Konflik

image
Taslim Syahlan tentang moderasi beragama.

ORBITINDONESIA - Dalam relasi antarumat beragama memang ada perilaku yang tidak seimbang, kadang-kadang tidak adil, kadang terjebak dalam perilaku yang ekstrem. Hal-hal itu menjadi pemantik atau pemicu konflik di antara kita. Hal itu dinyatakan oleh Taslim Syahlan.

Taslim Syahlan adalah Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Jawa Tengah. Taslim Syahlan bicara dalam Webinar di Jakarta, Kamis malam, 5 Januari 2023.  Webinar itu diadakan oleh Perkumpulan Penulis Indonesia SATUPENA, yang diketuai Denny JA.

Dalam diskusi Satupena yang dipandu oleh Elza Peldi Taher dan Fitri Astuti Lestari itu, Taslim Syahlan memberi contoh: “Ucapan salam, misalnya, itu kadang-kadang menjadi problem.”

Baca Juga: New Year Gaza 24 B

Baca Juga: Begini Klarifikasi Ustadzah Nadia, Qoriah yang Disawer Uang oleh Jamaah Pria di Pandeglang, Banten

“Saya mendengar keluhan atau obrolan ibu-ibu di tingkat RT. Pak Taslim, saya tiap hari bertemu dan bergaul dengan ibu-ibu ini. Saya mengucapkan Assalamu Alaikum, tetapi kok banyak nggak dijawab ya?” tutur Taslim.

Taslim menyatakan, ia juga mendapat respon yang bermacam-macam, ketika ia menyampaikan salam secara komplit: assalamu alaikum, om swastiatu, rahayu, salam kebajikan, dan seterusnya.

Baca Juga: Survei LSI Denny JA: Elektabilitas PSI yang Dipimpin Kaesang Hanya 1,5 Persen, Gerindra Salip PDI Perjuangan

“Ini sebagai ungkapan bahwa saya harus care pada siapapun dalam perspektif bahwa semua umat beragama dan paham kepercayaan itu adalah saudara saya,” kata Taslim.

Taslim mengakui, yang bobot konfliknya lebih berat sedikit adalah ucapan selamat hari raya atau hari besar agama-agama.

Baca Juga: Piala AFF 2022 : INGAT ! Indonesia Melawan Vietnam Pukul 16.30 WIB

Baca Juga: Ditemani Erick Thohir, Prabowo Subianto Makan Siang Bersama Pelaku Usaha Muda

“Saya muslim dan mengucapkan selamat Natal kepada saudara-saudara yang Kristen, lalu saya dituding sudah kafir. Masa sih? Saya pikir, tidak semudah itu orang berubah keyakinan ke agama lain,” ungkapnya.

Menurut Taslim, dalam perspektif peradaban dan budaya itu, ada rasa bagaimana mengungkapkan penghormatan kita pada saudara-saudara kita, yang meyakini bahwa agama dan kepercayaan yang diyakininya itu benar, menurut yang bersangkutan.

“Saya tidak boleh menghakimi bahwa apa yang dianut saudara-saudara saya di luar kepercayaan saya itu keliru,” lanjutnya.

Baca Juga: Yasonna H Laoly Dampingi Megawati Soekarnoputri Selama Jadi Juri Jayed Award 2023 di Roma

Baca Juga: Chelsea Dibuat Tak Berdaya Saat Bertanding Lawan Manchester City di Stamford Bridge

Selain itu, kata Taslim, ada problem lagi dalam ragam pilihan madzhab atau aliran di agama masing-masing. Jadi, di internal agama sendiri juga ada problem.

“Yang Islam, begitu. Yang Kristen, denominasinya juga banyak. Adanya perbedaan-perbedaan dalam tata cara ibadah yang tidak pokok dalam ajaran agama tertentu, itu juga menjadi pemicu,” sambung Taslim.***

Baca Juga: Jadi Juri Zayed Award 2024, Megawati Diwawancarai Radio Vatikan

 

Berita Terkait