DECEMBER 9, 2022
Orbit Indonesia

Kemenkes Terbitkan Surat Edaran Waspada Usai 7 Bocah Keracunan Ciki Ngebul

image
Kemenkes akhirnya mengeluarkan surat edaran yang berisi instruksi agar dinas kesehatan kabupaten / kota melaporkan temuan kasus ciki ngebul

 

ORBITINDONESIA – Kementerian Kesehatan RI akhirnya mengeluarkan Surat Edaran yang berisi instruksi agar dinas kesehatan kabupaten / kota dan rumah sakit melaporkan temuan kasus keracunan pangan berasap nitrogen cair atau ‘Ciki Ngebul’ diwilayah masing-masing.

Imbauan dan kewaspadaan tersebut disampaikan dalam Surat Edaran (SE) nomor SR.01.07/111/5/67/2023 yang ditanda tangani oleh Direktur Pelayanan Kesehatan Rujukan Yuli Astuti Saripawan.

"Kepada Dinkes provinsi, kabupaten/kota dan rumah sakit agar melaporkan jika ditemukan kasus keracunan pangan akibat konsumsi jajanan chiki ngebul kepada Direktur Pelayanan Kesehatan Rujukan," demikian kutipan dari Surat Edaran tersebut.

Baca Juga: Ciki Ngebul, Makanan Yang Berbahaya Bagi Tubuh

Selain melaporkan langsung ke kantor Kemenkes di Jakarta Selatan, juga disediakan kontak tim kerja pelayanan kesehatan rujukan lain di nomor 088215992763 atau email di [email protected].

Surat Edaran ini keluar pasca temuan kasus keracunan Ciki Ngebul yang dialami tujuh murid SDN 2 Ciawang, Kecamatan Leuwisari, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat akhir November 2022.

Sebagaimana informasi yang beredar, polisi sempat mengamankan penjual Ciki Ngebul berinisial RF, dalam pengakuannya dirinya sudah berjualan Ciki Ngebul dalam setahun terakhir. RF juga klaim bahwa produknya tidak kedarluwarsa karena diganti setiap lima hari sekali.

Baca Juga: Viral Es Ciki Ngebul, Ini Bahaya Nitrogen Cair yang Masuk Dalam Tubuh

Sebagai informasi, Ciki Ngebul adalah sereal yang direndam nitrogen cair dapat menimbulkan risiko kesehatan yang serius seperti luka bakar, radang dingin, dan kerusakan organ dalam

Menurut Dr Reed Caldwell, dokter pengobatan darurat di NYU Langone Health di New York mengatakan bahwa nitrogen cair dapat berbahaya bagi jaringan baik di dalam maupun luar tubuh,

"Tentu saja nitrogen cair dapat berbahaya bagi jaringan baik di luar maupun di dalam tubuh," kata Dr. Reed Caldwell.

Suhu yang sangat rendah juga dapat membakar kulit saat menyentuh cairan atau puff sereal yang diinfuskan, sama halnya ketika panas terkena kulit. Tingkat keparahan luka bakar tergantung pada berapa lama kulit terpapar nitrogen cair. ***

Berita Terkait