DECEMBER 9, 2022
Orbit Indonesia

Umat Katolik Berduka, Inilah Sejarah Basilika Santo Petrus, Lokasi Pemakaman Paus Emeritus Benediktus XVI

image
Berikut ini sejarah dari Basilika Santo Petrus yang menjadi lokasi pemakaman Paus Emeritus Benediktus XVI

 

ORBITINDONESIABasilika Santo Petrus atau Saint Peter Basilica adalah salah satu situ gereja Katolik terbesar yang ada di dalamnya terdapat makan kepausan. Lokasi ini menjadi tempat dimakamkannya Paus Emeritus Benediktus XVI yang meninggal pada Sabtu 31 Desember 2022 lalu.

Dilansir dari Britannica, Basilika Santo Petrus adalah basilica yang terletak di kota Vatikan yang dikelilingi oleh kota Roma di Italia. Basilica Santo Petrus merupakan gereja para Paus Vatikan yang menjadi situs ziarah utama umat Katolik di dunia.

Berikut ini sejara dari Basilika Santo Petrus yang menjadi pemakaman Paus Emeritus Benediktus XVI yang dikutip dari laman resmi Musium Roma.

Baca Juga: Umat Katolik Berduka, Ribuan Pelayat Hadiri Pemakaman Paus Emeritus Benediktus XVI

Basilika Santo Petrus dibangun pada abad ke-4 ketika Kaisar Konstantinus putuskan untuk membangun basilica tempat rasul dimakamkan, pada tahun 329 pembangunan basilika seelsai.

Pada tahun 1506, Julius II memulai pembangunan basilika baru untuk menggantikan yang sudah ada dengan bantuan arsitek Donato Bramante.

Ketika Bramante meninggal pada 1514, karyanya kemudian diteruskan ke Rafael Sanzio dan beberapa proposal dibahas hingga 1521. Rafael Sanzio meninggal pada 1520 dan konstruksi dilanjutkan Antonio da Sangallo pada 1538 konkretkan proyeknya untuk basilika.

Baca Juga: Umat Katolik Berduka, Vatikan Rilis Surat Terakhir Paus Emeritus Benediktus XVI

Setelah kematian Antonio da Sangallo tahun 1546, pembangunan dilanjutkan Michelangelo Buonarroti. Pembangunan Basilika Santo Petrus selesai dua puluh empat tahun setelah kematiannya oleh Domingo Fontana dan Jacobo della Porta.

Selanjutnya Paus Paulus V memutuskan untuk memperluas bangunan gereja ke depan. Sejak kematian Maderno pada 1629, Bernini bertanggung jawab atas dekorasi interior seluruh gereja Basilika Santo Petrus yang memberikan penampilannya saat ini.

Basilika Santo Petrus adalah salah satu bangunan peribadatan umat Katolik terbesar di dunia dan merupakan yang terbesar dari basilika kepausan.

Baca Juga: Umat Katolik Berduka, Duka Pemimpin Dunia Atas Meninggalnya Paus Emeritus Benediktus XVI

Saat ini Basilika Santo Petrus adalah bangunan yang memiliki panjang 218 meter dengan tinggi 136 meter termasuk kubahnya.

Situs Basilika Santo Petrus punya luas 23.000 meter persegi. Dianggap sebagai karya arsitektur yang sangat penting dengan kualitas karyanya.

Setiap tahun, Basilika Santo Petrus selalu dikunjungi orang-orang dari berbagai negara di dunia untuk mengagumi karya patung-patung terbaik pada masa itu dan menghargai sebuah karya yang telah berabad-abad konstruksi.

Seperti diketahui, Paus Emeritus Benediktus XVI meninggal dunia pada Sabtu 31 Desember 2022 waktu setempat di Biara Mater Ecclesiae, Vatikan dalam usia 95 tahun.

Dan pada tanggal 5 Januari 2023 kemarin Paus Emeritus Benediktus XVI telah dimakam di makam kepausan yang berada di bawah Basilika Santo Petrus dengan misa requiem yang dipimpin oleh Paus Fransiskus. ***

Berita Terkait