DECEMBER 9, 2022
Orbit Indonesia

Sejumlah Bahaya Ciki Ngebul Usai Dikonsumsi

image
Berikut ini sejumlah bahaya ciki ngebul saat usai dikonsumsi dimana dapat mual, muntah bahkan nyawa pun bisa terancam

 

ORBITINDONESIA – Ciki ngebul adalah salah satu jajanan yang dapat membuat mulut penikmatnya seperti mengeluarkan asap, bahkan makanan ini sedang viral dikalangan masyarakat khususnya anak-anak

Sensasi asap yang keluar dari mulut berasal dari kandungan nitrogen cair yang menjadi daya tarik utama dari makanan ciki ngebul ini. Walau mengusung konsep yang unik, harga ciki ngebul ini cukup terjangkau.

Namun saat ini terdapat laporan dampak saat anak mengonsumsi ciki ngebul ini. Gejala keracunan nitrogen cair pada anak seperti sakit perut disertai mual, muntah dan perut bertambah besar.

Baca Juga: Legislator Yakin Pedagang Tak Tahu Bahaya Nitrogen Cair

Lalu, apa dampak bahaya dari jajanan yang mengandung zat nitrogen cair ini ? berikut paparan bahaya yang timbul dari keberadaan makanan ini yang dikutip dari beberapa sumber

1. Merusak Kulit

Memang benar bahwa nitrogen cair adalah senyawa kimia yang tidak mengandung racun atau tidak berbahaya serta tidak mudah terbakar namun zat ini dapat memicu terjadinya kerusakan pada kulit.

Bahkan hingga kerusakan organ dalam yang sangat buruk apabila tidak mendapatkan penanganan yang tepat dari tim medis.

Baca Juga: Kemenkes Terbitkan Surat Edaran Waspada Usai 7 Bocah Keracunan Ciki Ngebul

2. Tenggorokkan terasa terbakar

Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA) mengimbau untuk tidak konsumsi produk makanan ini pada 2018 lalu, bukan tanpa alasan konsumsi nitrogen yang sudah dicairkan dapat sebabkan tenggorokan terasa seperti terbakar.

Hal itu dikarenakan suhu yang teramat dingin yang langsung bersentuhan dengan organ tubuh. Bahkan tidak sedikit kasus terparah yang menunjukkan bahwa ciki ngebul atau ice smoke ini dapat picu kerusakan organ dalam tubuh.

3. Merusak Organ Tubuh

Hingga saat ini masih digunakan untuk medis maupun bahan makanan, namun perlu diketahui jika senyawa nitrogen dapat hasilkan suhu yang sangat rendah.

Suhu rendah inilah yang dapat timbulkan cedera pada konsumen, risiko yang sangat berbahaya seperti luka bakar serius ini kemungkinan besar terjadi jika tidak diolah dengan benar.

Namun bila nitrogen cair yang belum menguap sepenuhnya namun sudah ditelan dan menyentuh bagian dalam tubuh mulai dari mulut dan tenggorokan bisa berbahaya.

Apalagi bila masuk dalam perut, dampak yang dihadapi bisa fatal, maka dari itu sebaiknya dihindari anak-anak maupun orang dewasa.

Baca Juga: Viral Es Ciki Ngebul, Ini Bahaya Nitrogen Cair yang Masuk Dalam Tubuh

4. Nyawa Terancam

FDA mengatakan bahwa penggunaan ice smoke atau asap yang berasal dari nitrogen cair yang kurang tepat. Hal ini bisa sangat membahayakan nyawa.

Makan ini tidak dianjurkan kepada para pengidap asma bahkan tidak berdekatan dengan makanan ini, karena menghirup uap gas dari nitrogen ini bisa membuat asma yang diidap semakin memburuk. ***

Berita Terkait