DECEMBER 9, 2022
Orbit Indonesia

Legislator Yakin Pedagang Tak Tahu Bahaya Nitrogen Cair

image
Ilustrasi, Legislator Senayan, Netty Prasetiyani Aher menyakini bahwa para pedagang belum mengetahui bahaya makanan mengandung nitrogen cair

 

ORBITINDONESIA – Fenomena makanan berbahan nitrogen cair atau dikenal dengan ciki ngebul mengundang sejumlah pihak berkomentar salah satunya adalah legislator dari Senayan yang menyakini bahwa para pedagang belum mengetahui bahaya bahkan makanan mengandung nitrogen cair.

Hal ini disampaikan Anggota Komisi IX DPR RI Netty Prasetiyani Aher dalam keterangannnya mengatakan bahwa untuk menyadarkan itu perlu adanya sosialisasi BPOM kepada para pedagang ciki ngebul.

"Pemerintah dalam hal ini BPOM perlu sidak ke lapangan karena sebagian besar pedagang 'Chiki Ngebul' itu pasti tidak tahu bahaya dari nitrogen cair yang dicampur dalam makanan. BPOM harus melakukan edukasi kepada para pedagang agar tidak memasukkan zat-zat bahaya ke dalam makanan," kata Netty Prasetiyani Aher

Baca Juga: Kemenkes Terbitkan Surat Edaran Waspada Usai 7 Bocah Keracunan Ciki Ngebul

Menurut Netty Prasetiyani Aher, bahwa pengawasan itu sangat penting karena anak-anak tidak tahu dan tidak mengerti mana yang baik dan mana yang berbahaya bagi kesehatan karena bagi anak-anak mereka tertarik pada warna bentuk dan keunikan makanan.

"Kita khawatir ada jenis jajanan lain yang juga mengandung zat berbahaya bagi tubuh," katanya.

Netty Prasetiyani Aher juga mengatakan bahwa nitrogen cair dalam makanan sebagaimana saran dari para pakar kesehatan harus dilakukan oleh chef-chef bersetifikat, tidak boleh sembarang orang.

Baca Juga: Ciki Ngebul, Makanan Yang Berbahaya Bagi Tubuh

Netty Prasetiyani Aher juga meminta BPOM melakukan sosialisasi efektif kepada orang tua, guru dan tokoh masyarat terkai zat-zat berbahaya dalam makanan serta berpartisipasi dalam pengawasan di lingkungan.

"Sosialisasi tentang makanan yang aman dan sehat harus terus di-update karena jenis dan variannya selalu berkembang. Jangan sampai setelah ada kejadian dan jatuh korban, pemerintah baru sibuk mengeluarkan peringatan," katanya.

Sebagaimana diketahui, ada sekitar 24 anak di Tasikmalaya dan 4 anak di Bekasi yang dilaporkan keracunan makanan yang diduga dari jajanan ciki ngebul

Baca Juga: Viral Es Ciki Ngebul, Ini Bahaya Nitrogen Cair yang Masuk Dalam Tubuh

Sementara itu Kementerian Kesehatan RI belakangan merilis surat edaran waspada kasus keracunan jajanan berasap nitrogen atau ciki ngebul.

Menurut Kepala Biro Komunikasi Kemenkes dr Siti Nadia Tarmizi, ada tujuh anak menjadi korban.

"Jadi ada tujuh yang punya gejala mual muntah dan begah perut saat mengonsumsi chiki ngebul," katanya.

Satu kasus di antaranya sempat dilarikan ke rumah sakit lantaran mendadak nyeri perut hingga diduga mengalami usus bocor. Meski begitu, kondisi ketujuh pasien ini pada akhirnya membaik.***

Berita Terkait