DECEMBER 9, 2022
Orbit Indonesia

BRI Liga1: Persib Bandung Melawan Persija Jakarta, Gol Ciro Alves Bawa Persib Menangi El Clasico

image
Persib Bandung sukses kalahkan Persija Jakarta pada laga tunda ke-11 BRI Liga 1 di Stadion Gelora Bandung Lautan Api

 

ORBITINDONESIAPersib Bandung sukses kalahkan Persija Jakarta pada laga tunda pekan ke-11 BRI Liga 1.

Bermain di Stadion Gelora Bandung Lautan Api kedua tim mengawali pertandingan dengan permainan terbuka dan tempo yang tinggi. Masing-masing tim mendapatkan peluang di 10 menit awal laga.

Persija Jakarta lebih dulu mengancam lewat kerja sama antara Riko Simanjuntak dan Michael Krmencik. Kemudian Krmencik melepaskan tendangan yang masih melambung di atas gawang Persib Bandung pada menit ke-5.

Baca Juga: BRI Liga 1 : CATAT, Berikut Ini Jadwal Lengkap Persib Bandung di Putaran Kedua

Dua menit berselang giliran Persib Bandung yang mengancam lewat Ciro Alves yang melakukan akselerasi setelah menerima bola terobosan.

Pemain asal Brasil itu kemudian melepaskan tendangan mendatar yang masih bisa dihalau dengan kaki oleh kiper Persija Jakarta Andritany Ardhiyasa.

Ciro yang memilik kecepatan dimanfaatkan betul oleh Persib Bandung yang beberapa kali melakukan umpan terobosan namun usaha itu kunjung digagalkan barisan pertahanan Persija Jakarta.

Ciro bukan satu-satunya pemain Persib Bandung yang rajin mengancam di area belakang Persija. Beckham Putra juga kerap melakukan tusukan, tapi ia kesulitan lepas dari penjagaan ketat yang dilakukan oleh Muhammad Ferrari.

Baca Juga: BRI Liga 1 : Alasan Keamanan di Balik Perubahan Waktu Kick Off Persib Melawan Persija

Peluang terbaik didapat Persija Jakarta lewat serangan balik cepat yang dimotori oleh Riko Simanjuntak, kemduian bola dioper ke Hanno Behrens.

Pemain asal Jerman lalu membagi bola ke Krmencik yang melepaskan tendangan cungkil, tapi masih melebar tipis di sisi kiri gawang Persib pada menit ke-26.

Kremencik kembali mengancam gawang Persib yang dijaga Teja Paku Alam. Striker asal Ceko itu melakukan tandukan yang menyambut umpan silang dari Firza Andika, tapi bola masih di atas gawang Persib pada menit ke-34.

Tak lama berselang Persib membalas melalui Ciro yang lagi-lagi menerima umpan terobosan. Sebelum mengontrol bola dengan sempurna, ia dijegal Andritany di kotak penalti.

Baca Juga: BRI Liga 1 : CATAT, Berikut Ini Jadwal Lengkap Persija Jakarta di Putaran Kedua

Persib Bandung mendapatkan hadiah penalti setelah bola tendangan bebas Ezra Walian mengenai tangan Rio Fahmi pada menit ke-42, Beckham Putra yang menjadi eksekutor gagal jalankan perannya karena digagalkan oleh Andritany.

Lepas turun minum, tempo permainan mulai melambat, baik Persib Bandung maupun Persija Jakarta hanya mampu menciptakan peluang-peluang sporadis.

Pelatih Persib Luis Milla coba mengubah keadaan dengan melakukan pergantian pemain pertama dengan turunkan David da Silva untuk gantikan Ezra Walian yang tak banyak terlibat dalam laga.

David da Silva langsung memberi kontribusi instan dengan menyumbang asis. Umpan tariknya gagal disapu Ferrari, bola diterima Ciro yang dengan mudah mendorong bola ke gawang Persija untuk membawa Persib ungguli Persija 1-0 pada menit ke-63.

Baca Juga: BRI Liga 1 : Prediksi Persib Bandung Melawan Persija Jakarta, Duel Adu Gengsi Demi Tiga Angka

Gol Ciro Alves membuat tempo pertandingan kembali naik, baik Persib Bandung dan Persija Jakarta kembali peragakan permainan menyerang ke pertahanan lawan masing-masing.

Persija pun ikut melakukan pergantian pemain dengan menurunkan Nico Alfritanto dan Ginanjar Wahyu pada menit ke-72. Ginanjar nyaris mencetak gol dengan sentuhan pertamanya, sundulannya di depan gawang kosong malah melambung di atas gawang.

Tidak ada gol tercipta sampai wasit Steven Yubel tiup peluit tanda berakhirnya pertandingan, skor 1-0 untuk kemenangan Persib Bandung atas Persija Jakarta bertahan sampai bubaran.

Dengan kemenangan atas Persija Jakarta membuat Persib Bandung naik ke posisi ke-4 sekaligus menggusur Persija Jakarta dengan kumpulkan 33 point dari 17 laga yang sudah dimainkan.

Sementara kekalahan ini membuat Persija Jakarta berada di posisi kelima dengan 32 angka dari 17 pertandingan yang sudah dimainkan.***

Berita Terkait