DECEMBER 9, 2022
Orbit Indonesia

Herry Tjahjono: Ganjar, Lelaki dari Lereng Gunung Lawu

image
Ganjar Pranowo dalam acara Kemenag

ORBITINDONESIA - Kalau pun ditanya soal "perlakuan" yang didapatnya pada acara itu, Ganjar pasti hanya akan melemparkan senyum khasnya tanpa ada nada sakit hati.

Begitulah tipikal lelaki sederhana dari Karanganyar ini. Ganjar seperti sudah terbiasa dan kebal diperlakukan apa saja. Dan dia tetap patuh, setia, serta bergeming di partai tersebut.

Ganjar, lelaki yang tengah moncer di mata rakyat ini sesungguhnya masuk jajaran elite di partai itu - selain karena kemoncerannya sebagai kader - dia juga gubernur yang relatif berhasil.

Baca Juga: Kuliner Indonesia Memang Andalan, Viral Tentara Amerika Antre Jajan Siomay di Bandung

Saya sendiri tidak tahu apa motif dari fenomena itu. Apakah Ganjar tengah dihukum, digembleng, atau apa ?

Atau bisa jadi sudah ada aturan dari panitia soal "zoning" tempat duduk (belakangan ada penjelasan dari Panda Nababan bahwa ini terkait tata cara pengaturan tempat duduk agar peserta tidak tersesat).

Saya hanya mencoba memotretnya dari kaca mata orang awam, yang "tetap" akan melihatnya sebagai sesuatu yang ganjil - terlepas dari motivasi dan alasan di baliknya.

Ada yang bilang juga bahwa hal-hal semacam ini adalah bagian dari trik marketing Megawati menjual Ganjar. Kalaupun benar, ya artinya saya termakan oleh trik itu. Tapi biarlah, saya rela termakan oleh trik itu.

Baca Juga: SELAMAT! Miss USA R Bonney Gabriel Juara Miss Universe 2022, Ini Janjinya kepada Dunia

Namun bagi Ganjar pribadi, jika dia bisa bertahan dengan berbagai kondisi yang ada selama ini - justru akan membuatnya menjadi pribadi pemimpin yang sangat kokoh, tangguh, perkasa.

What doesn't kill you makes you stronger ! Apa yang tak membunuhmu, hanya akan membuatmu makin perkasa.

Nampaknya, itulah yang akan terjadi pada lelaki berambut putih dari lereng Gunung Lawu, Karanganyar ini.

(Oleh: Herry Tjahjono). ***

Berita Terkait