DECEMBER 9, 2022
Orbit Indonesia

F1: Bentrok dengan Ramadan, GP Saudi Arabia Negosiasi Jadwal Balapan F1 2024

image
Beredar rumor bahwa GP Saudi Arabia akan menjadi seri pembuka balapan jet darat formula 1 musim 2024 mendatang

 

ORBITINDONESIA – Beredar rumor yang katakan bahwa Grand Prix (GP) Saudi Arabia akan menjadi seri pembuka balapan jet darat F1 musim 2024.

Bahkan dua balapan di Timur Tengah akan menjadi seri pembuka F1 2023 alih-alih Australia seperti kalender biasanya dikarenakan bulan suci Ramadan yang jatuh di akhir Maret 2023

Seperti diketahui, pada F1 musim 2023 GP Saudi Arabia menjadi seri kedua dijadwalkan berlangsung pada 25-27 Maret setelah GP Bahrain pada 18-20 Maret 2023.

Baca Juga: F1: GP China Batal, Berikut Jadwal Kalender Balap F1

Dilansir dari Autosport, GP Saudi Arabia 2024 akan berlangsung sebelum bulan Ramadan yang jatuh pada 10 Maret hingga 9 April 2024

Awal tahun ini muncul kabar bahwa GP Arab Saudi yang akan menjadi tuan rumah seri pembuka F1 2024 dengan alasan yang sama.

Menurut Martin Whitaker, CEO Saudi Motorsport Company menjelaskan bahwa Australia telah sepakat dengan Saudi Arabia untuk bertukar jadwal namun keputusan akhir berada pada pihak F1 dan FIA.

"Akan tetapi, keputusan akhir terkait waktu balapan tahun depan berada di tangan Formula 1 dan FIA," ujar Whitaker menjelaskan.

Baca Juga: Hasil F1 GP Mexico, Max Verstappen Juara, Pecahkan Rekor Dua Legenda F1

"Jadi, kami masih menunggu klarifikasi dari promotor dan pihak pemerintah terkait jadwal di tahun 2024. Seperti biasa, hal tersebut akan diumumkan sampai akhir tahun ini."katanya.

Soal tempat balapan, Whitaker katakan bahwa Sirkuit Jeddah Corniche masih akan menjadi tuan rumah GP Saudi Arabia sampai 2027 mendatang.

Jeddah sendiri masih menjadi tuan rumah GP Saudi Arabia selama pembangunan kota Qiddiya sebagai pusat hiburan dunia masih dalam pengerjaan.

"Kami akan bekerja sama dengan FIA dan Formula 1 untuk memastikan bahwa selama Qiddiya dibangun maka balapan berada di Jeddah," tutur Whitaker menjelaskan.

Baca Juga: Langgar Batas Anggaran, Tim F1 Red Bull Racing Didenda Rp 108 Miliar

"Pusat otomotif Qiddiya dirancang untuk memimpin dunia melalui rancangan sirkuit Formula 1 dan juga hiburan di dalamnya."

"Proyek yang unik dan menarik, Qiddiya akan menjadi lokasi yang sangat ingin dikunjungi oleh semua orang."

"Akan tetapi, untuk saat ini dan beberapa waktu ke depan, tatapan mata dunia akan tertuju pada Jeddah dan garis pantai Laut Merah pada bulan Maret." Katanya. ***

Berita Terkait