DECEMBER 9, 2022
Orbit Indonesia

BRI Liga 1: Lima Klub Belgia yang Bisa Jadi Pelabuhan Baru Marselino Ferdinan

image
Bintang Muda Persebaya Surabaya dan Timnas Indonesia Marselino Ferdinan akan memilih klub Belgia sebagai pelabuhan barunya

 

ORBITINDONESIA – Bintang muda Persebaya Surabaya dan Timnas Indonesia, Marselino Ferdinan dikabarkan akan hengkang ke Eropa, klub asal Belgia menjadi tujuannya.

Rumor yang beredar, setelah laga Persebaya Surabaya melawan Bhayangkara FC di Gelora Joko Samudro, Senin 23 Januari 2023 akan segera bertolak ke Brussels.

Namun yang perlu dicatat, kepergian Marselino Ferdinan ke Belgia bukan untuk trial namun tinggal memilih klub mana yang akan diperkuat.

Baca Juga: BRI Liga 1: Brace Pemain Muda Terbaik Piala AFF 2022 Bawa Bajul Ijo Pesta Gol

Sebagaimana dilansir dari Harian Disway, para klub peminat dari Belgia tersebut sudah memantau sang geladang baik di Persebaya Surabaya maupun Timnas Indonesia.

"Marsel nanti tidak untuk trial, tapi sudah tahap negosiasi. Kalau cocok, dia bakal gabung ke sana,” kata sumber Harian Disway.

Namun sejauh ini pihak Persebaya Surabaya belum berikan respon apa pun saat ditanya rumor ini begitu juga dengan agen Dusan Bogdanovic yang selama ini menjadi penghubung pemain 18 tahun ini dengan klub Eropa.

Baca Juga: Marselino Ferdinan Dapat Dukungan Dari Akun Instagram Resmi FIFA World Cup

Berdasarkan rumor yang beredar, setidaknya ada lima klub Belgia yang salah satunya menjadi pelabuhan baru Marselino Ferdinan.

FCV Dender

Marselino Ferdinan bisa bergabung dengan klub divisi dua Belgia, FCV Dender. Peluang bermain Marselino Ferdinan cukup besar, karena klub ini dimiliki oleh pengusaha Indonesia yang juga pemilik Pro Duta, Sihar Sitorus.

Salah satu misi dari Sihar Sitorus saat membeli klub tersebut pada 2018 adalah untuk mengembangkan talenta Indonesia, dan Marselino Ferdinan bisa menjadi bintangnya.

Baca Juga: BRI Liga 1 : Persib Bandung Menang Comeback Atas Persebaya Surabaya

KV Mechelen

Para pecinta sepak bola tanah air sudah familiar dengan klub satu ini, ya ini adalah klub dimana pemain naturalisasi Timnas Indonesia, Sandy Walsh bermain.

Saat ini, KV Mechelen berada di kasta tertinggi sepak bola Belgia, First Diviison A dan menempati peringkat ke-13

Dengan hadirnya Sandy Walsh bisa membimbing Marselino Ferndinan dalam beradaptasi dengan klub dan atmosfer kompetisi Liga Belgia.

KAS Eupen

Berada di First Division A, ada KAS Eupen yang pernah mengontrak pemain naturalisasi Timnas Indonesia, Jordi Amat selama tiga musim

Jordi Amat membelas KAS Eupen pada musim 2019 hingga 2022 sebelum pindah ke Liga Malaysia dengan Johor Darul Takzim.

Marselino Ferdinan bisa ikuti rekan sejawatnya dan menimba ilmu di sepak bola Belgia.

Baca Juga: BRI Liga 1 : Persebaya Melawan Persis Solo Berakhir Tanpa Pemenang

KV Kotrijk

Klub kasta tertinggi Belgia lainnya yang bisa diperkuat oleh Marselino Ferdinan adalah KV Kortrijk.

Bila memang ini pilihan Marselino Ferdinan, maka dirinya tercatat sebagai pemain Indonesia pertama yang bermain di klub tersebut dan pemain kedua dari Asia Tenggara karena di klub ini ada pemain Malaysia, Luqman Hakim

Penyerang 20 tahun tersebut dikontrak sejak 2020 dan saat ini sudah berada di tim senior KV Kortrijk dan bisa menjadi compatriot selama beradaptasi.

SK Beveren

Saat ini klub tersebut berada di First Division B, menariknya adalah gelandang Persik Kediri Arthur Irawan pernah merumput di klub tersebut pada musim 2014 hingga 2016 saat masih bernama Waasland-Beveren.

Bila memang terjadi, bukan tak mungkin karir Marselino Ferdinan lebih cerah dibanding seniornya kala itu.***

 

Berita Terkait