DECEMBER 9, 2022
Orbit Indonesia

Sah, Pesepakbola Kelahiran Belanda, Shayne Pattynama Jadi WNI

image
Pesepakbola kelahiran Belanda, Shayne Pattynama resmi menjadi Warga Negara Indonesia setelah diambil sumpah di Kantor WIlayah Hukum dan HAM

 

ORBITINDONESIA – Pesepakbola kelahiran Belanda, Shayne Elian Jay Pattynama resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI)

Shyane Pattynama resmi dapatkan kewarganegaraan Indonesia setelah jalani sumpah WNI di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM DKI Jakarta pada Selasa 24 Januari 2023 sore WIB

Shayne Pattynama terlihat khusus selama mengikutih tahapan naturalisasi, saat menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya hingga mengucap sumpah janji setia pewarganegaraan Republik Indonesia.

Baca Juga: Jokowi Sudah Tanda Tangan Keppres Naturalisasi Shayne Pattynama

Setelah sesi pengambilan sumpah WNI Shayen Pattynama dilanjutkan dengan penandatanganan berkas administrasi bersama kepala kantor wilayah. Setelah itu Shayne Pattynama dengarkan Amanah dari Kepala Kantor Wilayah tentang hak da kewajiban sebagai WNI.

Shayne Pattynama memiliki darah Indonesia dari sang ayah yang lahir di Semarang, Jawa Tengah.

Namanya mencuat ke hadapan public setelah dirnya menyatakan kesediaan menjadi pemain timnas Indonesia secara formal dengan mengirimkan surat kepada PSSI pada awal tahun lalu.

Baca Juga: 17 November, Sandy Walsh Dan Jordi Amat Disumpah WNI

Mengawali karir bolanya dimulai dengan bergabung klub kota kelahirannya Lelystad67 sebelum dalam ilmu di Ajax Junior

Lepas dari Ajax Junior, Shayne Pattynama bergabung dengan FC Utrecht U17, U19 dan U21 hingga 2019 yang kemudian pindah ke Telstar dan bermain di divisi kedua kompetisi sepakbola Belanda.

Selanjutnya Shayne Pattynama melanjutkan karir bola di Norwegia dengan bergabung di Liga Norwegia, Viking FK yang meraih delapan gelar juara Liga Norwegia ini pada April 2021.

Baca Juga: BRI Liga 1: Prediksi dan Link Streaming Bali United Melawan PSM Makassar, Adu Tajam Dua Striker Timnas

Shayne Pattynama yang masih berkair di Eropa setelah resmi menjadi WNI dan berpeluang segera memperkuat Timnas Indonesia.

Sebelumnya, PSSI telah rampungkan proses naturalisasi dua pemain keturunan Eropa lainnya, yaitu Jordi Amat, Sandy Walsh telah mengambil sumpah WNI pada 17 November 2022 lalu.

Pasca pengambilan sumpah WNI, Jordi Amat sudah jalani debut bersama Timnas Indonesia di Piala AFF 2022 lalu.

Kehadiran Jordi Amat, Sandy Walsh dan Shayne Pattynama diproyeksikan akan memperkuat Timnas Indonesia dalam ajang Piala Asia 2023 Juni mendatang. ***

 

Berita Terkait