DECEMBER 9, 2022
Orbit Indonesia

Berikut Ini Panduan Dasar Jika Kamu Ingin Hadiri Harlah Satu Abad NU

image
Harlah Satu Abad NU

ORBITINDONESIA – Jelang perayaan Harlah Satu Abad NU (Nahdlatul Ulama) banyak kaum nahdliyin yang berkeinginan untuk tahu panduan dasar dan dapat menghadiri pelaksanaan acara tersebut.

Sebagai acara yang terbilang sakral, perayaan Harlah Satu Abad NU tentu akan mengundang perhatian dan membuat banyak orang ingin menghadiri kegiatan tersebut oleh karenanya perlu adanya panduan dasar.

Lalu, bagaimana cara agar dapat menghadiri perayaan Harlah Satu Abad NU yang sudah dipastikan akan padat dan meriah, berikut ini sedikit panduan dasar nya.

Baca Juga: Catat! Deretan Hari Penting Nasional di Bulan Januari 2023, ada Hari Korps Wanita Angkatan dan Harlah NU

Pihak PBNU (Pengurus Besar Nahdlatul Ulama) telah merilis beberapa informasi penting seputar perayaan Harlah Satu Abad NU secara keseluruhan.

Aturan dan panduan dasar lengkap bagi siapapun yang berkeinginan menghadiri resepsi megah dan besar bagi kaum Nahdliyin di Indonesia.

Harlah Satu Abad NU adalah peringatan satu abad hari lahir atau berdirinya organisasi Nahdlatul Ulama (NU), terhitung dalam kalender hijriah.

Baca Juga: Harlah 1 Abad NU, Ini 10 Kata Bijak dari Hadratussyaikh KH Hasyim Asy'ari yang Menginspirasi

Semangat kebesaran menjaga dan merawat keislaman dalam Indonesia membuat harlah satu abad nahdlatul ulama ini nampaknya perlu dirayakan secara maksimal.

Dalam rangka menyambut peringatan Harlah tersebut pada tanggal 7 Februari 2023, ada tema khusus yang telah diangkat oleh PBNU yakni “Mendigdayakan Nahdlatul Ulama Menjemput Abad Kedua Menuju Kebangkitan Baru”.

Tema juga berdasar pada pandangan hadits Rasulullah SAW tentang lahirnya pembaharu di setiap satu abad.

Baca Juga: Harlah 1 Abad NU, Ini Lirik Lagu Mars Satu Abad Nahdlatul Ulama yang Diciptakan oleh Gus Mus

Dalam memeriahkan perayaan Harlah Satu Abad NU, pihak PBNU telah menyiapkan beberapa acara lain yang tak kalah menariknya.

Serangkaian acara lainnya seperti festival tradisi NU, kemudian muktamar nasional, hingga beberapa acara lain yang tak kalah menarik.

Bagi anda yang masih ingin hadir dalam rangkaian Harlah Satu Abad NU tersebut tentunya perlu memperhatikan beberapa prosedur berikut ini.

Baca Juga: Link Download Gratis Logo Resmi Harlah 1 Abad NU, Makna dan Lirik Lagu Mars Satu Abad Nahdlatul Ulama

Barang Wajib Dalam Harlah Satu Abad NU

Pertimbangan pertama tentunya perlu untuk kamu perhatikan ketika hendak menghadiri Harlah Satu Abad NU adalah mempersiapkan beberapa barang penting.

Sesuai dengan arahan oleh PBNU ada beberapa barang wajib untuk dibawa pada acara tersebut.

Pakaian Putih

Barang pertama adalah dresscode utama acara Harlah Satu Abad NU yakni pakaian putih. Pakaian ini diperuntukkan selama jalannya acara berlangsung.

Baca Juga: Mars NU Organisasi Islam Terbesar Indonesia, yang akan Berusia Satu Abad

Makan Dan Minum

Aspek kedua adalah makanan dan minuman wajib untuk membawa sendiri. Anda tidak perlu khawatir sebab dalam acara resepsi NU ini telah disediakan juga bazar makanan dan minuman lengkap dengan pelengkap kebutuhan semua jamaah.

Tas Kresek

Barang ketiga dalam Harlah Satu Abad NU adalah tas kresek. Fungsi dari tas kresek ini tentunya adalah untuk menjadi tempat sampah agar selama acara berlangsung atau sesudah acara tidak ada sampah berserakan.

Masker

Meski penggunaan masker tidak wajib saat ini akan tetapi pihak PBNU telah memberikan aturan bahwa pemakaian masker menjadi satu hal wajib ada bagi jamaah yang akan hadir.

Baca Juga: Harlah 1 Abad NU, Simak Arti Filosofis Logo Nahdlatul Ulama yang Mungkin Belum Anda Tahu

Alat Sholat

Alat sholat menjadi satu barang penting untuk diperhatikan. Karena acara Harlah Satu Abad NU ini berlangsung selama 24 jam maka tentu ada break untuk sholat, dan fasilitas masjid juga mushola tidak mungkin menampung semua alat sholat jamaah.

Tikar

Untuk mengikuti rangkaian acara dengan nyaman dan aman maka perlu tikar sebagai alas duduk. Apalagi acara tersebut akan diselenggarakan dalam stadion.

Payung atau Jas Hujan

Barang terakhir dalam Harlah Satu abad NU adalah payung. Curah hujan yang masih tinggi dibeberapa daerah membuat antisipasi dini untuk membawa payung atau jas hujan ringan sangat direkomendasikan.

Baca Juga: Menyambut Hari Lahir Satu Abad NU, Bakal Ada Festival Tradisi Islam Nusantara Berlangsung di Sejumlah Kota Ini

Perhatikan Zona Kedatangan Setiap Jamaah

Pertimbangan selanjutnya dalam persiapan menghadiri acara Harlah Satu Abad NU adalah memperhatikan zona kedatangan. PBNU dan panitia menyadari banyaknya undangan dan jamaah yang akan hadir tentunya bisa menjadi kacau apabila tidak diatur sedemikian rupa.

Oleh sebab itulah untuk menghindari beberapa desakan dan ancaman lainnya maka pihak panitia berinisiatif untuk mengatur jadwal kedatangan semua jamaah tersebut secara bergiliran sesuai dengan zona yang telah ditetapkan sebelumnya.

Sehingga jika kamu hendak datang maka perhatikan terlebih dahulu daerah asal untuk menyesuaikan waktu kedatangan pada acara Harlah Satu Abad NU.

Baca Juga: Jokowi dan Puan Maharani Jalan Sehat Bersama Puluhan Ribu Warga NU di Surakarta, Jawa Tengah

Kapasitas stadion delta sidoarjo yang juga sangat besar tentu akan bisa dikondisikan sangat baik jika jamaah memahami alur kedatangan sesuai zonasi.

Zona kedatangan tersebut terbagi menjadi tiga. Setiap zona memiliki pembagian lagi menjadi 4 kloter, misalnya pada Zona 1A kloter 1 maka kedatangan jamaah diperuntukkan bagi daerah Pacitan, Ponorogo, Trenggalek, dan tulungagung. Sedangkan untuk Zona 1B koler 2 diperuntukkan bagi jamaah dari Madiun, Kota Kediri, Kediri, dan Kota Madiun.

Baca Juga: Materi Khutbah Shalat Gerhana Bulan Pilihan, Singkat, dan Ilmiah, Cocok untuk NU dan Muhammadiyah

Hal ini juga berlaku pada semua zona dan setiap kloter yang telah disediakan oleh pihak panitia Harlah Satu Abad NU. Perlu diperhatikan juga bahwa aturan zonasi ini juga disediakan lengkap dengan tempat parkir khusus serta tempat duduk secara khusus.

Hal ini menjadi bukti bahwa persiapan Resepsi Satu Abad Nahdlatul Ulama dengan konsep matang dan detail ini mampu memberikan kenyamanan bagi semua jamaah.***

Berita Terkait