DECEMBER 9, 2022
Orbit Indonesia

Maluku Utara Jadi Provinsi Paling Bahagia di Indonesia, Hubungan Sosial Jadi Kunci Utama

image
Masyarakat Malauku Utara yang bahagia dengan memiliki jalinan hubungan sosial yang baik dan lebih menghargai makna hidup.

ORBITINDONESIA – Badan Pusat Statistik (BPS) telah mengumumkan daftar Provinsi paling bahagia di Indonesia, dan Provinsi Maluku Utara berada pada posisi teratas.

Menariknya dari daftar tersebut tak satupun provinsi di Pulau Jawa yang masuk ke jajaran 10 besar Provinsi paling bahagia, justru Maluku Utara yang ada di peringkat pertama.

Baca Juga: New Year Gaza 24 B

Ditetapkannya Maluku Utara sebagai Provinsi paling bahagia di Indonesia semata berdasarkan tiga dimensi yang telah ditetapkan BPS sebelumnya.

Baca Juga: Wow.. Lima Daerah Terkaya Di Jawa Timur dengan Pendapatan yang Fantastis

Dalam laporannya, BPS mengukur kebahagiaan masyarakat suatu provinsi untuk bahan pertimbangan pengambilan keputusan terkait kebijakan publik dan pembangunan nasional.

Baca Juga: Survei LSI Denny JA: Elektabilitas PSI yang Dipimpin Kaesang Hanya 1,5 Persen, Gerindra Salip PDI Perjuangan

Menurut BPS, survei untuk mengukur tingkat kebahagiaan dari masyarakat di sebuah provinsi selalu diadakan dalam kurun 3 tahun sekali.

Sementara itu untuk metode pengukurannya, ditetapkan 3 dimensi kepuasan yakni kepuasan hidup, perasaan, dan makna hidup.

Baca Juga: Yang Sedang Butuh Pekerjaan di Gianyar, Ada Lowongan Kerja di PT Sinar Sosro

Baca Juga: Ditemani Erick Thohir, Prabowo Subianto Makan Siang Bersama Pelaku Usaha Muda

Berdasarkan laporan BPS di laman bps.go.id pada Jumat, 25 November 2022 , Provinsi Maluku Utara jadi provinsi paling bahagia di Indonesia.

Ditetapkannya Maluku Utara sebagai provinsi paling bahagia oleh BPS karena masyarakat Malut memiliki jalinan hubungan sosial yang baik dan lebih menghargai makna hidup.

Meski secara perekonomian, dalam hal ini Produk Domestik Bruto Regional (PDBR) Maluku Utara termasuk yang rendah, namun hal itu tak menghalangi warganya untuk bahagia.

Baca Juga: Yasonna H Laoly Dampingi Megawati Soekarnoputri Selama Jadi Juri Jayed Award 2023 di Roma

Baca Juga: Tak Tega, Driver Ojol Ini Merawat Penumpang Lansia yang Hidup Sebatang Kara Sampai Beberapa Hari, Ini Kisahnya

Dengan nilai indeks kebahagiaan sebesar 76,34, Maluku Utara berhasil mengalahkan provinsi-provinsi lainnya sebagai Provinsi paling bahagia di Indonesia.

Seperti Sulawesi Tenggara, Sulawesi Tengah, Papua Barat, Gorontalo, Kepulauan Riau, Sulawesi Utara, Jambi, Maluku, dan Kalimantan Utara.***

Berita Terkait