DECEMBER 9, 2022
Orbit Indonesia

Survei Populi Center: Kepuasan Masyarakat kepada Pemerintahan Jokowi NAIK

image
Presiden Jokowi di Medan Sumatera Utara bikin kaget pengunjung Mal.

ORBITINDONESIA - Hasil survei Populi Center menunjukkan tingkat kepuasan masyarakat kepada kinerja pemerintahan Presiden Joko Widodo akrab disapa Jokowi naik di awal 2023 ini.

Menurut Manajer Policy Resarch Populi Center Dimas Ramadhan di Jakarta Senin 13 Februari 2023, kepuasan masyarakat kepada pemerintahan Jokowi naik dari 65,9 persen pada Oktober 2022 menjadi 74 persen pada Februari 2023.

Sedangkan anggota masyarakat yang tidak puas kepada Jokowi menurun dari 31 persen menjadi 23,6 persen.

Baca Juga: Presiden Jokowi Diharap Terus Lindungi Industri AMDK dari Persaingan Tidak Sehat

Baca Juga: Cari Co Host, Kaesang Pangarep Kebanjiran Pelamar: Salah Satunya Jokowi KW

Selain itu, kepuasan masyarakat terhadap pemberantasan korupsi di bawah kepemimpinan Jokowi juga meningkat.

Hasil survei Oktober 2022 menunjukkan, kepuasan masyarakat berada di angka 46 persen, namun sekarang menjadi 60,8 persen. Mereka yang tidak puas menurun dari 38,4 persen menjadi 27,7 persen.

Menurut Dimas dibanding temuan di Oktober 2022, ada peningkatan penilaian oleh masyarakat berkait jalannya demokrasi di Indonesia.

Dia menjelaskan sebesar 77,3 persen masyarakat menjawab pelaksanaan demokrasi Indonesia berjalan baik, meningkat sekitar 7 persen dari periode survei sebelumnya. Sementara itu, kata Dimas yang menilai buruk juga menurun, dari 21,6 persen di Oktober 2022 menjadi 16,7 persen.

Baca Juga: Presiden Jokowi Diminta Tindak Tegas Pemilik Awetan Satwa Lindung, Khususnya di Ruang Ketua MPR

Populi Center menyelenggarakan survei nasional 25 Januari-3 Februari 2023. Sampel responden tersebar secara proporsional di 38 provinsi di Indonesia, termasuk di 4 daerah otonomi baru.

Tujuan survei untuk mengetahui persepsi masyarakat terutama terkait evaluasi kinerja Pemerintah, evaluasi kinerja Kepolisian, isu nasional yang sedang menjadi perbincangan, serta dinamika jelang Pemilu 2024.

Survei dilaksanakan dengan menggunakan dana internal. Metode pengambilan data dalam survei dilakukan melalui wawancara tatap muka dengan 1.200 responden yang dipilih menggunakan metode acak bertingkat (multistage random sampling) dengan margin plus minus 2,83 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen. ***

Berita Terkait