DECEMBER 9, 2022
Orbit Indonesia

Menlu AS Anthony Blinken: China Jangan Menyandera Pembicaraan tentang Hal-hal Global yang Penting

image
Ilustrasi, Menlu AS Anthony Blinken bertemu Menlu China Wang Yi di sela-sela pertemuan para menlu KTT G-20 di Nusa Dua, Bali

 

ORBITINDONESIA - Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken mengatakan pada Sabtu, 6 Agustus 2022, bahwa China seharusnya tidak menyandera pembicaraan mengenai hal-hal global yang penting, seperti krisis iklim.

Beijing sebelumnya telah memutuskan kontak dengan Washington, sebagai pembalasan atas kunjungan Ketua DPR AS Nancy Pelosi ke Taiwan awal pekan ini. China sangat menentang kunjungan itu.

Baca Juga: Liga Inggris: Sheffield United Jadi Tim Pertama yang Terdegradasi

Blinken berbicara tentang China dalam konferensi pers online dengan mitranya dari Filipina di Manila, setelah bertemu dengan Presiden Ferdinand Marcos Jr. yang baru terpilih dan pejabat tinggi lainnya.

Baca Juga: Liga Inggris: Hanya Mampu Raih Hasil Imbang Lawan Fulham, Pelatih Liverpool Salahkan Rumput Lapangan

Hubungan Washington dan Beijing saat ini merosot ke tingkat terburuk dalam beberapa tahun.

Baca Juga: Liga 1: Persib Bandung Pastikan Masuk ke Championship Series

Perjalanan Pelosi ke pulau Taiwan yang diperintah sendiri itu membuat marah China, yang mengklaim Taiwan sebagai wilayahnya sendiri untuk dianeksasi secara paksa, jika perlu.

China hari Kamis meluncurkan latihan militer di lepas pantai Taiwan, dan pada Jumat memutuskan kontak dengan AS mengenai masalah-masalah vital, termasuk masalah militer dan kerja sama iklim yang penting, sebagai hukuman terhadap kunjungan Pelosi.

“Kita tidak boleh menyandera kerja sama dalam hal-hal yang menjadi perhatian global karena perbedaan antara kedua negara kita,” kata Blinken.

Baca Juga: Megawati Sampaikan Surat Amicus Curiae atau Sahabat Pengadilan ke Mahkamah Konstitusi: Semoga MK Bukan Ketok Palu Godam

Baca Juga: Hasil Piala AFF U16 2022: Timnas Indonesia Sukses Bungkam Vietnam, Garuda Muda ke Semi Final

“Yang lain-lain mengharapkan kita untuk terus bekerja pada isu-isu yang penting bagi kehidupan dan mata pencaharian rakyat mereka, serta rakyat kita sendiri,” lanjutnya.

Blinken mengutip kerja sama tentang perubahan iklim sebagai bidang utama, di mana China menutup kontak yang "tidak menghukum Amerika Serikat – (tetapi) itu menghukum dunia."

Baca Juga: Presiden Jokowi Menikmati Libur Idulfitri Bersama Cucunya di Objek Wisata Satwa Deli Serdang

“Emisi karbon terbesar di dunia sekarang menolak untuk terlibat dalam memerangi krisis iklim,” kata Blinken. Ia menambahkan, penembakan rudal balistik China yang mendarat di perairan sekitar Taiwan adalah tindakan yang berbahaya dan membuat tidak stabil.

“Apa yang terjadi di Selat Taiwan mempengaruhi seluruh wilayah. Dalam banyak hal itu mempengaruhi seluruh dunia karena Selat, seperti Laut China Selatan, adalah jalur air yang kritis,” katanya.

Baca Juga: Jadwal Liga 1: Pelatih Dewa United Waspadai Penyerang Persita Tengerang

Baca Juga: Todung Mulya Lubis: TPN Ganjar-Mahfud Minta Mahkamah Konstitusi Hadirkan Kapolri Dalam Sidang PHPU Pilpres

Blinken mencatat bahwa hampir setengah armada kontainer global dan hampir 90% kapal-kapal terbesar di dunia transit melalui jalur air itu tahun ini. .

China menutup “saluran militer-ke-militer, yang sangat penting untuk menghindari miskomunikasi dan menghindari krisis, tetapi juga kerja sama dalam kejahatan transnasional dan kontra-narkotika, yang membantu menjaga orang-orang di Amerika Serikat, China dan sekitarnya, aman,” katanya.

Terlepas dari tindakan China, Blinken mengatakan, dia memberi tahu timpalannya dari China Wang Yi pada hari Jumat di Kamboja, di mana mereka menghadiri pertemuan tahunan Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN), bahwa AS tidak ingin meningkatkan ketegangan situasi.

Baca Juga: Sidang Komite Disiplin PSSI: Persita Tangerang, Persebaya Surabaya, PSS Sleman Didenda Seratusan Juta

“Kami berusaha mengurangi ketegangan itu dan kami pikir dialog adalah elemen yang sangat penting dari itu,” katanya.

 Baca Juga: Siswa Indonesia, Wilbert Thamrin, Juara Kedua Olimpiade Bahasa Jerman Internasional 2022 di Hamburg

Ia menambahkan bahwa AS akan “menjaga saluran komunikasi kami dengan China tetap terbuka, dengan maksud untuk menghindari eskalasi kesalahpahaman atau miskomunikasi.”

Baca Juga: New Year Gaza 24 B

Blinken adalah pejabat Amerika berpangkat tertinggi yang mengunjungi Filipina sejak Marcos Jr menjabat pada 30 Juni, menyusul kemenangan telak dalam pemilu presiden.

Dalam pertemuan singkatnya dengan Blinken, Marcos Jr menyebut dirinya terkejut dengan berbagai pergantian peristiwa terkait kunjungan Pelosi ke Taiwan pekan ini.

“Itu hanya menunjukkannya – bagaimana intensitas konflik itu,” kata Marcos Jr. berdasarkan transkrip yang dirilis oleh istana kepresidenan.***

Baca Juga: DKI Jakarta Temukan Ratusan Penerima Kartu Jakarta Mahasiswa Unggul tidak Sesuai Data

 

Berita Terkait