DECEMBER 9, 2022
Orbit Indonesia

Hadiri HUT Pemadam Kebakaran ke 104, ini Pesan Sekretaris Daerah Barito Selatan

image
Pemadam Kebakaran Kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah.

 

ORBITINDONESIA.COM - Memperingati HUT Pemadam Kebakaran Indonesia ke-104 sekaligus menyambut HUT Sat Pol PP ke-73, Sat Pol PP dan pemadam kebakaran Kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah mengadakan syukuran memotong tumpeng di halaman Kantor pemadam kebakaran setempat, Kamis 2 Maret 2023.

Baca Juga: Liga Champions: Disiarkan Langsung SCTV Kamis Dini Hari WIB, Real Madrid Melawan Bayern Muenchen

Syukuran yang diadakan secara sederhana itu dihadiri oleh Sekretaris Daerah Barito Selatan Edy Purwanto dan istri serta seluruh keluarga besar pemadam kebakaran.

Edy Purwanto menuturkan, pemadam kebakaran adalah tugas yang mulia, karena tidak hanya memadamkan api, tapi juga mengevakuasi dan menyelamatkan anggota masyarakat yang membutuhkan bantuan.

Baca Juga: Tingkatkan Keterampilan, 80 Orang Ikuti Pelatihan Berbasis Kompetensi 2023 di Barito Selatan

Baca Juga: Presiden Jokowi Tanggapi Santai Fotonya Hilang di Kantor DPD PDIP Sumatra Utara

"Pemadam kebakaran harus memiliki kemampuan penyelamatan non kebakaran seperti evakuasi sarang tawon, evakuasi ular, dan evakuasi hewan berbahaya lainnya, kemampuan ini harus ditingkatkan walaupun harus mengandalkan kemampuan sendiri," tuturnya.

Menurutnya, pemadam kebakaran harus terus meningkatkan kemampuan dan keahlian di tengah banyaknya keterbatasan, karena seiring berkembangnya kepadatan permukiman dan kompleksitas kegiatan masyarakat saat ini.

"Petugas pemadam kebakaran harus memiliki kemampuan penyelamatan dalam bentuk apapun di segala medan dan pantang pulang sebelum api padam," ujarnya.

Baca Juga: Imigrasi Jakarta Barat Amankan 2 Warga Negara Asing Asal Nigeria dan Kamerun

Ia mengatakan, di tengah-tengah pertumbuhan kota Buntok yang semakin berkembang saat ini, keberadaan pemadam kebakaran sangatlah dibutuhkan oleh masyarakat.

Baca Juga: Buka Bimtek Inventarisasi Barang Milik Daerah, Pj Bupati Barito Selatan Lisda Arriyana: Beranjak Lebih Baik

"Saya Sekretaris Daerah Barito Selatan mengucapkan selamat hari jadi pemadam kebakaran Indonesia yang ke-104, semoga tetap jaya, tangguh, dan semakin dewasa serta ikhlas dalam melayani masyarakat.” (AF) ***

Berita Terkait