DECEMBER 9, 2022
Orbit Indonesia

Kepada Perdana Menteri Timor Leste Taur Matan Ruak, Presiden Jokowi: Selamat Bergabung di Keluarga Besar ASEAN

image
Presiden Joko Widodo (kanan) berjabat tangan dengan Perdana Menteri Timor Leste Taur Matan Ruak (kiri) saat pertemuan bilateral di sela KTT ke-42 ASEAN di Hotel Meruorah, Labuan Bajo, NTT, Selasa 9 Mei 2023.

ORBITINDONESIA.COM - Presiden Joko Widodo akrab disapa Jokowi mengucapkan selamat bergabung dengan keluarga besar ASEAN kepada Perdana Menteri Timor Leste Taur Matan Ruak ketika mereka bertemu bilateral di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), Selasa 9 Mei 2023.

Pertemuan bilateral mereka dilaksanakan di sela-sela rangkaian Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Ke-42 ASEAN yang berlangsung 9-11 Mei 2023.

"Selamat datang di Labuan Bajo, Perdana Menteri Taur Matan Ruak, dan selamat bergabung di keluarga besar ASEAN," kata Jokowi setelah kedua pemimpin melewati prosesi ramah tamah awal pertemuan bilateral di Hotel Meruorah, Labuan Bajo.

Baca Juga: Berlaku Emosional, Murad Ismail Dicopot dari Jabatan Ketua DPD PDI Perjuangan Maluku

Ini bukan kali pertama Presiden Jokowi secara gamblang memperlihatkan dukungannya untuk keanggotaan penuh Timor Leste di dalam ASEAN.

Sewaktu menerima kunjungan kenegaraan Taur Matan Ruak di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, 13 Februari 2023, Presiden Jokowi menyatakan Indonesia dalam menjalankan Keketuaan ASEAN 2023 tengah mempersiapkan peta jalan untuk keanggotaan penuh Timor Leste di dalam organisasi kerja sama regional tersebut.

Pemimpin Asia Tenggara di Phnom Penh, Kamboja pada November tahun lalu secara prinsip telah menyetujui menerima Timor Leste menjadi anggota ke-11 ASEAN.

Sejak itu, perwakilan Timor Leste diizinkan untuk menghadiri pertemuan-pertemuan ASEAN dalam kapasitas sebagai pengamat (observer), termasuk kedatangan PM Ruak untuk berpartisipasi di KTT Ke-42 kali ini.

Keanggotaan Timor Leste pun menjadi salah satu bahasan dalam KTT ke-42 ASEAN, termasuk dalam pertemuan para menteri luar negeri ASEAN dalam Pertemuan Ke-33 Dewan Koordinasi ASEAN (ACC) pada Selasa, yang turut dihadiri Menlu Timor Leste Adalijza Magno. ***

Berita Terkait