DECEMBER 9, 2022
Orbit Indonesia

Proses Pemulangan Jemaah Haji Indonesia Masih Berlangsung, 89.724 Jemaah Sudah Tiba di Tanah Air

image
Kepala Biro Humas, Data dan Informasi, Akhmad Fauzin memberikan keterangan soal pemulangan jemaah haji Indonesia.

ORBITINDONESIA - Kementerian Agama (Kemenag) menyatakan bahwa proses pemulangan jemaah haji Indonesia gelombang kedua masih berlangsung hingga kini.

Hingga operasional Penyelenggaraan Ibadah Haji Tahun 1443 Hijriah/2022 Miladiyah telah memasuki hari ke-70, jumlah jemaah haji Indonesia yang telah tiba di Tanah Air sebanyak 89.724 orang.

Baca Juga: New Year Gaza 24 B

Hal tersebut disampaikan Kepala Biro, Humas Data dan Informasi Kemenag Akhmad Fauzin dalam keterangan pers, Jumat, 12 Agustus 2022 terkait perkembangan proses pemulangan jemaah haji Indonesia.

Baca Juga: Menkeu Sri Mulyani Sebut Kinerja Perekonomian Indonesia Impresif di Tengah Krisis, Ini Faktornya

Akhmad Fauzin menyampaikan bahwa jemaah haji Indonesia yang dipulangkan ke Tanah Air hari ini berasal dari sembilan kelompok terbang (kloter) ke enam Debarkasi sebanyak 2.430 orang.

Baca Juga: Survei LSI Denny JA: Elektabilitas PSI yang Dipimpin Kaesang Hanya 1,5 Persen, Gerindra Salip PDI Perjuangan

“Hari ini akan dipulangkan 9 kloter ke 6 Debarkasi. Dengan rincian Debarkasi JKS/Jakarta Saudia Bekasi sebanyak 2 kloter (635 orang), PDG/Padang) sebanyak 1 kloter (140 orang), PLM/Palembang) sebanyak 1 kloter (123 orang), SOC/Solo sebanyak 2 kloter (720 orang), SUB/Surabaya sebanyak 1 kloter (250 orang), dan UPG/Ujungpandang sebanyak 2 kloter (562 orang),” sambung Akhmad Fauzin.

Baca Juga: Kejagung Pastikan Jaksa Penuntut Umum Kasus Pembunuhan Brigadir J Profesional

Akhmad Fauzin juga menyampaikan bahwa data jemaah sakit sebanyak 14 orang. Dengan rincian, 13 orang dirawat di Rumah Sakit Arab Saudi (RSAS), dan 1 lainnya dirawat di Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI).

Baca Juga: Ditemani Erick Thohir, Prabowo Subianto Makan Siang Bersama Pelaku Usaha Muda

“Sementara, jemaah wafat bertambah 1 orang atas nama Munawara Side Rota, perempuan, 62 tahun, Nomor Paspor C65 38 954, kloter BPN 03, asal Embarkasi Balikpapan. Sehingga sampai hari ini jumlah jemaah wafat sebanyak 89 orang,” tandas Akhmad Fauzin.***

Berita Terkait