DECEMBER 9, 2022
Orbit Indonesia

Berbagai Survei Terbaru Menunjukkan: Elektabilitas Ganjar Semakin Moncer

image
Ganjar Pranowo, capres PDIP

ORBITINDONESIA.COM - Setelah sebelumnya Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) merilis hasil surveinya tentang elektabilitas tiga capres, dengan Ganjar Pranowo berada di posisi teratas mengungguli Prabowo Subianto dan Anies Baswedan. Kali ini, lembaga survei Charta Politika juga merilis hasil survei terbarunya.

Dalam survei Pilpres 2024, Ganjar Pranowo menempati urutan pertama yang diikuti Prabowo Subianto dan Anies Baswedan. Survei tersebut dilakukan pada tanggal 2-7 Mei 2023, melalui wawancara tatap muka secara langsung dengan menggunakan kuesioner terstruktur yang dirilis pada Senin, 15 Mei 2023.

Hasil survei disampaikan langsung oleh Direktur Eksekutif Charta Politika Yunarto Wijaya. Dia menyebutkan, jika Ganjar memperoleh 38,2 persen suara, sedangkan Prabowo mendapat 31,1 persen, disusul Anies dengan 23,6 persen dan sisa 7,1 persen dari jumlah responden yang tidak memberikan jawabannya atau tidak tahu.

Baca Juga: New Year Gaza 24 B

Baca Juga: Surya Paloh Mengadu Pada Publik Bisnisnya Terganggu, Taktik Playing Victim

“Dalam simulasi 3 nama, Ganjar Pranowo 38,2% menjadi pilihan tertinggi. Diikuti oleh Prabowo Subianto 31,1% dan Anies Baswedan 23,6%, 7,1% tidak tau” ujar Yunarto Wijaya yang disiarkan secara virtual, Senin, 15 Mei 2023.

Dari hasil tersebut, Ganjar menduduki posisi pertama unggul dari kedua pesaingnya Prabowo dan Anies. Jarak antara Ganjar dengan Prabowo terpantau cukup lebar sekitar 7 persen, sama seperti dalam survei yang dilakukan SMRC sebelumnya.

Baca Juga: Survei LSI Denny JA: Elektabilitas PSI yang Dipimpin Kaesang Hanya 1,5 Persen, Gerindra Salip PDI Perjuangan

Charta Politika menilai, Ganjar mengalami peningkatan yang cukup signifikan sedangkan Prabowo dan Anies justru menurun.

Dalam survei sebelumnya April 2023, elektabitas Ganjar sebesar 31,4 persen dan meningkat menjadi 38,2 persen pada Mei. Peningkatan tersebut dimulai saat Ganjar resmi dideklarasikan sebagai capres PDI Perjuangan.

Baca Juga: Begini Pesan Erick Thohir dan Jokowi Usai Kemenangan Timnas Indonesia di Final SEA Games 2023

Baca Juga: Ditemani Erick Thohir, Prabowo Subianto Makan Siang Bersama Pelaku Usaha Muda

Sedangkan, Prabowo dan Anies cenderung menurun jika dibandingkan dengan survei sebelumnya. Pada April 2023, elektabilitas Prabowo dan Anies masing-masing 31,4 persen dan 25,2 persen, turun sekitar 0,2 - 2 persen.

Kemudian, Charta Politika kembali melakukan uji simulasi statistik dengan kriteria pemilih yang mengenal ketiga capres, dengan hasil Ganjar 42,3 persen, Prabowo 29,0 persen dan Anies 23,4 persen.

Hasil tersebut dilakukan dengan tingkat pengenalan yang belum seimbang, di mana Prabowo dan Anies sudah mencapai di atas 90 persen, sedangkan Ganjar masih sekitar 86 persen. Sehingga, peluang Ganjar untuk memperbesar dukungan juga semakin terbuka.

Baca Juga: Yasonna H Laoly Dampingi Megawati Soekarnoputri Selama Jadi Juri Jayed Award 2023 di Roma

Baca Juga: Minta Maaf pada Timnas Indonesia, FA Thailand Akan Berikan Hukuman pada Pemain dan Tim yang Terlibat Keributan

Survei dilakukan dengan jumlah sampel sebanyak 1.220 responden, yang tersebar di 34 provinsi. Metodologi yang digunakan adalah metode acak bertingkat atau multistage random sampling dengan margin of error ± 2,82 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Responden yang terlibat dalam survei berusia minimal 17 tahun atau sudah memenuhi syarat pemilih. Survei dilakukan di seluruh provinsi di Indonesia dengan quality control 20 persen dari total sampel.

Baca Juga: Jadi Juri Zayed Award 2024, Megawati Diwawancarai Radio Vatikan

Ditambah lagi 61 persen dari relawan Jokowi-Ma'ruf juga telah menyatakan memilih Ganjar Pranowo sebagai presiden pada 2024 mendatang. Sisanya sebesar 18 persen memilih Prabowo Subianto. Anies Baswedan hanya mengantongi 14 persen saja. ***

MI

Berita Terkait