DECEMBER 9, 2022
Orbit Indonesia

Bawa 119 Prajurit dan Penumpang, KRI Teluk Hading 538 Milik TNI AL Terbakar, Begini Kondisi Kapal

image
Bawa 119 Prajurit dan Penumpang, KRI Teluk Hading 538 Milik TNI AL Terbakar, Begini Kondisi Kapal

ORBITINDONESIA.COM- Seluruh kru Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) Teluk Hading 538 milik TNI AL yang mengalami insiden kebakaran di sekitar 11 Nautical Mike (NM) Timur Selat Selayar, Sulawesi Selatan dipastikan selamat.

Kepala Dinas Penerangan Angkatan Laut (Kadispenal) Laksamana Pertama I Made Wira Hady Arsanta mengatakan KRI Teluk Hading 538 membawa personil 119 orang, dengan rincian kru kapal 62 orang dan 57 orang penumpang.

Kini KRI Teluk Hading 538 sedang dievakuasi menuju daratan. Lantas bagaimana kondisi kapal sebelum beroperasi?

Baca Juga: New Year Gaza 24 B

Baca Juga: Berikut Ini Profil dan Prestasi Taufik Hidayat, Pebulutangkis RI yang dihujat karena menyerang Lee Chong Wei

"Alhamdulillah, seluruh selamat. Tidak ada korban sementara dilaksanakan proses evakuasi seluruh kru kapal dibawa ke Makassar, " ujar Laksamana Hady, dikutip dari Antara, Sabtu 3 Juni 2023.

Ia menjelaskan, untuk kondisi kapal telah laik operasi dan bergerak dan Jakarta menuju pelaksanaan operasi rutin di wilayah kerja Komando Armada III.

Baca Juga: Survei LSI Denny JA: Elektabilitas PSI yang Dipimpin Kaesang Hanya 1,5 Persen, Gerindra Salip PDI Perjuangan

Dari informasi kejadian yang masuk ke Basarnas sekitar pukul 14.15 Wita.

Baca Juga: 5 Merek Hp Realme dengan RAM 12 GB, Dukung Aktivitas Multitasking Dilengkapi Triple Camera dengan Hasil Apik

Saat kejadian tersebut, kru kapal diselamatkan Kapal MV Golden Ice dan MV Grend Land yang menuju Makassar yang membantu pelaksanaan penyelamatan tersebut.

Baca Juga: Ditemani Erick Thohir, Prabowo Subianto Makan Siang Bersama Pelaku Usaha Muda

"Untuk kondisi sekarang kapal akan ditarik ke daratan terdekat. Pimpinan TNI AL sudah ucapkan terima kasih kepada pihak MV Golden Ace dan MV Green Wave yang membantu penyelamatan tersebut. Proses penyelamatan berjalan cukup cepat selama 30 menit," katanya.

Sebelumnya, KRI Teluk Hading-538 yang merupakan salah satu unsur KRI jajaran Satuan Lintas Laut Militer 1 Jakarta (Satlinlamil 1 Jakarta) Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) mengalami kebakaran kurang lebih pada posisi 05 37 853 Lintang Selatan-120 37 395 Bujur Timur, sekitar 11 NM Timur Selat Selayar atau 7 NM Tg Selasa, di wilayah Sulawesi Selatan.

Baca Juga: Detik Detik KRI Teluk Hading 538 Milik TNI AL Kebakaran di Selat Selayar, Begini Kondisi Prajurit

Baca Juga: Yasonna H Laoly Dampingi Megawati Soekarnoputri Selama Jadi Juri Jayed Award 2023 di Roma

Saat terjadi insiden kebakaran tersebut kapal berjenis Frosch-I/Type 108 ini sedang dalam menjalankan operasi rutin TNI AL.

Sejauh ini, tim dari TNI AL sedang melakukan penyelidikan penyebab kebakaran kapal tersebut.

Seluruh personel saat ini sudah dievakuasi di TB Bahtera Zalfa yang saat itu melintas di Tempat Kejadian Perkara (TKP). Sampai saat ini belum ada laporan mengenai adanya korban jiwa.

Baca Juga: Jadi Juri Zayed Award 2024, Megawati Diwawancarai Radio Vatikan

Sejumlah unsur TNI AL juga diturunkan untuk melakukan penyelamatan terhadap prajurit KRI Teluk Hading-538 diantaranya KRI Escolar-871, KRI Sultan Iskandar Muda (SIM)-367, KRI Sampari-628, KRI Terapang-648 dan KRI Tombak-629.

Upaya saat ini dilakukan untuk KRI Teluk Hading-538 akan ditarik menggunakan kapal tunda menuju daratan terdekat untuk selanjutnya TNI AL akan menurunkan tim untuk melakukan pemeriksaan penyebab terjadinya kebakaran.

Dapatkan informasi menarik lainnya dari ORBITINDONESIA.COM di Google News

Baca Juga: Dugaan Operasi Tangkap Tangan Gubernur Abdul Gani Kasuba, KPK Gelandang 3 Pejabat Maluku Utara ke Jakarta

 

Berita Terkait