DECEMBER 9, 2022
Orbit Indonesia

Perkumpulan Penulis Satupena Akan Diskusikan Pemikiran Islam Cak Nur, Gus Dur, dan Buya Syafii

image
Satupena akan diskusikan pemikiran Islam Cak Nur, Gus Dur dan Buya Syafii.

ORBITINDONESIA.COM - Perkumpulan Penulis Indonesia, SATUPENA, akan mengadakan diskusi tentang pemikiran Islam Nurcholish Madjid (Cak Nur), KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur), Ahmad Syafii Maarif (Buya Syafii) dan pengaruhnya untuk Islam di Indonesia.

Obrolan Hati Pena #89 tentang pemikiran Islam Cak Nur, Gus Dur, dan Buya Syafii itu akan berlangsung di Jakarta pada Kamis, 15 Juni 2023, pukul 19.00-21.00 WIB.

Akan berbicara Prof Dr Komaruddin Hidayat, Rektor Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII). Diskusi bertema pemikiran Islam Cak Nur, Gus Dur, dan Buya Syafii itu akan dipandu oleh Elza Peldi Taher dan Swary Utami Dewi.

Baca Juga: Ganjar Pranowo Deklarasikan Diri Jadi Oposisi di Kabinet Prabowo-Gibran untuk Tegakkan Keseimbangan

Baca Juga: Dampak El Nino, Potensi Kasus Penularan DBD di Indonesia Justru Meningkat, Ini Penjelasannya

Panitia webinar menyatakan, tak diragukan lagi, Cak Nur, Gus Dur dan Buya Syafii Maarif adalah tiga sosok yang telah mengubah peta dan perjalanan Islam di Indonesia kontemporer, khususnya dalam 50 tahun terakhir.

Ketiganya adalah anak kandung dari zaman pergolakan, masa ketika perbenturan antara Islam dan negara kerap melahirkan perasaan saling curiga, permusuhan diam diam. Bahkan juga konflik kekerasan antara umat Islam dan pemerintah.

Baca Juga: Anindito Aditomo: Literasi Siswa tentang AI Jadi Kunci Mencapai Peningkatan Mutu dan Kecakapan di Era Digital

Namun, karena kiprah ketiga guru bangsa itulah, kaum muslimin akhirnya dapat bertransformasi kesadarannya, dari kesadaran keumatan menuju kesadaran kebangsaan.

Baca Juga: Polisi Ini Bopong Kernet Truk yang Cedera Setelah Terjepit dalam Kecelakaan

Mereka bertiga merupakan “pembentuk Islam Indonesia,” yang kini dikenal dunia sebagai Islam yang damai, inklusif, moderat dan bercita rasa intelektual.

Baca Juga: KPU Kota Cirebon Mulai 5 Mei 2024 Buka Pendaftaran Calon Perseorangan pada Pilkada 2024

Pemikiran Islam apa yang mereka tawarkan? Bagaimana dampak pemikiran tiga pendekar ini bagi Islam dan kebangsaan di Indonesia ?

Kini ada buku “Dunia Islam Indonesia Dalam Perspektif Pemikiran Nurcholish Madjid, Abdurrahman Wahid, Ahmad Syafii Maarif.”

Baca Juga: Catat! Inilah Jadwal Puncak Hujan Meteor yang Akan Terjadi di Tahun 2023: Sayang untuk Dilewatkan Loh

Baca Juga: Bupati Ahmad Muhdlor Ali Dijadwalkan Penuhi Panggilan KPK Terkait Kasus Korupsi di BPPD Sidoarjo Jawa Timur

Buku ini akan sangat membantu dalam memahami perkembangan pemikiran Islam Indonesia kontemporer dan pengaruh ketiga tokoh tersebut. Komaruddin Hidayat dan Ahmad Gaus adalah editor buku ini.

Webinar ini bisa diikuti di link zoom: https://s.id/hatipena89. Juga melalui livestreaming, Youtube Channel: Hati Pena TV. Facebook Channel: Perkumpulan Penulis Indonesia – Satupena. Disediakan sertifikat bagi yang membutuhkan.***

Silakan simak berita lain ORBITINDONESIA.COM di Google News.

Berita Terkait