DECEMBER 9, 2022
Orbit Indonesia

Claire Black: Bagaimana Bangkit Setelah Perpisahan

image
Penulis Claire Black

ORBITINDONESIA - Penulis Claire Black bertanya: Bagaimana jika orang yang paling dekat denganmu adalah orang yang paling berpotensi melukaimu? Bagaimana jika pernikahan yang paling kamu harapkan sebagai sumber bahagia justru membuatmu merasa sangat menderita?

Menghadapi perpisahan pastilah bukan hal mudah. Claire Black tahu itu. Ada berbagai kenangan yang tidak hanya manis dan menyenangkan, tapi juga pahit dan menyimpan trauma tersendiri.

Tahun 2008, Claire Black mengalami situasi pahit itu. Perceraian. Merasa dikhianati, sakit hati, bingung, takut. Lalu hidup, menjadi sangat sukar untuk dilanjutkan.

Baca Juga: Bursa Transfer Liga 1: Resmi, Rizky Pellu CLBK dengan PSM Makassar

Baca Juga: Hasil Liga 1: RANS Nusantara FC Takluk Atas PSM Makassar, Gol Telat Everton Jadi Penentu

Namun, alih-alih terus tenggelam dalam kesedihan, ia memilih untuk bangkit, melanjutkan hidup, dan menulis buku. Dia juga menjadi semacam pendamping bagi orang-orang yang mengalami perceraian, baik saat menjalani prosesnya maupun pemulihan setelahnya.

Claire menyadari bahwa dia bukanlah satu-satunya orang yang merasakan betapa menyakitkannya perceraian. Dunia seperti sudah berakhir. Dia tidak ingin bangkit sendirian.

Baca Juga: Ingin Berkebun Tapi Halaman Sempit, Ini Tips Budidaya Kangkung dengan Sistem Hidroponik

Melalui bukunya, Break-Up: From Crisis to Confidence, Claire mengajak para pembacanya untuk menjadikan diri sendiri lebih berarti. Terlepas dari apa yang terjadi dalam hidupmu, kamu bisa tetap melanjutkannya. Pelan-pelan, sedikit demi sedikit.

Dalam buku ini, para pembaca seolah dituntun untuk melihat situasi yang telah terjadi atau yang sedang dialami secara berbeda.

Baca Juga: Mengajak Anak Berpetualang dengan Buku

Baca Juga: Kemenkumham DKI Gelar Diseminasi Penjaringan Calon Pemberi Bantuan Hukum, Ibnu Chuldun: Semangat Mengabdi

Dengan strategi, cara pandang, dan hal-hal yang bisa dilakukan dalam keseharian, Claire menuntun pembacanya untuk menjadi lebih baik bersama-sama. Saat waktu-waktu sulit itu datang, kamu tidak sendirian.

Di buku ini, ia tidak menyampaikan ceramah atau motivasi yang bisa membuat pembacanya merasa dihakimi. Dia memberikan panduan atau cara-cara sederhana yang bisa dipraktikkan langsung.

Misalnya, dengan menulis. Pembaca diajak untuk menceritakan perasaannya dengan jujur, memikirkan kembali apa yang bisa membuatnya lebih bahagia sehingga bisa berdamai dengan kondisi yang sulit atau menyakitkan.

Baca Juga: Piala AFF U19: Kalahkan Filipina 5-1, Peluang Indonesia ke Semifinal Tetap Terbuka

Para pembaca bisa menuliskannya di buku ini. Tepatnya pada lembaran yang telah Claire sengaja siapkan. Hal semacam inilah yang kemudian menuntut kita untuk berpikir lebih mendalam, lebih jujur, dan lebih jernih.

Baca Juga: Thomas Tuchel Terancam Denda Usai Kritik dan Menyudutkan Wasit Anthony Taylor

Claire sendiri menyadari bahwa kehadiran orang-orang terdekat ketika menghadapi masa sulit sangatlah berarti. Dia mengaku mendapatkan beberapa saran atau nasihat dari teman-temannya.

Baca Juga: Piala Dunia U20: Uruguay dan Korea Selatan Amankan Tiket Semifinal

Seperti yang disampaikannya dalam sebuah wawancara bersama Industry Leaders, “Nasihat luar biasa lainnya yang tidak akan pernah aku lupakan adalah bahwa kamu selalu punya pilihan. Apa pun yang terjadi dalam hidupmu, kamu selalu punya pilihan untuk mengambil sikap yang mana.

Masa-masa sulit dalam hidup bisa terjadi kapan saja. Tidak melulu melalui perceraian atau perpisahan. Buku ini selalu terbuka bagi siapa saja yang menganggap dunia sudah berakhir, atau yang sedang berjuang menatanya kembali.

Judul Buku      : Break-Up From Crisis to Confidence

Baca Juga: Prediksi Dampak El Nino di Indonesia, Produktivitas Panen Padi Berkurang 5 Juta Ton

Penulis           : Claire Black

Penerbit         : Forward Thinking Publishing

Tahun Terbit  : 2020

Baca Juga: SEA Games 2023: Prediksi dan Link Streaming Indonesia Melawan Myanmar, Waktunya Raih Puncak Klasemen

 

Sumber: Aplikasi Buku Pintar AHA

Peringkas: Hana Hanifah

Baca Juga: Survei Charta Politika: Bobby Nasution Ungguli Edy Rahmayadi di Sumatra Utara

Editor: Satrio Arismunandar***

Berita Terkait