DECEMBER 9, 2022
Orbit Indonesia

Bagaimana Stok Hewan Kurban Jelang Idul Adha 2023 di 10 Dzulhijjah 1444 H? Ini Kata Kementan

image
Kementan ungkap stok hewan kurban untuk Idul Adha 1444 H aman.

ORBITINDONESIA.COM – Salah satu hal yang jadi perhatian jelang perayaan Idul Adha di tahun 2023 ini adalah ketersediaan stok hewan kurban.

Baik itu Kambing maupun Sapi, stok hewan kurban jelang perayaan Hari Raya Idul Adha pada 10 Dzulhijjah mendatang jelas wajib jadi perhatian.

Baca Juga: Bursa Transfer Liga 1: Resmi, Rizky Pellu CLBK dengan PSM Makassar

Pasalnya pada saat pelaksanaan Hari Raya Idul Adha yang akan jatus pada 29 Juni 2023 mendatang, kebutuhan akan stok hewan kurban tentu saja akan meningkat.

Baca Juga: Fix, Pemerintah Resmikan Libur Idul Adha 1444H dan Cuti Bersama, Ini Dia Tanggalnya

Pemerintah lewat Kementerian Pertanian (Kementan) perlu menjamin ketersediaan hewan Kambing dan Sapi yang akan dijadikan kurban pada hari raya nanti.

Baca Juga: Ingin Berkebun Tapi Halaman Sempit, Ini Tips Budidaya Kangkung dengan Sistem Hidroponik

Pemenuhan permintaan hewan kurban tentunya harus selalu diperhatikan oleh pemerintah setiap tahunnya, jangan sampai terjadi lonjakan harga akibat suplai yang tak sebanding dengan permintaan.

Berdasarkan data Kementan antara tahun 2019 hingga 2023, terjadi kenaikan jumlah stok hewan kurban untuk pemenuhan kebutuhan Idul Adha bagi umat Islam.

Baca Juga: Menyambut Hari Raya Idul Adha 2023, Catat Inilah 3 Golongan Orang yang Berhak Menerima Daging Kurban

Baca Juga: Kemenkumham DKI Gelar Diseminasi Penjaringan Calon Pemberi Bantuan Hukum, Ibnu Chuldun: Semangat Mengabdi

Terhitung pada tahun 2019, Kementan mengestimasi tingkat kebutuhan masyarakat akan hewan kurban mencapai 1,346 juta ekor.

Angka tersebut terdiri dari 376 ribu ekor sapi, 12,9 ribu ekor kerbau, kemudian 716 ribu ekor kambing, serta 241 ribu ekor domba.

Kemudian pada tahun 2020, terdapat kenaikan permintaan terhadap hewan kurban dari yang sebelumnya hanya 1,34 juta ekor menjadi 1,80 juta ekor.

Baca Juga: Piala AFF U19: Kalahkan Filipina 5-1, Peluang Indonesia ke Semifinal Tetap Terbuka

Baca Juga: Apa Arti Tanggal 1 Dzulhijjah dan Perbedaannya dengan Hari Raya Idul Adha, Simak Penjelasannya Berikut Ini

Pada tahun tersebut, hewan kurban dengan stok terbanyak ada pada Kambing yang mencapai 853 ribu ekor, sementara Kerbau hanya 15,6 ribu ekor dan sisanya Sapi.

Sayangnya di tahun 2021 terjadi sedikit penurunan stok hewan kurban dari yang sebelumnya mencapai 1,80 juta pada tahun 2020, menjadi 1,76 juta di tahun 2021.

Baca Juga: Piala Dunia U20: Uruguay dan Korea Selatan Amankan Tiket Semifinal

Lalu peningkatan kembali terjadi pada periode tahun 2022, di mana stok hewan kurban menjadi 2,2 juta ekor yang terdiri dari empat jenis hewan kurban.

Baca Juga: Hukum Puasa Arafah Dan Amalan Sunnah Yang Bisa Dilakukan Menjelang Idul Adha 2023

Padahal di tahun 2022, angka kebutuhan masyarakat akan hewan kurban hanya mencapai angka 1,8 juta ekor, sehingga terdapat angka surplus sebesar 4 ratusan ribu ekor.

Baca Juga: Prediksi Dampak El Nino di Indonesia, Produktivitas Panen Padi Berkurang 5 Juta Ton

Dan pada momen Hari Raya Idul Adha yang jatuh pada 29 Juni 2023 mendatang, Kementan mencatat terdapat kenaikan stok hewan kurban.

Dalam laman resminya ditjenpkh.pertanian.go.id menyampaikan bahwa jumlah ketersediaan hewan kurban di tahun ini mencapai 2,737 juta ekor.***

Kamu bisa mendapatkan beragam informasi dan artikel lainnya dari OrbitIndonesia.com di Google News.

Berita Terkait