DECEMBER 9, 2022
Orbit Indonesia

Inilah Trik Mengolah dan Konsumsi Daging Kambing Tanpa Takut Kolesterol serta Hipertensi Kumat Usai Idul Adha

image
Berikut ini trik dalam mengolah dan konsumsi daging kambing agar hipeternsi dan kolesterol anda tetap terjaga

 

ORBITINDONESIA.COM - Saat Idul Adha tiba, kalian mungkin akan lebih banyak mengkonsumsi daging merah terutama daging kambing.

Sayangnya, daging kambing sering dipercayai dapat meningkatkan kolesterol dan menyebabkan kolesterol dan hipertensi sehingga banyak orang menghindari konsumsi daging kambing saat Idul Adha tiba.

Padahal menurut penelitian, daging kambing memiliki kalori dan lemak yang lebih sedikit daripada daging sapi.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Warung Makan Paling Terkenal di Jakarta Selatan, Cita Rasanya Bikin Nagih

Meski demikian bukan berarti daging kambing tak berkontribusi terhadap kenaikan kolesterol maupun hipertensi.

Maka dari itu, berikut cara mengolah daging kambing agar lebih rendah kalori dan lemak sehingga aman dikonsumsi untuk penderita kolesterol maupun hipertensi:

1. Mulailah memilih bagian daging yang paling sedikit kandungan lemaknya seperti bagian punggung atau kaki.

Baca Juga: Hindari Konflik Kepentingan, Aga Thohir Mundur dari Komisaris Persis Solo

2. Pilihlah daging yang masih segar dan berwarna cerah, berbau khas, serta teksturnya masih kenyal. Jangan lupa buang sisa lemak sebelum memasaknya.

3. Selain menggoreng atau membakarnya, kamu juga bisa mengolah daging kambing dengan cara direbus atau dikukus dilengkapi dengan sayuran segar agar dapat mengurangi lemak dalam daging.

4. Memasak daging dengan cara memanggang juga lebih baik, kamu nggak membutuhkan tambahan minyak saat memasaknya karena cukup panggang daging tersebut sampai medium rare untuk hasil daging yang lebih empuk dan juicy.

Baca Juga: HP Oppo Find X6 Pro Bakal Saingan dengan iPhone Pro Max, Intip Harga dan Spesifikasi Terlengkapnya di Sini

5. Jika kalian ingin membuat sup atau masakan yang berkuah, rebus daging terlebih dahulu lalu buang kaldunya untuk meminimalisir lemak-lemak jahatnya.

6. Kalian juga bisa memasak olahan kuah daging sehari sebelumnya dan membiarkannya dingin kemudian lemak yang mengapung di permukaan atas bisa kalian hilangkan sebelum memanaskannya kembali untuk dikonsumsi.

7. Karena dalam daging kambing sudah mengandung banyak lemak, hindari menggunakan bahan tambahan yang juga mengandung banyak lemak seperti santan atau minyak goreng.

Baca Juga: Viral Mahasiswi KKN di Padang Kena Getahnya karena Video Ngeluh Tidak ada Air, Tuai Hujatan Netizen

8. Batasi juga pemanis berlebih saat mengolah daging kambing, misalkan kecap manis, gula pasir, atau pun gula merah karena hanya akan menambah kalorinya

9. Kurangi pemberian garam yang berlebih ketika memasak daging kambing. Sebaliknya, perbanyak rempah seperti cengkih, lada hitam, atau kunyit

10. Gunakan rak untuk mengalirkan lemak dan minyak ketika daging selesai dimasak, dipanggang atau dibakar. Bukan dengan mengolesinya dengan anggur, jus buah atau bumbu yang berbahan dasar minyak.

Baca Juga: Pantai Indrayanti, Hidden Gem di Yogyakarta Sebagai Destinasi Wisata Atraktif yang Memberikan Petualangan Baru

11. Agar hasilnya makin maksimal, sajikan daging kambing bersama makanan yang mengurangi kadar kolesterol seperti mentimun, belimbing, kacang-kacangan, apel, nanas, stroberi, jeruk, atau oatmeal.

12. Selezat apapun masakan daging kambing yang kamu buat, tetap batasi jumlahnya saat kamu menikmatinya. Semakin banyak daging kambing yang kalian konsumsi, semakin banyak juga lemak dan kolesterol yang masuk ke dalam tubuh.

Baca Juga: Kanwil Kemenkumham DKI Beri Penyuluhan Hukum ke Pelaku UMKM Jakarta Utara

Itulah trik mengolah dan mengkonsumsi daging kambing yang bisa kalian terapkan saat Idul Adha nanti.***

Berita Terkait