DECEMBER 9, 2022
Orbit Indonesia

Profil Lengkap Vasco Ruseimy, Sosok Youtuber dan Tokoh Muda Minang yang Kini Bersinar di Kancah Politik

image
Vasco Ruseimy, Sang Youtuber Tokoh Muda Minang, Ini Profil Lengkapnya. (YouTube: Macan Idealis)

ORBITINDONESIA.COM – Vasco Ruseimy kini makin mengukuhkan namanya sebagai salah satu youtuber paling terkemuka di tanah air. Melalui channel youtube miliknya, Macan Idealis, sang Tokoh Muda Minang ini kerap menghadirkan tema-tema podcast yang menjadi sorotan masyarakat.

Berbagai tokoh terkemka berhasil Vasco Ruseimy undang di kanal Macan Idealis. Ia pun disebut sebagai salah satu tokoh muda Minang yang bersinar di kancah politik nasional.

Tak hanya sebagai youtuber melalui Macan Idealis, Vasco Ruseimy ternyata memang memiliki latar belakang yang beragam. Sang tokoh muda Minang ini rupanya juga merupakan politisi dan pengusaha, dengan latar belakang pendidikan yang meyakinkan.

Baca Juga: New Year Gaza 24 B

Baca Juga: Ganjar Pranowo, Pemimpin yang Berintegritas dan Inovatif untuk Indonesia.

Berikut adalah profil lengkap Vasco Ruseimy. Ia lahir pada 13 Juli 1986. Setelah menamatkan pendidikan di SMA 1 Jakarta Boedi Oetomo pada tahun 2004, ia melanjutkan kuliah di Universitas Indonesia (UI).

Di kampus bersejarah itu, Vasco Ruseimy memilih jurusan yang cukup prestis, yakni Jurusan Teknik Gas dan Petrokimia.

Baca Juga: Survei LSI Denny JA: Elektabilitas PSI yang Dipimpin Kaesang Hanya 1,5 Persen, Gerindra Salip PDI Perjuangan

Menyandang latar belakang sebagai teknokrat, Vasco Ruseimy tak ragu untuk tetap terjun dalam dunia aktivisme dan pergerakan. Hal ini tak mengherankan karena sejak masih remaja, ia memang sudah aktif di organisasi.

Baca Juga: Wakil Presiden Ma’ruf Amin: Revisi UU Peradilan Militer Sesuatu yang Wajar

Seperti OSIS dan Patroli Keamanan Sekolah.Hal itu berlanjut saat di bangku kuliah. Vasco aktif di Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM).

Baca Juga: Ditemani Erick Thohir, Prabowo Subianto Makan Siang Bersama Pelaku Usaha Muda

Selanjutnya, Vasco mulai aktif di dunai politik praktis. Ia bergabung di sejumlah organisasi sayap Partai Golkar.

Karir politik Vasco berlanjut dengan di beri kepercayaan di sejumlah posisi strategis di partai berlambang beringin beserta organisasi sayapnya. Mulai dari Ketua DPP Gema MKGR, Ketua DPP MKGR serta Wakil Ketua Umumj AMPI hingga tahun 2018.

Baca Juga: Terungkap Inilah Alasan Kenapa Suguru Geto Berubah Menjadi Jahat di Anime Jujutsu Kaisen Season 2

Baca Juga: Yasonna H Laoly Dampingi Megawati Soekarnoputri Selama Jadi Juri Jayed Award 2023 di Roma

Terakhir, Vasco dipercaya sebagai Wakil Sekjen DPP Partai Golkar hingga tahun 2018. Konflik internal yang berujung dualisme partai membuat sang tokoh muda Minang memutuskan hijrah.

Ia bergabung ke Partai Berkarya yang didirikan Tommy Soeharto. Di partai itu, Vasco dipercaya sebagai Ketua DPP. Namun itu tak lama.

Kharisma Prabowo Subianto membuat Vasco berpindah partai. Itu terjadi pada tahun 2018 atau setahun jelang Pemilu 2019.

Baca Juga: Jadi Juri Zayed Award 2024, Megawati Diwawancarai Radio Vatikan

Vasco mendapat amanah strategis sebagai salah satu juru bicara dan Wakil Direktur IT Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi.

Setelahnya, Vasco dipercaya sebagai Staf Khusus Wakil Ketua DPR, Fadli Zon.

Vascopun masuk dan dipercaya menjadi Ketua DPP Partai Gerindra.

Baca Juga: Dugaan Operasi Tangkap Tangan Gubernur Abdul Gani Kasuba, KPK Gelandang 3 Pejabat Maluku Utara ke Jakarta

Pendapatan besar sebagai youtuber tidak membuat Vasco lupa untuk berkhidmat kepada umat. Ia aktif di sejumlah organisasi massa (ormas) Islam.

Vasco bahkan tercatat sebagai salah satu pendiri dan menjadi Wakil Ketua Umumn Syarikat Kebangkitan Pemuda Islam (SKPI).

Selain itu, Vasco juga menjadi Wasekjen Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI), Wakil Ketua Dewan Pakar DPP Gekrafs serta Ketua BPP Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI).

Baca Juga: BMKG: Hujan Lebat Berpotensi Turun di Beberapa Kota

Dengan berbagai latar belakang pengalaman yang mentereng itulah, Partai Gerindra tak ragu mempercayai Vasco Ruseimy menjadi Caeg DPR RI di Pemilu 2024 mendatang.

Sang tokoh muda Minang ini dipercaya menjadi Caleg DPR RI di dapil Sumatera Barat 1. Ia ditugaskan untuk pulang kampung, memperjuangkan aspirasi di kampung halaman tercinta. ***

Berita Terkait