DECEMBER 9, 2022
Orbit Indonesia

Rangkuman Pergelaran JFC 2023 Selama 3 Hari, Sambut Pesta Demokrasi hingga IKN

image
Rangkuman Pergelaran JFC 2023 Selama 3 Hari, Sambut Pesta Demokrasi hingga IKN

ORBITINDONESIA.COM- Pergelangan Jember Fashion Carnival (JFC) 2023 masih membekas di hati masyarakat. Sejak pandemi COVID 19, ajang ini tak begitu meriah, dan kini kembali menyedot perhatian masyarakat.

Dengan tema besar ‘Timelapse: The Journey of The Earth’, JFC 2023 menampilkan beberapa desain fesyen yang menceritakan perjalanan bumi dari awal penciptaannya hingga saat ini.

Khususnya, JFC 2023 juga mengangkat tema menyambut pesta demokrasi di pemilu 2024. Pesta demokrasi digambarkan sebagai momentum untuk berbahagia, bukan saling adu domba.

Baca Juga: New Year Gaza 24 B

Baca Juga: 248 Personel Aparat Gabungan Amankan Pengesahan Warga Baru PSHT di Wilayah Bondowoso

Lewat kostum, pagelaran JFC juga menggambarkan semangat menyambut Ibu Kota Nusantara (IKN).

Jember Fashion Carnaval dilaksanakan selama 3 hari, yaitu tanggal 4-6 Agustus 2023. Jadwalnya pada tanggal 4 Agustus adalah Wonderful Archipelago Carnival Indonesia (WACI).

Baca Juga: Survei LSI Denny JA: Elektabilitas PSI yang Dipimpin Kaesang Hanya 1,5 Persen, Gerindra Salip PDI Perjuangan

Pets Carnival dan Artwear Carnival, pada tanggal 5 Agustus World Kids Carnival dan Grand Carnival, kemudian Stage Performing Art pada 6 Agustus 2023.

Baca Juga: Opini Denny JA: Kasus Rocky Gerung dan Wilayah Abu-abu

Untuk diketahui, karnaval fesyen bertaraf dunia ini telah memasuki tahun ke 21, setelah sebelumnya sempat vakum karena pandemi Covid-19.

Baca Juga: Ditemani Erick Thohir, Prabowo Subianto Makan Siang Bersama Pelaku Usaha Muda

Bupati Jember Hendy Siswanto bersama Presiden Jember Fashion Carnaval (JFC) Budi Setiawan membuka Grand Carnival, yang merupakan acara puncak perhelatan JFC, Sabtu malam 05 Agustus 2023.

Grand Carnival tersebut dimulai dengan penampilan komunitas musik kreatif lokal asal Jember, Lingkar Kreatif Independen atau Linkrafin.

Baca Juga: Punya Hubungan Khusus, Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo Pernah Sebut Ifana Abdurahman Keponakan Istri

Baca Juga: Yasonna H Laoly Dampingi Megawati Soekarnoputri Selama Jadi Juri Jayed Award 2023 di Roma

Linkrafin membawakan sajian lagu bertajuk ‘Simphony People of Sadeng’ yang sekaligus mengenalkan Kerajaan Sadeng asal Jember, Jawa Timur.

Berbagai musik etnik modern, serta pemberontakan Sadeng yang dibawakan Linkrafin pun sukses memukau penonton.

Selanjutnya, penonton disajikan penampilan dua penyanyi yakni Allan Anderson dan Erika Carlina.

Baca Juga: Jadi Juri Zayed Award 2024, Megawati Diwawancarai Radio Vatikan

Baca Juga: Auto Kaya, Ternyata Konten Kreator dengan Follower 1k di TikTok Bisa Dapat Penghasilan Uang Segini...

Kemudian acara dilanjutkan dengan peragaan busana, yang diawali Puteri Indonesia 2023 Farhana Nariswari, Puteri Indonesia Lingkungan 2023 Yasinta Aurellia.

Tak ketinggalan juga istri Wakil Gubernur Jawa Timur, Arumi Bachsin, model Sarah Gabriella Tumiwa, artis Yuki Kato serta Prilly Latuconsina tampil elok nan mempesona pada malam puncak JFC 2023.

Baca Juga: Dugaan Operasi Tangkap Tangan Gubernur Abdul Gani Kasuba, KPK Gelandang 3 Pejabat Maluku Utara ke Jakarta

Hendy Siswanto sendiri mengenakan kostum bertemakan IKN atau Ibu Kota Negara yang tergabung dalam kelompok defile Nusantara, pada malam Grand Carnival Jember Fashion Carnaval (JFC), Sabtu 05 Agustus 2023.

Defile Nusantara juga diikuti oleh Ketua TP PKK Jember Dra. Hj. Kasih Fajarini, para pegawai Pemkab Jember, serta Kepala Kepolisian Resor Jember AKBP. Moh. Nurhidayat.

Dalam sambutannya Hendy Siswanto menyampaikan, Jember Fashion Carnaval yang merupakan acara tahunan Kabupaten Jember telah mampu menggerakkan industri kreatif dan pariwisata yang memberikan dampak positif bagi daerah.

Baca Juga: BMKG: Hujan Lebat Berpotensi Turun di Beberapa Kota

Bupati Hendy menegaskan, JFC adalah asli dari Kabupaten Jember yang bertaraf dunia.

“Namun JFC bukan hanya dimiliki masyarakat Kabupaten Jember, JFC sudah menjadi kebanggaan bangsa Indonesia untuk dunia. JFC menjadi kebanggaan peradaban dan kemanusiaan, sebab JFC lahir dari nilai-nilai kearifan lokal, JFC lahir dari kekuatan prinsip-prinsip sinergi, kolaborasi dan tentunya akselerasi,” ujar Bupati Hendy Siswanto.

Ia menambahkan, perhelatan JFC ini merupakan salah satu dari beberapa acara besar yang dilaksanakan Pemkab Jember menjelang tutup tahun 2023.

Baca Juga: Peringati Hari Bela Negara, Ibnu Chuldun: Bersatu dan Berkontribusi untuk Indonesia Maju

Ada Jember Kota Cerutu Indonesia (JKCI), Jember Fashion Carnaval, Jember Scooter Fest, serta Asian Music Games.

Grand Carnival JFC 2023 ini berlangsung sangat meriah, diikuti beberapa model dan artis di antaranya Puteri Indonesia 2023 Farhana Nariswari, Puteri Indonesia Lingkungan 2023 Yasinta Aurellia, tak ketinggalan juga istri Wakil Gubernur Jawa Timur, Arumi Bachsin, model Sarah Gabriella Tumiwa, artis Yuki Kato serta Prilly Latuconsina***

Berita Terkait