DECEMBER 9, 2022
Orbit Indonesia

Gubernur Mahyeldi: Enterpreneur di Sumatra Barat Bertambah 40 Ribu Orang Sejak 2021

image
Mahyeldi meresmikan usaha kuliner yang digagas oleh pengusaha muda di Padang, Sabtu 12 Agustus 2023.

ORBITINDONESIA.COM - Gubernur Mahyeldi mengungkap, jumlah enterpreneur atau pengusaha di Sumatra Barat sudah bertambah 40 ribu orang terhitung sejak 2021.

"Salah satu program unggulan kita sejak dilantik pada 2021 adalah menciptakan 100 ribu entrepreneur,” kata Mahyeldi ketika meresmikan salah satu usaha kuliner anak muda di GOR Agus Salim di Padang, Sabtu 12 Agustus 2023.

Baca Juga: Liga Champions: Disiarkan Langsung SCTV Kamis Dini Hari WIB, Real Madrid Melawan Bayern Muenchen

Mahyeldi mengatakan, untuk menciptakan 100 ribu enterpreneur itu, semua pihak terutama Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dilibatkan secara aktif.

Baca Juga: Sumatra Barat dan Phnom Phen Teken Kerja Sama Sister Province

Beberapa OPD seperti Dinas Koperasi dan UKM, Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Dinas Pariwisata yang juga membidangi ekonomi kreatif menjadi andalan melalui programnya.

Baca Juga: Presiden Jokowi Tanggapi Santai Fotonya Hilang di Kantor DPD PDIP Sumatra Utara

Ia mengatakan usaha bersama tersebut telah menunjukkan hasil yang baik, meskipun ke depan harus terus dicari langkah-langkah untuk akselerasi agar target bisa terealisasi pada 2026 sesuai RPJMD 2021-2026.

Menurutnya, menciptakan 100 ribu enterpreneur itu tidak terbatas hanya di dalam Sumatra Barat, tapi juga di luar negeri.

Hal itu bukan tidak mungkin, karena Sumatra Barat telah memiliki modal yaitu dengan ditetapkannya rendang sebagai salah satu makanan terlezat di dunia.

Baca Juga: Imigrasi Jakarta Barat Amankan 2 Warga Negara Asing Asal Nigeria dan Kamerun

Baca Juga: Sumatra Barat Tampaknya Masih Jadi Lumbung Suaranya Prabowo, Ribuan Orang Menyambutnya di Bukit Gombak

"Artinya, dunia sebenarnya sudah mulai mengenal kualitas kuliner dari Sumatra Barat. Selain itu nama Nasi Padang juga sudah banyak dikenal. Kini tinggal mengambil kesempatan yang telah terbuka itu untuk mengembangkan potensi hingga keluar negeri," katanya.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sumatra Baratr, Novrial aktif untuk memberi sosialisasi, pendampingan sampai memfasilitasi industri kecil dan menengah (IKM) di daerah itu agar terus tumbuh. ***

Berita Terkait