DECEMBER 9, 2022
Orbit Indonesia

Jeremy Doku Resmi Berseragam Manchester City, Ini Kualitasnya Menurut Kylian Mbappe

image
Kevin De Bruyne dan Kylian Mbappe memuji kualitas pemain baru Manchester City, Jeremy Doku

 

ORBITINDONESIA.COM - Manchester City secara resmi memperkenalkan pemain baru mereka, Jeremy Doku, untuk mengarungi Liga Inggris musim ini.

Jeremy Doku ditebus oleh Manchester City dari klub kontestan Liga Perancis, Stade Rennais, dengan mahar sebesar 55,5 juta pounds.

Nantinya, Jeremy Doku akan menandatangani kontrak bersama Manchester City selama lima tahun kedepan dengan prospek yang menjanjikan.

Baca Juga: Atasi Badai Cedera dan Krisis Pemain, Manchester City Datangkan Jeremy Doku dari Rennes

Doku menjadi rekrutan ketiga City musim ini setelah sebelumnya mereka mendatangkan dua pemain asal Kroasia, Mateo Kovacic dan Josko Gvardiol, yang sudah bergabung lebih dulu.

Pemain Internasional Belgia tersebut merupakan bakat muda yang kian menunjukkan sinarnya di dunia sepakbola Eropa.

Bakatnya sudah terlihat sejak dirinya masih berusia enam belas tahun pada tahun 2018 lalu.

Baca Juga: Madura United Gagal Raih Kemenangan Atas Bhayangkara FC di Pekan ke 10 BRI Liga 1: Banyak Buang Peluang!

Kala itu, Doku memulai karir seniornya bersama klub asal kampung halamannya, Anderlecht, dengan mencatatkan 37 pertandingan dan mengoleksi 6 gol.

Pencapaian yang sangat luar biasa tersebut kemudian membuatnya dilirik oleh klub asal Perancis, Rennes, yang menebusnya pada tahun 2020.

Bersama klub Perancis tersebut, Doku mencatatkan 92 pertandingan serta mencetak dua belas gol dan sepuluh assist dari seluruh pertandingan bersama klub.

Baca Juga: Hasil Pekan ke 10 BRI Liga 1, Persik Kediri Melawan PSIS Semarang Berakhir Tanpa Pemenang

Bersama Timnas Belgia, Doku sudah mencatatkan 14 pertandingan sejauh ini. Dia juga masuk dalam skuad Timnas Belgia di Euro 2020 dan Piala Dunia 2022 kemarin.

Segudang pengalamannya bermain di kasta tertinggi sepakbola seperti Liga Champions, Euro, dan Piala Dunia, membuat bakat Doku semakin terlihat.

Kemampuannya dalam menggiring bola, melakukan passing akurat, mencari ruang, dan tembakkan akurat menjadikannya sebagai salah satu pemain muda yang wajib diperhitungkan.

Baca Juga: 6 Alasan Masyarakat Jepang Punya Kebiasaan Mengasingkan Diri

Tidak heran jika Manchester City berani menebus mahal pemain berusia 21 tahun tersebut dan menjadikannya sebagai prospek jangka panjang mereka.

The Citizen akan menjadikan Doku sebagai pengganti dari Riyad Mahrez yang sebelumnya hijrah ke Liga Arab bersama klub Al-Hilal.

Meski statistik yang dimilikinya kala berseragam Rennes belum bisa menyamai Mahrez bersama City, namun itu bukanlah masalah besar.

Baca Juga: Menterti Yasonna H Laoly Bawa Indonesia Bangun Kerja Sama dengan dan Belanda Perangi Kejahatan Transnasional

Kapten Manchester City sekaligus rekan satu tim Jeremy Doku di Timnas Belgia, Kevin De Bruyne, pernah melayangkan pujian terhadapnya di tahun 2020.

"Dia gesit, cepat, dan bisa menggiring bola. Tentu saja, dia terkadang membuat kesalahan, tapi siapa yang tidak (pernah salah)? Dia adalah berlian yang (sedang) dalam kesulitan," kata De Bruyne dikutip Orbitindonesia.com dari Manchester Evening News 25 Agustus 2023.

Bintang muda PSG asal Perancis, Kylian Mbappe, juga sempat dibuat terkesan dengan performa Doku kala PSG menjamu Rennes di tahun 2021 lalu.

Baca Juga: Hujan Buatan Tidak Optimal Atasi Polusi Udara di Jakarta, Pemerintah Akan Coba Semprot Air dari atas Gedung

"Baru-baru ini, saya berbicara dengan ayah saya tentang pemain yang membuat saya terkesan karena kualitas kecepatannya, yaitu Doku, dari Rennes," kata Mbappe dikutip Orbitindonesia.com dari Manchester Evening News 25 Agustus 2023.

Mbappe juga melanjutkan, "Dalam lima tahun sebagai seorang (pesepakbola) profesional, saya belum pernah melihat seseorang dari posisi awal menunjukkan kekuatan sebesar itu."

Mantan pelatih Timnas Belgia pada Euro 2020 lalu, Roberto Martinez, mengatakan dia sangat puas dengan performa yang ditunjukkan oleh Doku selama turnamen berlangsung.

Baca Juga: Hasil FIBA World Cup 2023, Dairis Bertans Bawa Latvia Menang 109-70 atas Lebanon

"Saya sangat-sangat puas dengan beberapa penampilan individu. Tampaknya Jeremy Doku memiliki dampak yang sama persis seperti yang dia rasakan di bulan Maret," kata Martinez dikutip Orbitindonesia.com dari Manchester Evening News 25 Agustus 2023.

"Dia selalu berusaha untuk menjadi lebih kuat dan lebih baik. Tidak hanya ketika dia menguasai bola, tetapi secara umum dalam banyak aksi pada setiap pertandingan yang dia ikuti. Dia bekerja dengan baik malam ini," ujarnya.

Terakhir Martinez mengatakan, "Dia adalah talenta yang luar biasa. Dia adalah pemain muda yang sangat kuat dalam duel satu lawan satu, ini akan menjadi kesempatan besar untuk menunjukkan dirinya secara internasional."

Baca Juga: Hasil Pekan ke 10 BRI Liga 1, Borneo FC Sukses Bungkam Persita Tangerang Langsung Naik ke Peringkat Kedua

Legenda Manchester City yang juga pernah melatih Jeremy Doku selama dia berseragam Anderlecht, Vincent Kompany, tidak menaruh ekspektasi yang berlebihan terhadap sang pemain.

"Untuk Jeremy, kami sedang mengerjakan transisi dari bakat ke kualitas," kata Kompany dikutip Orbitindonesia.com dari Manchester Evening News 25 Agustus 2023.

"Tetapi saya harus berhati-hati terhadap apa yang saya katakan karena dia harus melakukannya pada pertandingan selanjutnya. Titik terendahnya semakin rendah," ujarnya.

Baca Juga: Akhirnya, Chelsea Mampu Raih Kemenangan Perdana di Liga Inggris pada Pekan ke 3 Kala Melawan Luton Town

Terakhir Kompany mengatakan, "Dia juga melakukan pekerjaan untuk menjaga pertahanan. Hari dimana aku tidak diharuskan lagi untuk memanggilnya. Kami baik-baik saja."

Kompany tidak mau banyak berekspektasi tentang Doku karena tidak mau membuatnya memiliki banyak tekanan dan agar dia bisa menunjukkan kualitas dirinya yang sebenarnya.

Kepindahan Doku ke Manchester City mungkin termasuk kepindahan yang biasa saja bagi sebagian pecinta sepakbola di dunia.

Baca Juga: Dewa United Sukses Akhiri Tren Buruk Usai Menghajar Persija Jakarta di Pekan ke 10 BRI Liga 1

Namun, mendengar apa yang sudah dikatakan oleh para pemain dan pelatih kelas atas tersebut, semakin menunjukkan bahwa Doku bukanlah pemain yang biasa saja.

Menarik untuk dinantikan bagaimana sepak terjang Jeremy Doku bersama Manchester City musim depan.***

 

Berita Terkait