DECEMBER 9, 2022
Orbit Indonesia

Prancis Terlalu Usil Mengurusi Cara Berbusana, Sampai Berencana Larang Abaya di Sekolah Negeri

image
Berbagai macam abaya produk Indonesia. Prancis berencana melarang abaya di sekolah negeri.

ORBITINDONESIA.COM - Kalau di beberapa daerah di Indonesia ada kewajiban jilbab bagi siswi muslim, di Prancis yang terjadi justru sebaliknya. 

Sekarang di Prancis sedang ada wacana melarang siswi sekolah untuk mengenakan abaya di sekolah negeri. Abaya itu adalah busana panjang, longgar, berbentuk sederhana mirip jubah yang tidak menunjukkan lekuk tubuh. Biasa juga dihiasi manik atau border sederhana dan berwarna gelap.

Di Prancis pakaian ini biasa digunakan siswi-siswi keturunan Timur Tengah yang berimigrasi ke negara sekuler itu.

Baca Juga: Liga Inggris: Sheffield United Jadi Tim Pertama yang Terdegradasi

Baca Juga: Trending di Netflix, Inilah Sinopsis Drakor Behind Your Touch yang Dibintangi Member EXO Suho

Rupanya cara berpakaian itu sekarang terasa mengganggu. Menteri Pendidikan Prancis di sebuah wawancara televisi menyatakan dia berencana melarang penggunaan abaya di sekolah.

Alasan dia, seharusnya identitas keagamaan tidak ditampilkan di sekolah. Sebenarnya sudah sejak lama ada aturan sejenis ini di Prancis.

Baca Juga: Liga 1: Persib Bandung Pastikan Masuk ke Championship Series

Sejak 2004, pemerintah sudah melarang pakaian yang membawa simbol-simbol agama. Termasuk di dalamnya salib, topi Yahudi, serta juga cadar dan jilbab. Tapi abaya selama ini dianggap cuma mode, jadi diizinkan.

Tentu saja pernyataan pemerintah untuk melarang abaya ini langsung bikin pro kontra. Banyak guru yang bilang mereka memang tidak nyaman melihat siswinya menggunakan abaya.

Baca Juga: Margarin dan Mentega Mirip Tapi Berbeda, Berikut Ini Perbedaannya

Baca Juga: Megawati Sampaikan Surat Amicus Curiae atau Sahabat Pengadilan ke Mahkamah Konstitusi: Semoga MK Bukan Ketok Palu Godam

Ketua Partai Republik, yang merupakan oposisi sayap kanan, juga menyatakan aturan ini seharusnya diterapkan sejak lama di sekolah.

Tapi partai oposisi sayap kiri menganggap sebaliknya. Mereka menganggap aturan pelarangan abaya ini bertentangan dengan prinsip sekuler Prancis. Masa cara berpakaian saja harus diawasi pemerintah? Menurut mereka, sebaiknya suka-suka orang sajalah.

Ini memang menarik. Mari, proporsional dalam bersikap. ***

Berita Terkait