DECEMBER 9, 2022
Orbit Indonesia

Saiful Huda Ems: Anies dan Cak Imin, Bertemunya Dua Belut Politik di Pilpres 2024

image
Saiful Huda Ems tentang Anies Baswedan dan Cak Imin sebagai belut politik di Pilpres 2024.

ORBITINDONESIA.COM - Dibanding Anies saya lebih suka Prabowo. Dibanding Prabowo, saya lebih suka Ganjar.

Namun demikian potensi Anies dan Cak Imin yang akan memaksimalkan sentimen isu SARA, serta optimalisasi politik identitas, akan menjadi modal besar mereka untuk memenangkan Pilpres 2024.

Soal Anies dan Cak Imin, itulah yang ingin saya katakan yang sebenarnya. Karena analisis politik bukanlah dilatar belakangi oleh soal rasa suka dan tidak suka, melainkan analisis politik adalah sesuatu yang seharusnya dikemukakan secara riil berdasarkan data dan fakta yang dimilikinya.

Baca Juga: Bursa Transfer Liga 1: Resmi, Rizky Pellu CLBK dengan PSM Makassar

Baca Juga: Lagu Terbaru Tiara Andini Flip It Up Viral, Ternyata Berkat Produser Musik Grup Boyband EXO sampai Shinee

Anies itu politisi ulung, lihai, piawai meneropong berbagai celah untuk suksesnya tujuan politiknya. Karenanya saya tidak kaget jika masih ada saja warga Nahdliyin yang mempercayainya dan bahkan mengidolakannya.

Padahal Anies dari track recordnya sangat terlihat mudah berkhianat, ingkar janji, dan sangat andal memainkan jurus manipulasi. Pun demikian dengan Cak Imin.

Baca Juga: Ingin Berkebun Tapi Halaman Sempit, Ini Tips Budidaya Kangkung dengan Sistem Hidroponik

Jokowi, Prabowo, Uno dan terakhir SBY pernah "dikerjain" oleh Anies, demikian pula Gus Dur, Mahfud MD dan Prabowo pernah "dikerjain" oleh Cak Imin.

Kombinasi Anies dan Imin ini sangat mujarab, manjur untuk memenangkan pertarungan Pilpres, mengingat karakter pemilih Indonesia yang sangat mudah tertipu oleh kemasan atau pencitraan.

Pemilih yang sudah bosan dengan Prabowo yang bolak-balik nyapres apalagi selalu kalah, akan beralih ke Anies.

Baca Juga: Kemenkumham DKI Gelar Diseminasi Penjaringan Calon Pemberi Bantuan Hukum, Ibnu Chuldun: Semangat Mengabdi

Baca Juga: Berikut Lirik dan Makna Lagu Filip It Up dari Tiara Andiri dengan Nuansa Kpop Kolaborasi dengan Hyuk Shin

Pemilih yang kecewa dengan Prabowo yang dulu didukungnya mati-matian untuk melawan Jokowi, namun kemudian malah mau dimasukkan di jajaran kabinetnya Jokowi, akan beralih ke Anies.

Pemilih yang ingin melihat corak baru pemerintahan yang lain dari Jokowi akan memilih Anies yang dianggapnya lebih religius. Pemilih yang kecewa dengan penegakan hukum di era Pemerintahan Jokowi akan memilih Anies. Pemilih yang nantinya mudah terbuai oleh politisasi agama di setiap kampanyenya Anies-Imin akan memilih Anies.

Baca Juga: Piala AFF U19: Kalahkan Filipina 5-1, Peluang Indonesia ke Semifinal Tetap Terbuka

Anies dan Imin adalah dua pasangan Belut Politik yang sama-sama sangat licin dan tak mudah dipegang kata-katanya, tak bisa diharapkan komitmen kesetiaan janjinya. Jika Ganjar dan Prabowo tidak mewaspadai pergerakan mereka, maka bisa dipastikan keduanya akan kalah.

Cara terbaik bagi Ganjar untuk menang haruslah selekasnya merangkul kekuatan NU dan Muhammadiyah.

Baca Juga: Video Alfian Tanjung Beredar Lagi: Jika Anies Jadi Presiden, HTI Hidup Kembali

Baca Juga: Piala Dunia U20: Uruguay dan Korea Selatan Amankan Tiket Semifinal

Satu pasangan Capres/Cawapres yang sama-sama dari PDIP, hanya akan dijadikan musuh kekuatan politik Islam bersama, jika Anies-Imin nantinya berhasil mempolitisasi agama.

Namun jika NU dan Muhammadiyah sudah membentengi Ganjar, maka serangan politik identitas ataupun SARA, dari pihak manapun akan mental dengan sendirinya, alias tertolak dan Ganjar akan menang.

Pun demikian dengan Prabowo, haruslah lebih aktif lagi melobi tokoh-tokoh pergerakan eksponan Aktivis '98, jika kasus penculikan dan pembunuhannya tidak lagi ingin terus dihidupkan.

Baca Juga: Prediksi Dampak El Nino di Indonesia, Produktivitas Panen Padi Berkurang 5 Juta Ton

Dari berbagai analisa politik yang saya kemukakan di atas, saya pikir Presiden Jokowi harus mulai mengevaluasi lagi beberapa posisi menteri yang dijabat oleh perwakilan Partai Nasdem dan PKB yang sudah nyata membentuk komplotan Belut Politiknya.

Baca Juga: Restoran Onni House Beri Teladan, Dengan Sayangi Anak Anak Down Syndrome

Mereka harusnya segera diganti dengan para tokoh relawan yang sudah teruji loyalitasnya pada Presiden Jokowi selama bertahun-tahun ini.

Baca Juga: SEA Games 2023: Prediksi dan Link Streaming Indonesia Melawan Myanmar, Waktunya Raih Puncak Klasemen

Dr. Haidar Alwi salah satunya, beliau sangat layak mengganti posisi menteri dari NASDEM dan PKB yang sudah tidak lagi berguna dan bahkan sudah merusak citra Pemerintahan Jokowi yang anti Politik Identitas dan SARA.

Bersediakah Presiden Jokowi mempertimbangkannya? Kita tunggu saja bersama, semoga Presiden Jokowi segera tersadarkan ancaman bahaya dari para pendukung politik identitas, yang sampai saat ini masih bercokol di kabinetnya, dan sesegera mungkin mengganti mereka dengan tokoh-tokoh relawan loyalis sejatinya.

3 September 2023.

Baca Juga: Survei Charta Politika: Bobby Nasution Ungguli Edy Rahmayadi di Sumatra Utara

Saiful Huda Ems (SHE). Lawyer dan Pengamat Politik.***

Berita Terkait