DECEMBER 9, 2022
Orbit Indonesia

Pulang dengan Gelar Doktor, Mahasiswa Asal Timor Leste Mengaku Bakal Rindu Rasa Sambal Khas Jember

image
Mahasiswa asal Timor Leste mengaku bakal rindu rasa sambal khas Jember/UNEJ

ORBITINDONESIA.COM- Gregorio Quintao, wisudawan periode II Universitas Jember asal Timor Leste, mengaku akan merindukan kuliner yang biasa ia beli selama menjadi mahasiswa. 

Gregorio menyebut, ada kuliner lalapan dengan ciri khas sambal yang lezat. Rasa sambal itu menurutnya akan membuat dirinya merindukan Jember, ketika dirinya sudah pulang ke Timor Leste.

Seperti diketahui, Timor Leste sudah terpisah dari Indonesia sejak tahun 2002 silam. Kendati demikian, rasa persaudaraan dengan masyarakat Indonesia tampak masih lekat. Termasuk membanggakan cita rasa sambal, racikan pedagang asal Jember.

Baca Juga: New Year Gaza 24 B

Baca Juga: Usai Tuai Kontroversi Ciuman di Piala Dunia Wanita, Luis Rubiales Akhirnya Mundur dari Jabatan Presiden RFEF

Gregorio meraih gelar doktor Ilmu Pertanian dari Fakultas Pertanian Universitas Jember kini siap dibawanya pulang ke bumi Timor Loro Sae.

Namun meninggalkan Jember artinya bakal membuatnya kangen banyak hal, salah satunya lalapan !

Baca Juga: Survei LSI Denny JA: Elektabilitas PSI yang Dipimpin Kaesang Hanya 1,5 Persen, Gerindra Salip PDI Perjuangan

“Saya sangat suka makan lalapan ikan bakar, ini yang bakal membuat saya kangen akan Jember saat pulang nanti," kata Gregorio melalui keterangan tertulis yang diterima Orbit Indonesia, Senin 11 September 2023.

Baca Juga: Perang dan Kehancuran Total, Hasil Model Eskalasi Konflik Pakar Austria, Friedrich Glasl

"Di Dili pun ada masakan ikan bakar, tapi sepertinya nggak bisa menggantikan rasa lalapan ikan bakar beserta sambalnya di Jember," katanya.

Baca Juga: Ditemani Erick Thohir, Prabowo Subianto Makan Siang Bersama Pelaku Usaha Muda

Selain enak, harganya pun dinilai lebih murah dibandingkan harga makanan di ibu kota Timor Leste.

"Pas untuk kantong mahasiswa,” ujar Gregorio sambil tertawa.

Baca Juga: Manajemen PT Kereta Cepat Indonesia Coba: Stasiun Halim Perdanakusuma Aman

Baca Juga: Yasonna H Laoly Dampingi Megawati Soekarnoputri Selama Jadi Juri Jayed Award 2023 di Roma

Gregorio datang ke Jember tahun 2019 silam bersama empat kawannya, kesemuanya kuliah di Universitas Jember. Empat orang menuntut ilmu di jenjang S-2, dan hanya Gregorio saja yang menjalani kuliah S-3.

Mereka semua mendapatkan tugas belajar dari Pemerintah Timor Leste dan beasiswa dari Universitas Jember.

Gregorio sendiri adalah pegawai negeri yang berdinas di Direktorat Nasional Karantina dan Biosekuriti, Kementerian Pertanian dan Perikanan Timor Leste.

Baca Juga: Jadi Juri Zayed Award 2024, Megawati Diwawancarai Radio Vatikan

“Universitas Jember menjadi salah satu tujuan mahasiswa dan pegawai Timor Leste untuk melanjutkan studi, sebab akreditasinya sudah unggul," jelasnya.

"Terutama kuat di bidang pertanian dan perkebunan. Seperti yang diketahui, kami di Timor Leste juga tengah berbenah dan mengembangkan sektor pertanian yang menjadi dasar perekonomian dan sumber nafkah mayoritas penduduk Timor Leste,” ujar pria yang juga menyelesaikan gelar S-2 nya di Fakultas Pertanian Universitas Jember di tahun 2014 lalu.

Selama menjalani kuliah doktoral di Fakultas Pertanian, Gregorio meneliti padi. Topiknya berkisar pada Kajian Ketahanan Cekaman Abiotik Melalui Pendekatan In Vitro Kalus Sebagai Model Dalam Mempelajari Respon Ketahanan Pada Tanaman Padi (Oryza sativa L.) Lokal Timor Leste. Menurut Gregorio produktivitas padi di negaranya belum sebaik di Indonesia.

Baca Juga: Dugaan Operasi Tangkap Tangan Gubernur Abdul Gani Kasuba, KPK Gelandang 3 Pejabat Maluku Utara ke Jakarta

“Mengapa memilih topik ini ? Saya memilih topik tersebut karena ingin mengangkat jenis padi lokal Timor Leste. Saya ingin mengembangkan plasma nutfah padi lokal untuk kegiatan pemuliaan tanaman padi. Agar ketersediaan benih padi lokal terjamin hingga di masa mendatang," katanya.

"Apalagi beras merupakan komoditi pangan utama di Timor Leste, sama dengan Indonesia. Saya bersyukur bisa mendapatkan dukungan dari dosen, tenaga kependidikan dan kolega selama kuliah di Universitas Jember,” ungkap pria asal kabupaten Viqueque ini.

Kini Gregorio bersiap meninggalkan Jember, pulang ke Timor Leste dengan sejuta kenangan indah tentang kampus Tegalboto dan kota Jember.

Baca Juga: BMKG: Hujan Lebat Berpotensi Turun di Beberapa Kota

Apalagi menurutnya selama tinggal di Jember kurang lebih enam tahun semua warga Jember yang ditemuinya bersikap ramah.

“Semoga bekal ilmu pengetahuan yang saya dapatkan di Universitas Jember dapat membantu perkembangan dunia pertanian Timor Leste,” pungkas Gregorio Quintao.***

 

Berita Terkait