DECEMBER 9, 2022
Orbit Indonesia

Pernyataan Ahli Arkeologi Indonesia tentang Kebakaran di Museum Nasional

image
Akibat kebakaran di Museum Nasional Indonesia, museum ditutup sementara dan dilakukan refund tiket ke pengunjung.

ORBITINDONESIA.COM - Perhimpunan Ahli Arkeologi Indonesia (IAAI) Komisariat Daerah Jabodetabek menyatakan prihatin dan berduka yang mendalam atas kebakaran yang terjadi di Museum Nasional Indonesia (MNI) pada Sabtu, 16 September 2023 malam.

Kebakaran di Museum Nasional tersebut merupakan musibah besar yang mengejutkan dan tentunya tidak dikehendaki oleh siapa pun.

Museum Nasional merupakan tempat berbagai koleksi artefak bersejarah khazanah budaya Indonesia dilestarikan untuk kepentingan ilmu pengetahuan dan jati diri bangsa.

Baca Juga: Selasa Ini, Vladimir Putin Akan Dilantik Sebagai Presiden Rusia untuk Masa Jabatan ke-5

Baca Juga: Dr KH Amidhan Shaberah: Polisi Memburu Escobar Indonesia

Api telah melalap sebagian Gedung A MNI yang merupakan ruang-ruang pamer koleksi-koleksi etnografi, artefak-artefak masa prasejarah, koleksi budaya, dan sejenisnya.

Kerusakan yang dialami benda-benda koleksi museum tak dapat tergantikan, baik dalam bentuk maupun nilainya dengan apa pun juga.

Baca Juga: Diberi Tiket Gratis, Klub Qatar Al Duhail FC Minta Bantuan Dukungan Suporter Indonesia

Peristiwa mengenaskan tersebut jelas merupakan kerugian yang teramat besar bagi kekayaan sejarah, budaya, juga ilmu pengetahuan. Karena itu, IAAI Komda Jabodetabek menyampaikan:

Museum Nasional Indonesia menyimpan koleksi khasanah budaya Indonesia pilihan, yang
bahkan ada di antaranya merupakan satu-satunya di Indonesia. Karenanya, jaminan terpelihara, terlestari, dan aman dari hilang/musnah merupakan syarat mutlak demi jatidiri dan kebanggaan (national identiy and pride) bangsa Indonesia.

Baca Juga: Buku Karya Ulama Arab Saudi tentang Halal dan Haram Dalam Islam

Baca Juga: Indonesia Usul Pemotongan Pembayaran Proyek Jet Tempur KF-21 dengan Korea Selatan Sehingga Jadi Rp7 Triliun

IAAI Komda Jabodetabek memohon kepada pengelola Museum Nasional Indonesia untuk melakukan pendataan secara rinci dampak kebakaran terhadap koleksi museum, artefak, dan bangunan.

Yakni, agar dapat diketahui secara riil langkah-langkah penanganannya secara tepat, baik untuk koleksi artefak, ruang-ruang penempatan koleksi, dan bangunan pendukungnya.

IAAI Komda Jabodetabek menyatakan kepada pemerintah, DPR-RI, dan jajaran yang menaunginya untuk mengapresiasi Museum Nasional Indonesia.

Baca Juga: Piala Asia Putri U17: Indonesia Dipermalukan Filipina

Bukan hanya pada bangunan dan koleksinya sebagai benda semata, namun juga pada nilai-nilai yang terkandung di dalamnya, sehingga mitigasi risiko dan sistem keamanan Museum Nasional Indonesia harus terjamin sarana dan prasarananya.

Baca Juga: Hadiri Munas dan Konbes, Erick Thohir Berikan Apresiasi atas Kontribusi NU Kepada Bangsa dan Negara

Saatnya pemerintah dan DPR-RI memperjuangkan Undang-Undang Permuseuman dan Badan Permuseuman Indonesia agar pengelolaan dan perlindungan museum dapat dilaksanakan secara komprehensif.

Baca Juga: China Respons Presiden Filipina Ferdinand Marcos Jr yang Tolak Gunakan Meriam Air di Kapal Penjaga Pantai

IAAI Komda Jabodetabek mengajak berbagai pihak dan seluruh lapisan masyarakat untuk bersama-sama merawat dan menjaga kekayaan budaya bangsa yang ada di museum-museum dan cagar-cagar budaya kita.

IAAI Komda Jabodetabek mendukung penyelidikan mendalam oleh jajaran terkait terhadap sebab dan sumber kebakaran yang terjadi di Museum Nasional Indonesia pada Sabtu malam, 16 September 2023.

Dari peristiwa kebakaran di Museum Nasional Indonesia, IAAI Komda Jabodetabek berharap masih banyak koleksi artefak yang bisa terselamatkan, dan dapat dilestarikan sebaik-baiknya demi ilmu pengetahuan dan kebanggaan bangsa Indonesia umumnya, generasi mendatang khususnya.

Baca Juga: Liga Inggris: Dikalahkan Crystal Palace, Manchester United Keluar dari Zona Eropa

Pernyataan 17 September 2023 dari IAAI Komda Jabodetabek itu dikirimkan oleh Ketua
Dr. Dyah Chitraria Liestyati, M.Si. ***

Berita Terkait