DECEMBER 9, 2022
Orbit Indonesia

Survei Universitas Muhammadiyah Malang: Elektabilitas Ganjar Pranowo-Mahfud MD di Jawa Timur Unggul

image
Ketua Tim Survei Pusat Studi Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Malang Rully Inayah Ramadhoan (kiri) memaparkan hasil survei kepada media di Dau, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Rabu 18 Oktober 2023.

ORBITINDONESIA.COM - Hasil survei Pusat Studi Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) menyebutkan, elektabilitas Ganjar Pranowo dan Mahfud MD unggul di wilayah Jawa Timur dengan perolehan suara 42,7 persen.

Ketua Tim Survei Pusat Studi Ilmu Politik UMM Rully Inayah Ramadhoan di Dau, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Rabu, 18 Oktober 2023 mengatakan, simulasi yang dilaksanakan timnya menempatkan elektabilitas Ganjar-Mahfud di urutan pertama.

Baca Juga: New Year Gaza 24 B

Rully menjelaskan simulasi tersebut melibatkan 1.000 responden di berbagai wilayah yang tersebar secara proporsional pada 100 kelurahan atau desa di 36 kota/kabupaten.

Baca Juga: Analisa Pengamat Politik: Mahfud MD Perkuat Suara Ganjar Pranowo di Kalangan NU dan Milenial Jawa Timur

Survei tersebut adalah penelitian ilmiah independen yang didanai secara mandiri oleh Universitas Muhammadiyah Malang.

Baca Juga: Survei LSI Denny JA: Elektabilitas PSI yang Dipimpin Kaesang Hanya 1,5 Persen, Gerindra Salip PDI Perjuangan

Survei tersebut memiliki sampling error lebih kurang 3,1 persen.

Selain menempatkan Ganjar-Mahfud pada posisi pertama, dalam survei itu juga dibuat simulasi Prabowo Subianto yang dipasangkan dengan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa di urutan kedua.

"Untuk Prabowo dan Khofifah berada di urutan kedua dengan 36,3 persen dan terakhir adalah pasangan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar dengan 19,7 persen," katanya.

Baca Juga: Ditemani Erick Thohir, Prabowo Subianto Makan Siang Bersama Pelaku Usaha Muda

Jika dilihat lebih dalam, pasangan Ganjar-Mahfud lebih banyak dipilih oleh kaum perempuan, yakni mencapai 45,4 persen.

Kaum laki-laki lebih banyak memilih Prabowo-Khofifah dengan dukungan 40,8 persen.

Dilihat dari kelompok umur, responden berusia 59-85 tahun lebih banyak memilih Prabowo-Khofifah 40,2 persen, usia 43-58 tahun sekitar 44,2 persen memilih Ganjar-Mahfud, dan kelompok usia 27-42 juga memilih Ganjar-Mahfud mencapai 44,8 persen.

Baca Juga: Yasonna H Laoly Dampingi Megawati Soekarnoputri Selama Jadi Juri Jayed Award 2023 di Roma

Untuk generasi berusia 17-26 tahun, lebih banyak memilih pasangan Prabowo-Khofifah, mencapai 48,1 persen.

Simulasi terhadap dua pasangan saja, Ganjar Pranowo-Mahfud MD dan Prabowo Subianto-Khofifah Indar Parawansa, sementara pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar tereliminasi, menunjukkan hasil yang berbeda.

"Hasil simulasi dua pasangan calon menunjukkan Prabowo-Khofifah mendapatkan 49,3 persen, unggul tipis dari pasangan Ganjar-Mahfud yang mendapat 48,6 persen," katanya. ***

Berita Terkait