DECEMBER 9, 2022
Orbit Indonesia

Pemboman Israel di Gaza yang Dibiarkan oleh AS Melemahkan Moralisme Barat di Ukraina

image
Anak-anak di Gaza mengalami dampak psikologis serius akibat pemboman membabi buta Israel. Presiden Biden menerapkan standar ganda.

ORBITINDONESIA.COM - Pekan lalu, Presiden Biden menyampaikan pidato berapi-api yang menghubungkan konflik di Ukraina dan Israel.

Berbicara dari Ruang Oval, Biden mengatakan rezim diktator di Kremlin dan kelompok militan Islam Hamas “mewakili ancaman yang berbeda, tetapi mereka memiliki kesamaan: Mereka berdua ingin sepenuhnya memusnahkan demokrasi di negara tetangga.”

Memperluas dukungan terhadap perjuangan Kyiv melawan invasi Rusia dan kampanye Israel melawan Hamas di Jalur Gaza yang terkepung sangatlah penting, tegas Biden, dalam menunjukkan kepada negara-negara lain bahwa “kepemimpinan Amerika adalah yang menyatukan dunia.”

Baca Juga: Bursa Transfer Liga 1: Resmi, Rizky Pellu CLBK dengan PSM Makassar

Baca Juga: David Beckham Dituduh Sering Berselingkuh dan Playing Victim oleh Rebecca Loos

Presiden Trump menyampaikan pernyataan ini sebelum mengumumkan proposal pendanaan baru sebesar $106 miliar, terutama dalam belanja pertahanan untuk mendukung Ukraina dan Israel.

Biden berpendapat bahwa dunia sedang berada pada “titik perubahan dalam sejarah,” dimana keputusan yang diambil oleh para pemimpin global kini kemungkinan besar “akan menentukan masa depan selama beberapa dekade mendatang.”

Politisi dan diplomat di negara lain juga mengakui keadaan dunia yang penuh tantangan ini, namun mereka tidak mengambil kesimpulan yang sama seperti yang dilakukan Gedung Putih.

Baca Juga: Ingin Berkebun Tapi Halaman Sempit, Ini Tips Budidaya Kangkung dengan Sistem Hidroponik

Beberapa orang melihat lampu hijau bagi Amerika dalam serangan Israel di Gaza, dan mempertanyakan standar ganda yang tidak dapat ditutupi oleh retorika Biden.

Baca Juga: Usman Kansong: Jurnalisme Islam yang Tak Selesai Selesai

Terdapat rasa muak dan kemarahan universal setelah serangan Hamas pada 7 Oktober di Israel selatan, yang mengakibatkan pembantaian brutal terhadap sekitar 1.400 warga Israel dan menandai hari paling berdarah dalam sejarah negara Yahudi tersebut.

Baca Juga: Kemenkumham DKI Gelar Diseminasi Penjaringan Calon Pemberi Bantuan Hukum, Ibnu Chuldun: Semangat Mengabdi

Namun enam belas hari kampanye pembalasan Israel di Gaza telah menewaskan 4.651 warga Palestina, menurut otoritas setempat, termasuk hampir 2.000 anak-anak.

Seluruh lingkungan di wilayah padat penduduk telah rata dengan tanah, lebih dari satu juta orang kehilangan tempat tinggal dan krisis kemanusiaan berubah dari buruk menjadi lebih buruk dengan persediaan bahan bakar yang hampir habis.

Tuntutan Israel untuk melakukan evakuasi massal di sebagian wilayah Gaza telah meningkatkan momok pembersihan etnis.

Baca Juga: Piala AFF U19: Kalahkan Filipina 5-1, Peluang Indonesia ke Semifinal Tetap Terbuka

Baca Juga: Spoiler Drakor Twinkling Watermelon Episode 9, Akankah Ha Eun Gyeol Jatuh Cinta Sungguhan Pada Choi Se Kyeong

Namun pada hari Rabu, sehari sebelum pidato Biden, Amerika Serikat menggunakan hak vetonya di Dewan Keamanan PBB untuk menolak rancangan resolusi yang diajukan oleh Brasil yang menyerukan jeda kemanusiaan.

Itu adalah satu-satunya suara “tidak” yang ada, bahkan sekutunya termasuk Perancis pun memberikan suara mendukungnya.

Baca Juga: Piala Dunia U20: Uruguay dan Korea Selatan Amankan Tiket Semifinal

Amerika Serikat telah lama melindungi Israel dari kecaman di PBB, namun preseden yang baru-baru ini mereka makian terhadap Rusia di forum yang sama menjadikan momen saat ini lebih mencolok.

Para pejabat AS dan negara-negara Barat mengecam invasi Rusia sebagai pelanggaran hukum internasional, melanggar prinsip-prinsip piagam PBB, dan merupakan tantangan besar terhadap tatanan berbasis aturan global.

Baca Juga: Alex Runggeary: Budaya dan Perkembangan Zaman, Belajar dari Malioboro

Baca Juga: Prediksi Dampak El Nino di Indonesia, Produktivitas Panen Padi Berkurang 5 Juta Ton

Banyak negara di Timur Tengah dan negara-negara lain yang disebut “Global Selatan” juga mengutuk agresi Rusia, namun mereka lebih berhati-hati dalam melihat penderitaan Ukraina dalam kerangka moral yang sama dengan negara-negara Barat.

Mereka menunjuk pada warisan invasi “pencegahan” Amerika Serikat ke Irak pada tahun 2003, ketidakpedulian Barat terhadap konflik mengerikan di Timur Tengah dan negara-negara lain, serta kemunafikan mereka yang mendukung pendudukan Israel di wilayah Palestina selama beberapa dekade sambil mendukung kebebasan masyarakat di tempat lain.

Pada hari Jumat, Raja Yordania Abdullah II menggambarkan tindakan Israel di Gaza sebagai “kejahatan perang.”

Baca Juga: SEA Games 2023: Prediksi dan Link Streaming Indonesia Melawan Myanmar, Waktunya Raih Puncak Klasemen

Dia mengatakan Israel melakukan “penghukuman kolektif terhadap orang-orang yang terkepung dan tidak berdaya,” yang harus dilihat sebagai “pelanggaran mencolok terhadap hukum kemanusiaan internasional.”

Baca Juga: MK Tolak Gugatan Batas Maksimal Usia Capres dan Cawapres 70 Tahun, Ini Alasannya

Hal ini mungkin tidak menjadi masalah bagi kepemimpinan Israel yang cenderung melakukan pembalasan, kata Marc Lynch, profesor ilmu politik dan hubungan internasional di Universitas George Washington, namun hal ini merupakan masalah bagi Amerika Serikat.

Baca Juga: Survei Charta Politika: Bobby Nasution Ungguli Edy Rahmayadi di Sumatra Utara

“Sulit untuk mendamaikan promosi Amerika Serikat terhadap norma-norma internasional dan hukum perang dalam membela Ukraina dari invasi brutal Rusia dengan sikap angkuh mereka yang mengabaikan norma-norma yang sama di Gaza,” tulisnya di Foreign Affairs.

Meskipun tampaknya pemerintahan Biden bekerja di belakang layar untuk mencoba mengendalikan kabinet perang Israel, lebih dari 2 juta penduduk Gaza hidup dalam mimpi buruk akibat serangan udara dan ledakan serta kehabisan makanan, air, dan tempat berlindung yang aman.

Dalam pidatonya, Biden menekankan kesenjangan antara Hamas dan rakyat Palestina pada umumnya.

Baca Juga: Thailand Open 2023: Lanny Ribka Tumbang, Ganda Putri Indonesia Ambyar

Baca Juga: Tidak Hanya Luffy, Kini Kurohige Buggy Jadi Yonkou Bersanding dengan Shanks di Anime One Piece

“Kita tidak bisa mengabaikan rasa kemanusiaan warga Palestina yang tidak bersalah, yang hanya ingin hidup damai dan memiliki kesempatan,” katanya, merujuk pada upaya AS untuk mendatangkan bantuan kemanusiaan – yang menurut kelompok bantuan bantuan sangat tidak memenuhi kebutuhan.

Namun retorika tersebut tidak berarti apa-apa jika dibandingkan dengan tindakan AS.

Baca Juga: Unik, Polda Jatim Luncurkan Aplikasi Ilmu Semeru untuk Cari Motor yang Hilang Akibat Dicuri

“Jika AS dan negara-negara Barat lainnya ingin meyakinkan seluruh dunia bahwa mereka serius mengenai hak asasi manusia dan hukum perang, prinsip-prinsip yang mereka terapkan terhadap kekejaman Rusia di Ukraina dan kekejaman Hamas di Israel, maka mereka juga harus menerapkannya pada negara-negara lain. Pengabaian brutal Israel terhadap kehidupan warga sipil di Gaza,” kata Louis Charbonneau, direktur Human Rights Watch PBB, dalam sebuah pernyataan setelah veto AS.

Baca Juga: Nikmati Keindahan Wisata Pengunungan dan Kopi Robusta Sanggabuana, Wujud Pemberdayaan Desa BRILiaN

Seorang diplomat senior dari sebuah negara yang tergabung dalam Kelompok 20 (G20) mengatakan kepada saya bahwa “perilaku seperti inilah yang membuat negara-negara Selatan sangat berhati-hati terhadap apa yang dilakukan negara-negara Barat” ketika mereka membujuk pemerintah asing untuk mengikuti jejak mereka terhadap Ukraina.

Baca Juga: 10 Fakta Kasus Oknum Paspampres Culik dan Aniaya Warga Bireuen Aceh hingga Tewas

Peran AS saat ini dalam memblokir tindakan di Gaza, tambah pejabat tersebut, yang berbicara pada akhir pekan ini dengan syarat anonim karena mereka tidak diizinkan untuk memberikan pengarahan kepada wartawan, menunjukkan “seberapa besar standar ganda yang diandalkan oleh strategi AS atau negara-negara Barat.”

Di Eropa, semakin banyak pula pengakuan terhadap ketegangan ini. “Apa yang kami katakan tentang Ukraina harus diterapkan di Gaza. Jika tidak, kami akan kehilangan kredibilitas kami,” kata diplomat senior G-7 kepada Financial Times.

“Rakyat Brazil, Afrika Selatan, dan Indonesia: mengapa mereka harus percaya pada apa yang kami katakan tentang hak asasi manusia?”

Baca Juga: 5 Kabupaten dengan Penduduk Paling Miskin di Jawa Barat, Ini Penyebabnya

Baca Juga: Begini Nasib Sejumlah Proyek Pembangunan di Surakarta Usai Gibran Rakabuming Jadi Bacawapres

Hal ini juga merupakan pengingat akan kegagalan komunitas internasional – terutama Amerika Serikat – dalam menghidupkan kembali proses perdamaian antara Israel dan Palestina.

“Saat ini, pemerintah negara-negara Barat harus menanggung akibatnya atas ketidakmampuan mereka menemukan, atau bahkan mencari, solusi terhadap permasalahan Palestina,” tulis editorial di harian Prancis Le Monde.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Warung Makan Paling Terkenal di Jakarta Selatan, Cita Rasanya Bikin Nagih

“Dalam iklim yang tegang saat ini, dukungan mereka terhadap Israel – yang dianggap eksklusif oleh seluruh dunia – berisiko membahayakan upaya mereka untuk meyakinkan negara-negara Selatan bahwa keamanan internasional dipertaruhkan di Ukraina.”

Diplomat yang berbicara kepada FT dengan muram menyimpulkan dampak perang Gaza yang terbaru: “Semua upaya yang telah kita lakukan dengan negara-negara Selatan [atas Ukraina] telah sia-sia… Lupakan peraturan, lupakan tatanan dunia. Mereka tidak akan pernah mendengarkan kita lagi.” ***

 

Berita Terkait