DECEMBER 9, 2022
Orbit Indonesia

Bencana Kemanusiaan di Gaza: Tragedi 92 Anggota Staf PBB yang Gugur di Balik Blokade

image
Sejumlah warga mengangkut para korban dari sebuah gedung yang hancur akibat serangan Israel di Kota Rafah di Jalur Gaza bagian selatan. (ANTARA/Xinhua/Khaled Omar/tm/am.)

ORBITINDONESIA.COM- Dengan melihat kenyataan yang pahit di Gaza, jumlah korban di kalangan personel Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dalam konflik Israel dan Palestina yang sedang berkecamuk telah mencapai titik nadir.

Sebanyak 92 anggota staf PBB kehilangan nyawa dalam konflik Israel dan Palestina, demikian ungkap Philippe Lazzarini, Komisaris Jenderal Badan Bantuan dan Pekerjaan bagi Pengungsi Palestina PBB (UNRWA).

Dalam wawancara terbuka dengan media Swiss pada Kamis, Lazzarini mengungkapkan bahwa sekitar 13.000 personel PBB bekerja di Gaza, menekankan bahwa UNRWA belum pernah menyaksikan "jumlah korban yang begitu tinggi dalam waktu singkat."

Baca Juga: New Year Gaza 24 B

Saat ini, lebih dari 700.000 orang mencari perlindungan di sekolah-sekolah yang didirikan oleh UNRWA, mencari tempat perlindungan di bawah bendera PBB yang khas, katanya.

Baca Juga: Satrio Arismunandar: Sekolah Muhammadiyah di Daerah 3T Bisa Jadi Model Dialog Antar-Umat Beragama

Namun, lebih dari 50 fasilitas ini telah diserang, menyebabkan puluhan kematian dan melukai ratusan lainnya, tambah Lazzarini.

Baca Juga: Survei LSI Denny JA: Elektabilitas PSI yang Dipimpin Kaesang Hanya 1,5 Persen, Gerindra Salip PDI Perjuangan

Upaya untuk melarikan diri ke wilayah selatan Gaza juga tidak menjamin keamanan, menurut pejabat PBB senior ini.

Dia juga mengungkapkan bahwa sepertiga dari staf PBB di daerah tersebut telah kehilangan nyawa akibat bombardir.

Baca Juga: Hari Minggu, Taman Mini Indonesia Indah Gelar Parade Tari Nusantara, Claudia Ingkiriwang: Mengangkat Budaya

Baca Juga: Ditemani Erick Thohir, Prabowo Subianto Makan Siang Bersama Pelaku Usaha Muda

Sementara jumlah kematian terus meningkat, pengumuman Israel hanya memperluas kesenjangan dalam prospek perdamaian di masa depan, peringatannya.

Selama wawancara, Lazzarini menyatakan kejutannya atas kondisi yang mengenaskan di Gaza, menggambarkan situasinya sebagai "mengiris hati."

Dia menyoroti kondisi putus asa yang dihadapi oleh penduduk setempat, yang mencari perlindungan di sekolah-sekolah UNRWA dan memohon bantuan dasar seperti roti dan air.

Baca Juga: Yasonna H Laoly Dampingi Megawati Soekarnoputri Selama Jadi Juri Jayed Award 2023 di Roma

Baca Juga: Hasil FP1 MotoGP Malaysia, Motor Aprilia Terbakar di Tikungan Keramat, Jorge Martin Menjadi yang Pertama

Krisis bahan bakar semakin memperburuk situasi, katanya, menyatakan bahwa jika bahan bakar tidak tiba di Gaza dalam beberapa hari ke depan, "fasilitas kunci akan berhenti berfungsi," dengan tambahan bahwa blokade pasokan bantuan setara dengan hampir tidak ada perdagangan dan mengancam ketertiban umum, menurut pejabat PBB ini.

Tanpa perubahan dalam waktu dekat, dia memperingatkan bahwa banyak nyawa akan hilang akibat kurangnya bantuan kemanusiaan, bukan karena bom langsung.

Lazzarini dengan tegas menyatakan, "Blokade ketat semacam itu setara dengan hukuman kolektif."

Baca Juga: Jadi Juri Zayed Award 2024, Megawati Diwawancarai Radio Vatikan

Urgensi krisis kemanusiaan tidak dapat diremehkan, dan komunitas internasional menghadapi saat kritis dalam mengatasi kondisi sulit yang dihadapi oleh masyarakat Gaza.***

Berita Terkait