DECEMBER 9, 2022
Orbit Indonesia

Menlu AS Antony Blinken: Terlalu Banyak Warga Palestina yang Tewas dan Menderita

image
Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, Antony Blinken, menegaskan dukungan Washington kepada Israel tak akan tergoyahkan

ORBITINDONESIA.COM — Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken pada Jumat, 10 November 2023 mengatakan, “terlalu banyak” warga Palestina yang tewas dan menderita ketika Israel mengobarkan perang tanpa henti melawan kelompok militan Hamas di Jalur Gaza.

Antony Blinken mendesak Israel untuk meminimalkan kerugian terhadap warga sipil dan memaksimalkan bantuan kemanusiaan yang menjangkau mereka.

Berbicara kepada wartawan di New Delhi, Antony Blinken mengatakan, langkah Israel baru-baru ini untuk memperbaiki kondisi yang mengerikan di Gaza ketika militernya mendorong lebih jauh ke wilayah tersebut – termasuk menghentikan operasi militer untuk memungkinkan warga Palestina berpindah dari utara ke selatan Gaza dan penciptaan koridor aman kedua — positif namun belum cukup.

Baca Juga: Liga Inggris: Sheffield United Jadi Tim Pertama yang Terdegradasi

Baca Juga: Keanu Reeves dan Patrick Swayze Belajar Keterampilan Luar Biasa di Film Point Break

“Masih banyak yang perlu dilakukan untuk melindungi warga sipil dan memastikan bantuan kemanusiaan menjangkau mereka,” katanya.

“Terlalu banyak warga Palestina yang terbunuh, terlalu banyak yang menderita dalam beberapa minggu terakhir, dan kami ingin melakukan segala kemungkinan untuk mencegah kerugian terhadap mereka dan memaksimalkan bantuan yang diberikan kepada mereka.”

Baca Juga: Liga 1: Persib Bandung Pastikan Masuk ke Championship Series

Blinken menyampaikan hal tersebut saat ia menyelesaikan tur diplomatik intensif selama sembilan hari di Timur Tengah dan Asia – perjalanan kedua yang heboh di Timur Tengah sejak perang dimulai dengan serangan mematikan Hamas ke Israel selatan pada 7 Oktober.

Di Gaza yang dikuasai Hamas, Kementerian Kesehatan mengatakan pada hari Jumat bahwa jumlah korban jiwa warga Palestina di jalur pantai telah melampaui 11.000 orang. Lebih dari 1.400 orang telah terbunuh di Israel, terutama dalam serangan awal Hamas.

Baca Juga: Daftar Drakor dan Film yang Dibintangi Jang Dong Yoon Selain Daily Dose of Sunshine, Pernah Jadi Janda Cantik

Baca Juga: Megawati Sampaikan Surat Amicus Curiae atau Sahabat Pengadilan ke Mahkamah Konstitusi: Semoga MK Bukan Ketok Palu Godam

Kunjungan Blinken sebagian besar terfokus pada perang di tengah meningkatnya kemarahan internasional atas kehancuran yang terjadi di Gaza dan tuntutan gencatan senjata segera.

Baik Israel maupun Amerika Serikat tidak mendukung gencatan senjata karena mereka berpendapat Hamas akan memanfaatkan gencatan senjata tersebut untuk berkumpul kembali dan melancarkan serangan teror baru.

Blinken mengatakan AS telah mengajukan proposal tambahan tentang cara yang lebih baik untuk melindungi warga sipil tetapi tidak menjelaskan lebih lanjut.

Baca Juga: Presiden Jokowi Menikmati Libur Idulfitri Bersama Cucunya di Objek Wisata Satwa Deli Serdang

Para pejabat AS mengatakan mereka ingin melihat Israel menerapkan “jeda kemanusiaan” yang lebih lama di wilayah-wilayah di luar jalur aman yang telah ditetapkan dan secara eksponensial memperluas jumlah bantuan yang masuk ke Gaza dari Mesir dengan meningkatkan arus konvoi truk.

Baca Juga: Memanfaatkan Seni dan Budaya Lokal untuk Keuntungan Ekonomi dan Sosial

AS juga tetap bertekad untuk menjamin pembebasan warga Israel dan sandera lainnya yang ditahan oleh Hamas, mengeluarkan semua orang asing yang ingin meninggalkan Gaza, mencegah kekerasan menyebar ke wilayah yang lebih luas, dan mulai merencanakan apa yang akan terjadi di Gaza pasca-konflik, kata Blinken.

Mulai minggu lalu, misi maraton Blinken membawanya ke delapan negara – Israel, Yordania, Siprus, Irak, Turki, Jepang, Korea Selatan dan India – serta Tepi Barat yang diduduki. Tapi seperti yang dia lakukan pada tur Timur Tengah sebelumnya bulan lalu, dia menghadapi skeptisisme dan penolakan langsung.***

Baca Juga: Todung Mulya Lubis: TPN Ganjar-Mahfud Minta Mahkamah Konstitusi Hadirkan Kapolri Dalam Sidang PHPU Pilpres

 

Berita Terkait