DECEMBER 9, 2022
Orbit Indonesia

Penutup Rangkaian Inisiatif Asah Digital di Banda Aceh: Bangun Partisipasi Pemuda Lewat Platform Digital Untuk Perubahan Positif

image
Asah Digital yang diselenggarakan oleh Yayasan Cinta Anak Bangsa (YCAB Foundation) bersama Meta Indonesia Berlokasi di Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh, acara yang dilaksanakan sejak 14 November ini dihadiri oleh sejumlah pihak dan mengangkat tajuk Building Proactive Youth in a Digital Society

  ORBITINDONESIA.COM - Hari ini merupakan rangkaian ketiga dari program Asah Digital yang diselenggarakan oleh Yayasan Cinta Anak Bangsa (YCAB Foundation) bersama Meta Indonesia dan Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem) sejak Oktober lalu. Berlokasi di Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh, acara yang dilaksanakan sejak 14 November ini dihadiri oleh sejumlah pihak dan mengangkat tajuk Building Proactive Youth in a Digital Society. Sebagai tuan rumah acara, Rektor Universitas Syiah Kuala, Bapak Prof. Dr. Ir. Marwan merasa bangga bisa berbagi pengetahuan dan pengalaman dengan generasi muda Aceh.

Sebelumnya, program Asah Digital telah sukses diselenggarakan di Solo, Jawa Tengah (10 - 12 Oktober 2023) dan Manado, Sulawesi Utara (31 Oktober - 2 November 2023) untuk memberikan keterampilan dan pengetahuan demokrasi yang kuat kepada generasi muda Indonesia. Para pemuda menerima bimbingan dan panduan dari YCAB Foundation, Meta Indonesia, dan Perludem agar dapat memulai langkah-langkah partisipasi melalui media digital sebagai agen perubahan untuk mendorong perubahan positif di Indonesia secara bertanggungjawab.

Acara di Banda Aceh ini turut dihadiri oleh Penjabat Gubernur Aceh, Bapak Mayjen TNI (Purn) Achmad Marzuki yang diwakili oleh Kepala Bidang Diskominsa Bapak Iqbal Tawakkal, S STP, M.Eng., Sekretaris Tuha Peut Wali Nanggroe Dr. Tgk. H. Tarmidzi M Daud, M. Ag mewakili paduka Yang Mulia Wali Nanggroe Aceh, Wakil Dekan II Fakultas Hukum Universitas Syiah Kuala Ibu Dr. Sri Walny Rahayu, S.H., M.Hum, Bapak Hendra Darmawan, S. Pd. I Komisioner KIP Aceh, Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih dan Partisipasi Masyarakat, Manajer Program Kebijakan Publik Meta Indonesia Dessy Sukendar, dan Project Manager YCAB Foundation Stevens Onsoe. Acara ini merupakan momentum demokrasi sekaligus panggung inspirasi bagi generasi muda Aceh untuk lebih aktif dan terlibat dalam membentuk masa depan demokrasi Indonesia.

Baca Juga: Bursa Transfer Liga 1: Resmi, Rizky Pellu CLBK dengan PSM Makassar

Mewakili Pemerintah Provinsi, Penjabat Gubernur Aceh Bapak Mayjen TNI (Purn) Achmad Marzuki yang diwakili oleh Bapak Iqbal Tawakkal, S STP, M.Eng. mengatakan bahwa partisipasi aktif generasi muda dalam proses demokrasi sangat penting untuk masa depan demokrasi Aceh dan Indonesia. Menurutnya, program Asah Digital merupakan langkah positif dalam memberdayakan pemuda Aceh untuk menjadi warga digital yang bertanggung jawab. Dalam kesempatan yang sama, Paduka Yang Mulia Wali Nanggroe Aceh Tgk. Malik Mahmud Al Haytar yang di wakili oleh Sekretaris Tuha Peut Wali Nanggroe Dr. Tgk. H. Tarmidzi M Daud juga turut mendukung sepenuhnya inisiatif ini dan berharap agar generasi muda Aceh dapat memanfaatkan pengetahuan dan keterampilan yang mereka dapatkan dalam membangun masa depan yang lebih baik.

Acara ini juga menawarkan kesempatan bagi pemuda pemudi untuk terlibat dalam Youth Digital Activism, sebuah inisiatif yang mendorong partisipasi aktif pemuda bagi ide dan gagasan melalui media digital. Seperti dikatakan Bapak Hendra Darmawan, S. Pd. I Komisioner KIP (Komisi Independen Pemilihan) Aceh, Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih dan Partisipasi Masyarakat, partisipasi pemuda dalam pemilihan umum adalah kunci untuk masa depan demokrasi yang kuat. Menurutnya, program Asah Digital telah memberikan pemahaman penting kepada pemuda Aceh tentang bagaimana mereka dapat berkontribusi dalam proses demokrasi di Indonesia.

Meta Indonesia dan YCAB Foundation, sebagai inisiator kegiatan, juga menyampaikan peran strategis generasi muda dalam memahami dan berperilaku positif di era digital adalah kunci untuk menciptakan lingkungan internet yang lebih aman dan nyaman bagi semua orang. Dessy Sukendar, selaku Manajer Program Kebijakan Publik Meta Indonesia menyampaikan, bahwa inisiatif Asah Digital merupakan salah satu aksi nyata untuk membantu memperkuat peran pemuda dalam masyarakat digital.

Baca Juga: Ingin Berkebun Tapi Halaman Sempit, Ini Tips Budidaya Kangkung dengan Sistem Hidroponik

Founder & CEO YCAB Foundation Veronica Colondam menambahkan, dengan pengetahuan dan keterampilan yang generasi muda peroleh melalui rangkaian inisiatif Asah Digital, pemuda Indonesia dapat menjadi kekuatan positif untuk membawa perubahan yang lebih baik.

“Kami ucapkan terimakasih atas kepercayaan Meta Indonesia terhadap YCAB foundation dan kerjasama yang luar biasa dari  para pihak sehingga rangkaian program di tiga provinsi berjalan baik dan kami akan terus mendukung pemuda dalam menjalankan peran mereka sebagai warga digital yang bertanggung jawab” tutupnya.***

 

Baca Juga: Kemenkumham DKI Gelar Diseminasi Penjaringan Calon Pemberi Bantuan Hukum, Ibnu Chuldun: Semangat Mengabdi

 

Informasi Lebih Lanjut:

Rima Mahmuda, Communication Specialist - YCAB Foundation: riri.mahmuda@ycab.org

Baca Juga: Piala AFF U19: Kalahkan Filipina 5-1, Peluang Indonesia ke Semifinal Tetap Terbuka

Catatan untuk Editor

TENTANG INISIATIF ASAH DIGITAL
Asah Digital 3.0 adalah program kolaborasi antara YCAB Foundation dan Meta, yang bertujuan untuk mengasah keterampilan digital sehingga individu dapat menciptakan budaya digital yang positif dan bijak. Program ini telah berjalan sejak tahun 2016 dengan nama "Think Before You Share" (TBYS) dan fokus pada pendidikan literasi digital dengan mengasah dua keterampilan dasar: berpikir kritis dan berempati. Pada tahun 2020, TBYS berkembang menjadi Asah Digital, sebuah program pendidikan yang memberikan pengetahuan tentang penggunaan internet yang bijak sambil memberikan keterampilan keamanan data untuk masyarakat umum. Pada tahun 2021, Asah Digital berhasil mencapai 723 guru dan 16.746 siswa penerima manfaat di 8 provinsi di Indonesia, dan melalui kampanye daring bersama Do Something Indonesia saat itu, mencapai lebih dari 130 juta orang secara digital. Hingga tahun 2022, Asah Digital 2.0 terselenggara dengan metode pelatihan yang inovatif melalui gamifikasi yang dikenal sebagai Messenger Bot Amanda, yang mudah diakses melalui Messenger di Facebook.

TENTANG META

Ketika Facebook diluncurkan pada tahun 2004, itu mengubah cara orang terhubung. Aplikasi seperti Messenger, Instagram, dan WhatsApp lebih lanjut memberdayakan miliaran orang di seluruh dunia. Sekarang, Meta bergerak melampaui layar 2D menuju pengalaman yang mendalam seperti realitas augmentasi dan virtual untuk membantu membangun evolusi berikutnya dalam teknologi sosial.

Baca Juga: Piala Dunia U20: Uruguay dan Korea Selatan Amankan Tiket Semifinal

Untuk informasi lebih lanjut, silakan kunjungi: https://wethinkdigital.fb.com/id/id-id/ dan dessys@fb.com

 

TENTANG YCAB FOUNDATION

Baca Juga: Prediksi Dampak El Nino di Indonesia, Produktivitas Panen Padi Berkurang 5 Juta Ton

Didirikan pada tahun 1999, YCAB Foundation adalah organisasi unggulan dari YCAB Social Enterprise Group. Dengan visi untuk memutus siklus kemiskinan dengan menggunakan inklusi keuangan sebagai instrumen untuk memperluas pendidikan. YCAB Foundation telah berhasil memberikan dampak kepada lebih dari 5 juta generasi muda dan membina hampir 680.000 perempuan pengusaha ultra-mikro. Pada tahun 2023, YCAB Foundation menduduki peringkat #28 pada TOP SGO/NGO oleh thedotgood. di Jenewa.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan kunjungi: www.ycabfoundation.org

TENTANG PERLUDEM

Baca Juga: SEA Games 2023: Prediksi dan Link Streaming Indonesia Melawan Myanmar, Waktunya Raih Puncak Klasemen

Perludem berdiri pada Januari 2005 dengan status badan hukum Perkumpulan. Ide pendirian Perludem tercetus disela-sela rapat evaluasi Panwas seluruh Indonesia paska Pileg dan Pilres 2004, yang pada akhirnya direspon secara positif oleh seluruh peserta yang hadir. Menindaklanjuti respon tersebut, beberapa tim diamanatkan untuk menyusun konsep, desain dan dokumen administrasi kelembagaannya.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan kunjungi: www.perludem.org

 

Baca Juga: Survei Charta Politika: Bobby Nasution Ungguli Edy Rahmayadi di Sumatra Utara

 

 

 

Baca Juga: Thailand Open 2023: Lanny Ribka Tumbang, Ganda Putri Indonesia Ambyar

 

 

 

Berita Terkait