DECEMBER 9, 2022
Orbit Indonesia

MotoGP 2023: Fabio Di Giannantonio Resmi Gantikan Luca Marini di VR46 Racing Team

image
VR46 Racing Team umumkan pebalap baru mereka fabio Di Giannantonio untuk gantikan Luca Marini yang hengkang ke Repsol Honda

ORBITINDONESIA.COM – Usai mengetahui nasibnya akan terbuang dari tim sendiri Gresini Racing yang lebih memilih menampung Marc Marquez untuk musim MotoGP 2024, membuat Fabio Di Giannantonio memberikan hasil yang tidak terduga.

Namun Fabio Di Giannantonio meraih podium perdana hingga gelar juara perdana dalam karir balapnya, semuanya dapat mengetuk pintu tim balap milik Valentino Rossi, VR46 Racing Team.

Dan Senin 27 November 2023, Fabio Di Giannantonio resmi diumumkan sebagai pebalap baru VR46 Racing Team untuk MotoGP 2024 dan akan berduel dengan Marco Bezzecchi.

Baca Juga: Hasil MotoGP Valencia 2023, Francesco Bagnaia Juara Dunia Back to Back, Jorge Martin Menangis Usai Tabrak Marquez

"Saya senang menjadi bagian dari tim kuat VR46 Racing Team, saya bisa belajar banyak dan saya tidak sabar untuk mulai bekerja sama dalam proyek ini," kata Diggia sapaan Fabio Di Giannantonio.

"Dalam dua musim terakhir di MotoGP, saya telah berkembang pesat dan di tim ini saya pasti bisa semakin dewasa dan mencapai hasil yang luiar biasa."

"Saya bersemangat, saya tidak sabar untuk mengenal semua staf baru saya dan memulai bekerja di trek."

Baca Juga: Pekan ke 20 BRI Liga 1: Ciro Alves Hattrick, Persib Bandung Pesta Gol ke Gawang Dewa United

Sementara itu, orang kepercayaan Valentino Rossi, Alessio Salucci yang juga menjabat Direktur Tim syaratkan bahwa tim mereka awalnya belum melirik Fabio Di Giannantonio

Tim yang akan disponsori Perusahaan Migas Indonesia, Pertamina Enduro ini memang sempat dirumorkan akan merekrut pebalap Moto 2, Fermin Aldeguer.

Namun rumor tersebut hanya isapan jempol belaka dan Aldeguer batal diboyong untuk menjalani debut di MotoGP.

Baca Juga: Hasil Pekan ke 20 BRI Liga 1, PSS Sleman Sukses Raih Tiga Angka atas Barito Putera

"Saya sangat senang mengumumkan bahwa Fabio (Di Giannantonio) akan bergabung dengan tim kami," tutur Alessio Salucci.

"Itu adalah kedatangan yang tidak terduga, agak terburu-buru, pada menit terakhir. Tetapi, saya puas dan senang dengan pilihan ini."

"Dia menjalani akhir musim dengan baik, dia tidak putus asa ketika segalanya sesuatunya tidak berjalan sesuai keinginannya dan saya yakin dia akan merasa betah di sini."

Baca Juga: Hasil Sprint Race MotoGP Valencia 2023, Jorge Martin Ungguli Francesco Bagnaia

"Di level olahraga ini, dia telah menunjukkan bahwa dia di antara anak-anak muda Italia tercepat, akan terus bekerja dengan Ducati dan tujuannya adalah untuk membantunya menjadi tidak hanya kompetitif tapi juga konsisten dalam hasil-hasilnya."

"Ini adalah proyek ambisius, ini menandai titik balik dalam sejarah tim kami."

"Tapi saya yakin kami semua akan memberikan yang terbaik untuk menuju ke arah yang sama," tandas Salucci.

Baca Juga: Hasil Perempat Final Piala Dunia U17 2023: Kejutan Maroko Berakhir, Mali Tantang Prancis di Semifinal

Fabio Di Giannantonio membuktikan bahwa Gresini Racing keliru membuangnya demi menampung mantan juara dunia 8 kali.

Hasil pebalap asal Italia ini meningkat seirng dengan kabar masa depannya yang belum jelas sejak Gresini Racing umumkan kedatangan Marquez.

Sempat dirumorkan mendekat ke Repsol Honda, Fabio Di Giannantonio tidak patah semangat untuk tunjukkan ketangguhannya bertarung di kelas para raja.

Baca Juga: Hasil Perempat Final Piala Dunia U17, Kalahkan Uzbekistan Prancis Tatap Semifinal

Hasil balapannya pun semakin hari semakin membaik hingga banyak yang menyayangkan bila Fabio Di Giannantonio harus terbuang dari ajang MotoGP sedini mungkin usai debut pada 2022 lalu.

Titik balik balapan Fabio Di Giannantonio terjadi ketika momen balapan di Sirkuit Mandala pada MotoGP Indonesia 2023 lalu dimana meraih finis terbaik pertama dalam karirnya menempati peringkat 4.

Ketika itu, Fabio Di Giannantonio sempat terlihat menagis di paddock Gresini Racing, usai lalui masa kelam, Fabio Di Giannantonio ini perlahan tapi pasti meraih hasil yang apik.

Baca Juga: Hasil Pekan ke 11 Pegadaian Liga 2, PSIM Yogyakarta Melawan Malut United Berakhir Tanpa Pemenang

Yaitu meraih podium tiga di MotoGP Australia 2023 yang menjadi podium perdananya, kemudian menjadi juara di seri MotoGP Qatar 2023 yanga menjadi gelar perdananya bersamaan dengan hasil runner up di sesi Sprint Racing.

Pada seri pamungkas di MotoGP Valencia 2023, Diggia panggilan akrab Fabio Di Giannantonio meraih podium runner up.

Namun keberhasilannya sedikit ternoda karena hukuman dari Race Director MotoGP yang terlambat dimana dirinya anggap melalukan pelanggaran terhadap tekanan ban, sehingga Diggia mendapatkan penalti 3 detik dan harus turun ke peringkat 4.

Baca Juga: Dewan Kota Barcelona Tangguhkan Hubungan Diplomatik dengan Israel

Dengan masuknya ke tim VR46 Racing Team, membuat dirinya akan melakukan debut ketika menjalani tes pramusim MotoGP 2024 di Valencia pada Selasa 28 November 2023 di Ricardo Tormo Circuit Valencia, Spanyol ***

Berita Terkait