DECEMBER 9, 2022
Olahraga

Menuju Olimpiade Paris: Bulu Tangkis Sisakan 12 Turnamen untuk Kumpulkan Poin

image
Foto multiple eksposure pebulu tangkis tunggal putra Indonesia Anthony Sinisuka Ginting mengembalikan kok ke arah lawannya asal China Li Shifeng pada babak perempatfinal Asian Games 2022 di Binjiang Gymnasium, Hangzhou, China, Kamis (5/10/2023). Ginting gagal melaju ke semifinal usai kalah dengan skor 13-21, 17-21. ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/YU

ORBITINDONESIA.COM - Cabang olahraga bulu tangkis kini menyisakan sebanyak 12 turnamen penting, yang masuk dalam periode kualifikasi Olimpiade (Race to Paris) yang bergulir hingga 28 April 2024.

Dikutip dari keterangan resmi Olimpiade, Selasa, 2 Januari 2024, turnamen bulu tangkis pembuka tahun ini adalah Malaysia Open yang akan digelar pada 9-14 Januari.

Tahun lalu, ganda putra Indonesia Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto keluar sebagai juara turnamen bulu tangkis BWF Super 1000 tersebut.

Baca Juga: Piala Asia U23: Vietnam Lolos ke Perempat Final, Malaysia Rontok

Lebih lanjut, pekan berikutnya yaitu pada 16-21 Januari 2024, akan bergulir turnamen BWF Super 750 India Open yang bakal diadakan di New Delhi.

Dua atlet tunggal putra Indonesia Anthony Sinisuka Ginting dan Jonatan Christie, serta Fajar/RIan menyelesaikan turnamen ini sebagai semifinalis di edisi tahun 2023.

Beralih ke pekan berikutnya, satu-satunya turnamen BWF Super 500 akan diadakan di Istora Senayan melalui Indonesia Masters. Ajang ini bakal digelar pada 23-28 Januari dan dipastikan wakil tuan rumah siap untuk bertanding di hadapan para pendukungnya.

Baca Juga: PM Malaysia Anwar Ibrahim: Semua Pihak Harus Berperan Cari Solusi Konflik di Timur Tengah

Pada edisi tahun lalu, Jonatan Christie meraih gelar juara setelah mengalahkan rekan satu negaranya, Chico Aura Dwi Wardoyo. Selain itu, ada juga ganda putra Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin juga menyabet gelar juara Indonesia Masters 2023.

Berturut-turut. Pertama adalah Thailand Masters (30 Januari-4 Februari), dan German Open (27 Februari-3 Maret).

Di Thailand Masters 2023, Leo/Daniel kembali merebut gelar juara, sementara di German Open 2023, Indonesia pulang tanpa membawa medali apa pun.

Pada 5-10 Maret, French Open siap bergulir di kota tuan rumah Olimpiade 2024. Pada tahun lalu, Jonatan Christie menyabet gelar juara sekaligus gelar Super 750 perdananya. Sementara, ganda putra Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri menjadi runner-up French Open 2023.

Baca Juga: Made Supriatma: Rezim Scopus

Pekan kedua Maret diisi dengan dua turnamen sekaligus, dengan Orleans Masters (BWF Super 300) di Orleans dan All England Open (BWF Super 1000) di Birmingham.

Tahun lalu, dua pasangan ganda putra Indonesia Fajar/Rian dan Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan memperebutkan gelar juara di babak final, yang akhirnya dikunci oleh Fajar/Rian.

Selanjutnya pada pekan 19-24 Maret, akan diadakan dua turnamen sekaligus yaitu Swiss Open (BWF Super 300) di Basel, dan Ruichang China Masters (BWF Super 100) di Ruichang.

Baca Juga: Dipimpin Firman Hidayat, Delegasi Indonesia Pelajari Program Makan Siang Gratis di India dan Potensi Investasi

Lalu pada 26-31 Maret, akan ada Madrid Spain Masters (BWF Super 300) yang digelar di Madrid, Spanyol. Pada edisi tahun lalu, ada tunggal putri Gregoria Mariska Tunjung yang keluar sebagai juara.

Turnamen penutup untuk mengumpulkan poin kualifikasi adalah Kejuaraan Bulu Tangkis Asia yang akan digelar pada 9-14 April. Anthony Ginting mengamankan gelar juara di edisi tahun lalu.***

Sumber: Antara

Berita Terkait