DECEMBER 9, 2022
Humaniora

KAMPUZ, Komite Aliansi Mahasiswa Anti Amerika dan Israel Ajak Semua Civitas Academica Dukung Palestina

image
Komite Aliansi Mahasiswa pro-Palestina anti USA-Zionist (KAMPUZ) melalui aksi demonstrasi damai bertajuk “Solidarity Camp for Palestine” di Malang, Jawa Timur, Minggu, 5 Mei 2024. ANTARA/HO-Humas KAMPUZ

ORBITINDONESIA.COM - Komite Aliansi Mahasiswa pro-Palestina anti USA-Zionist atau KAMPUZ, melalui aksi demonstrasi damai bertajuk Solidarity Camp for Palestine, mengajak seluruh civitas academica Indonesia bergerak menyuarakan dukungan untuk kemerdekaan Palestina.

"Lewat aksi Solidarity Camp for Palestine kali ini, KAMPUZ beserta elemen mahasiswa se-Kota Malang mengajak seluruh sivitas akademika di Tanah Air untuk bergerak menyuarakan dukungan kepada bangsa Palestina yang tertindas," kata Koordinator Lapangan Aksi Solidarity Camp for Palestine yang diinisiasi KAMPUZ Sendiko dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Senin, 6 Mei 2024.

Hal tersebut dia sampaikan dalam aksi Solidarity Camp for Palestine yang diikuti ratusan mahasiswa pro Palestina dari berbagai kampus di Kota Malang, Jawa Timur, Minggu, 5 Mei 2024 sore.

Baca Juga: Syukuran Relawan Prabowo-Gibran, Sahabat Bang Ara Berikan Donasi Kemanusiaan untuk Palestina

Sendiko pun menyampaikan, aksi solidaritas untuk Palestina yang digelar KAMPUZ dengan melibatkan sebanyak mungkin elemen mahasiswa di Kota Malang itu terinspirasi oleh gerakan demonstrasi berskala besar serupa yang telah dilakukan para mahasiswa di sedikitnya 15 kampus terkemuka di Amerika Serikat.

Kampus-kampus itu, di antaranya adalah University of Texas di kota Austin, University of Minnesota, University of Columbia, University of Southern California, Harvard University, Emmerson College, University of Michigan, New York University, Northwestern University, George Washington University, dan Yale.

Sendiko menjelaskan, aksi demonstrasi damai dari ribuan mahasiswa di Amerika, Eropa, dan beberapa negara lain yang di antaranya dilakukan dengan mendirikan kemah-kemah di area kampus itu bertujuan membawa pesan, semangat, dan tuntutan diakhirinya kejahatan perang dan aksi genosida, yang dilakukan Israel terhadap rakyat Palestina, khususnya di Jalur Gaza.

Baca Juga: Wakil Ketua MPR Ahmad Muzani Lelang Sapi Pribadi untuk Disumbangkan ke Palestina, Laku Rp250 Juta

Sebagai bentuk simpati dan dukungan kepada bangsa Palestina yang melakukan perlawanan dalam rangka berjuang untuk meraih kemerdekaannya, KAMPUZ dalam aksinya juga menyampaikan duka cita mendalam atas jatuhnya puluhan ribu korban warga sipil akibat serangan brutal Israel sejak Oktober 2023.

Hingga kini, menurut data resmi Kementerian Kesehatan Gaza, jumlah warga Palestina yang gugur sejak Israel melancarkan serangannya enam bulan lalu telah mencapai 33.797 orang. Sementara itu, sebanyak 76.465 orang lainnya terluka, terutama dari kalangan wanita dan anak-anak. ***

Sumber: Antara

Berita Terkait