DECEMBER 9, 2022
Nasional

Survei Polling Institute: Elektabilitas Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka Teratas

image
Tangkapan layar – Inilah elektabilitas calon presiden dan calon wakil presiden hasil survei Polling Institute yang dipaparkan di Jakarta, Rabu 3 Januari 2024. (ANTARA)

ORBITINDONESIA.COM - Lembaga Polling Institute mengatakan, elektabilitas Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka masih teratas dibandingkan dua pesaing mereka di Pilpres 2024.

Dalam survei Polling Institute periode 26 sampai 28 Desember 2023 atau pascadebat calon wakil presiden (cawapres), elektabilitas Prabowo-Gibran di angka 46,2 persen.

Menurut peneliti Polling Institute Kennedy Muslim dalam paparannya yang dipantau secara daring di Jakarta, Rabu 3 Januari 2023, sebelum debatt calon wakil presiden, elektabilitas Prabowo-Gibran 46,1 persen, setea debat menjadi 46,2 persen.

Baca Juga: Sufmi Dasco Ahmad: Gerindra Tegaskan Prabowo Subianto Belum Pernah Keluarkan Susunan Kabinet Resmi

Elektabilitas Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar menyusul di urutan kedua, 24,6 persen atau naik 2 persen dari survei periode 15 sampai 19 Desember 2023.

Elektabilitas Ganjar Pranowo-Mahfud MD di posisi ketiga 21,3 persen atau meningkat 0,8 persen dibanding survei periode sebelumnya.

Menurut Kennedy, kenaikan elektabilitas Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud dibandingkan survei periode 15–19 Desember 2023 adalah berasal dari swing voters atau pemilih yang belum menentukan pilihannya.

Baca Juga: Ahmad Muzani Gerindra: Prabowo Subianto Segera Bertemu Megawati

Menurutnya, alasan pemilih memilih Prabowo-Gibran adalah karena mereka yakin Prabowo-Gibran keberlanjutan dari pemerintahan Presiden Joko Widodo.

Kemudian, pemilih berlabuh ke Ganjar-Mahfud dengan alasan psikososial, seperti paling meyakinkan, suka saja, jujur, dan merasa sudah ada bukti hasil kinerja dari pasangan calon tersebut.

Alasan pemilih memilih Anies-Muhaimin lebih menonjol pada keinginan perubahan, paling mampu memimpin, pintar, dan lebih Islami.

Baca Juga: Pilkada Jakarta: Partai Gerindra Munculkan Budisatrio Djiwandono, Keponakan Prabowo Subianto

Menurut Kennedy, narasi perubahan yang digagas Anies-Muhaimin telah melekat di masyarakat.

Survei Polling Institute dilakukan pada rentang 26–28 Desember 2023 dengan populasi WNI yang berusia 17 tahun ke atas atau sudah menikah dan memiliki telepon seluler.

Sampel sebanyak 1.246 responden dipilih melalui kombinasi metode random digit dialing (RDD) dan double sampling (DS).

Baca Juga: Pengamat Politik Ujang Komarudin: Beri Ucapan Selamat ke Prabowo, Surya Paloh Tunjukkan Jiwa Nasionalisme

Batas galat atau margin of error survei ini diperkirakan kurang lebih 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen, asumsi simple random sampling. Sementara itu, wawancara dengan responden dilakukan lewat telepon oleh pewawancara yang sudah dilatih. ***

Sumber: Antara

Berita Terkait