DECEMBER 9, 2022
Olahraga

Formula 1: Williams Menilai Regulasi Baru F1 Ciptakan Persaingan Lebih Sengit

image
Sejumlah pembalap Formula 1 melakukan start Grand Prix Azerbaijan di Sirkuit Kota Baku di Baku, Azerbaijan (12/6/2022). ANTARA/AFP/Ozan Kose/aa. (AFP/OZAN KOSE)

ORBITINDONESIA.COM - Bos tim balap Williams James Vowles menilai regulasi baru Formula 1 terkait beberapa hal teknis, memacu tim untuk terus mengembangkan mobil tim menjadi lebih kompetitif dan persaingan di grid semakin sengit.

Salah satu hal yang ia soroti adalah bagaimana tim-tim, yang sebelumnya bukan merupakan tim favorit penggemar seperti McLaren dan AlphaTauri, mampu memberikan kejutan di pertengahan dan akhir musim lalu dengan mencetak poin hingga podium.

“Apa yang saya suka tentang musim (2023) adalah McLaren telah menunjukkan bagaimana mereka bisa melaju dari belakang ke depan, dan AlphaTauri telah menunjukkan mereka dapat mengembangkan mobil dan bergerak maju,” kata Vowles, dikutip dari laman resmi Formula 1, Kamis, 4 Januari 2024.

Baca Juga: Fomula 1: Max Verstappen Menangi GP China

Regulasi baru yang dirombak oleh ajang balap mobil tersebut, lanjut Vowles, juga merupakan upaya untuk efisiensi biaya, menjadikan tim dan kejuaraan untuk lebih berkelanjutan, sekaligus mendorong persaingan yang lebih seimbang.

Lebih lanjut, Vowles menilai kebijakan tersebut pun diharapkan mampu menghasilkan balapan yang lebih kompetitif dan tidak dapat diprediksi.

“Peraturan ini pun membuat tim bergerak naik dan turun, saya sangat mengapresiasinya,” kata Vowles.

Baca Juga: Formula 1: Max Verstappen Raih Pole di GP China Minggu Siang

Meski demikian, Vowles tak menampik bahwa musim lalu terdapat tim yang tampil begitu dominan, yakni Red Bull, dengan merebut gelar juara konstruktor. Selain itu, pembalap utamanya, Max Verstappen, juga mempertahankan gelar juara dunia serta memenangkan 19 dari 22 grand prix di musim 2023.

“Tapi melihat McLaren dan AlphaTauri yang memberikan performa luar biasa pada mobilnya dan mulai bertarung melawan raksasa, membuat aspirasi kami sangat jelas untuk terus maju dengan cara yang kami miliki,” kata Vowles.

“Aspirasi kami adalah untuk terus meningkatkan jaringan kami dan melampaui kondisi kami saat ini, dan itu akan membutuhkan lebih banyak upaya dari tempat kita berada sekarang,” ujarnya menambahkan.

Baca Juga: Pakar Otomotif ITB Yannes Martinus Pasaribu: Ini Sejumlah Kemungkinan Penyebab Mobil Terbakar Saat Tabrakan

Sementara itu, Williams masih diperkuat oleh dua pembalap utama mereka, Alex Albon dan Logan Sargeant untuk menghadapi Formula 1 musim ini.

Sesi uji coba pramusim Formula 1 untuk tahun ini akan berlangsung selama tiga hari di Bahrain pada 21-23 Februari.

Setelah itu, Formula 1 musim 2024 sendiri akan dibuka di Bahrain pada 29 Februari hingga 2 Maret.***

Sumber: Antara

Berita Terkait